1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Universitas Pertamina Terima 1.235 Maba

Kategori

Universitas Pertamina Terima 1.235 Maba

Universitas Pertamina Terima 1.235 Maba

Rating: 1 - out of 5stars
16 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Universitas Pertamina (UP) menerima 1.235 mahasiswa baru untuk mengisi bangku perkuliahan. Tahun ini merupakan tahun pertama, Universitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Hal ini lantaran UP baru saja diresmikan bulan Februari lalu.

Antusias calon mahasiswa terlihat jelas dari padatnya persaingan untuk memperebutkan kursi kuliah. Ribuan calon maba harus gugur di tengah persaingan, dan UP berhasil menyaring 1.235 mahasiswa. Hal ini sejalan dengan rencana UP yang hanya menerima sekitar 1000 mahasiswa per angkatan. Ribuan mahasiswa ini akan mengisi 6 fakultas di UP.

Sebanyak 1.235 mahasiswa baru tersebut masuk dari berbagai jalur pendaftaran. Sekitar 15 persen atau 191 mahasiswa di antaranya diterima melalui jalur beasiswa. Di samping pemberian beasiswa, Universitas Pertramina juga menawarkan pembebasan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) kepada 164 orang dan keringanan biaya kuliah sebesar 50 persen kepada 194 mahasiswa.

Baca: Universitas Pertamina Bebaskan Biaya Hingga 100 Persen

“Para mahasiswa berasal dari 33 provinsi di Tanah Air, dan Jawa Barat menjadi daerah asal mahasiwa terbanyak, yaitu 333 orang. Para mahasiswa baru Universitas Pertamina adalah putra-putri terbaik yang terpilih setelah mengikuti tes masuk dengan tingkat persaingan ketat,” kata Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka dalam sidang terbuka penerimaan mahasiswa baru Universitas Pertamina tahun akademik 2016/2017 di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (15/8).

Proses penerimaan mahasiwa Universitas Pertamina dihadiri oleh, Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Aloysius Kiik Ro, Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsyah Suryadi, Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anies, serta jajaran direksi dan manajemen Pertamina.

Akhmaloka mengatakan Universitas Pertamina hadir tidak hanya untuk membangun sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan, tetapi menjembatani kebutuhan industri di masyarakat dengan pengembangan inovasi di perguruan tinggi.

Guna memberikan akses pendidikan bagi semua kalangan, menurut Akhmaloka, Pertamina memberikan beasiswa yang terdiri atas tiga kategori, yaitu Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina (BEUP) mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu, beasiswa undangan, dan beasiswa prestasi yang diseleksi melalui lomba karya kreatif dan inovatif. Adapun lomba karya kreatif dan inovatif bagi ini terdiri atas tiga kategori, yaitu lomba karya ilmiah, lomba desain grafis, dan lomba aplikasi digital dan diselenggarakan pada 7 April–15 Juli 2016.

Ketua Dewan Juri Lomba Karya Kreatif dan Inovatif Pertamina, Eman Sulaeman Nasim, mengatakan peserta Lomba Karya Kreatif dan Inovatif lebih dari 150 orang. “Mereka memang pantas untuk mendapatkannya karena selain hasil karya tulis, desain grafis serta karya aplikasi digital juga nilai akademis selama SMA atau SMK memang bagus. Dengan demikian kreativitas mereka sejalan dengan kecerdasan,”ujar Eman.

Baca: 16 Prodi Universitas Pertamina Siap Tampung 1000 Mahasiswa

Universitas Pertamina merupakan perguruan tinggi muda yang memiliki kurikulum yang dibuat khusus berbasis industri energi. Adapun UP memiliki 15 program studi yakni Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Teknik Elektrok, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Manajemen, Ekonomi, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Kimia, Ilmu Komputer, Ilmu Hubungan Internasional, dan Ilmu Komunikasi.

Sumber : https://universitaspertamina.ac.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait