1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Jember Resmikan Fasilitas Science Techno Park

Kategori

Universitas Jember Resmikan Fasilitas Science Techno Park

Universitas Jember Resmikan Fasilitas Science Techno Park

Rating: 1 - out of 5stars
30 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Demi menjembatani hasil penelitian para civitas akademika kampus Tegalboto dengan pihak industri, Universitas Jember resmikan fasilitas Science Techno Park (STP). STP secara resmi dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Moh. Hasan yang didampingi oleh Retno Sumekar, Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, kemudian Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Agusta Jaka Purwana, Ketua Badan pengurus Cabang HIPMI Jember, Prof. Dr. Achmad Subagio, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), dan disaksikan hadirin lainnya di Agrotechno Park Universitas Jember (29/11).

Dalam sambutannya, Moh. Hasan menjelaskan jika keberadaan STP Universitas Jember yang diberi nama Agro Inovasi nantinya membawa dua fungsi, yakni menghilirkan hasil penelitian dosen dan mahasiswa kampus Tegalboto, dan mendukung keberadaan industri yang berbasis pada riset dan pengembangan (Research and Development), khususnya industri yang berbasis pertanian dan perkebunan. Pemilihan industri pertanian dan perkebunan tidak lepas dari penetapan Universitas Jember sebagai perguruan tinggi unggulan di bidang Bioteknologi dibidang pangan dan kesehatan oleh Kemenristekdikti pada tahun 2016 lalu. Apalagi peneliti kampus Tegalboto telah banyak menelurkan inovasi yang menurut Moh. Hasan pantas masuk ke industri.

Baca: Asyik, Undip Punya Teaching Industry Dan Agro Tecno Park Pribadi

“Hari ini baru perkenalan terbatas atau softlaunching sebab fasilitas STP kita masih dalam pembangunan yang letaknya di daerah Jubung dengan sokongan dana dari Islamic Development Bank,” kata Moh. Hasan.

Salah satu teknologi yang didemonstrasikan kala siang itu adalah teknologi Agri Ino v1.0, karya Bayu Taruna dari Fakultas Teknologi Pertanian. Bayu Taruna menciptakan aplikasi berbasis remote sensing bagi petani dengan telepon genggam sebagai sarananya.

Aplikasi Agri Ino v1.0 yang dipaparkan oleh Bayu Taruna langsung mendapatkan tanggapan positif dari para hadirin, antara lain dari petinggi PTPN X yang turut hadir. Mereka tertarik menggunakan aplikasi Agri Ino v1.0 di kebunnya.

Menurut Bayu Taruna, aplikasi Agri Ino v1.0 yang dikembangkannya selain mudah juga murah, sebab jika menggunakan cara manual di laboratorium memakan waktu dan biaya dan mahal.

“Jika menggunakan alat klorofil meter untuk mengetahui apakah tanaman sehat atau tidak, memakan waktu sekitar tiga hari, alatnya pun mahal seharga tiga ribu dolar,” imbuhnya.

Baca: JICA Berikan Pinjaman 900M Untuk Pembangunan Learning Centers UGM

Bayu Taruna dan kawan-kawan kini tengah mengembangkan alatnya guna pemakaian lebih luas dengan bantuan drone atau pesawat tanpa awak.

“Nanti kamera kita pasang pada drone yang terbang di atas lahan perkebunan sehingga dengan mudah kita bisa mengawasi kondisi tanaman di areal yang luas,” ujarnya lagi.

Keberadaan STP Agro Inovasi Universitas Jember didukung penuh oleh Retno Sumekar. Menurutnya pemerintah saat ini mentargetkan pembangunan 100 STP di Indonesia.

“STP adalah wadah mempertemukan antara akademisi, bisnis dan pemerintah serta komunitas. Memang tidak mudah untuk menghubungkan hasil penelitian perguruan tinggi dengan industri. Seringkali peneliti merasa produk inovasinya sudah baik, namun ternyata dari perhitungan bisnis tidak layak. Oleh karena itu saya salut atas pembangunan STP Agro Inovasi ini yang juga menggandeng HIPMI sebagai perwakilan pengusaha,” kata Direktur Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi, Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti. Kemenristekdikti sendiri melalui Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi menyediakan dana hingga 400 juta rupiah bagi hasil penelitian yang siap menjadi usaha awal (start up).

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait