1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNTIDAR Sosialisasikan SNMPTN Dan SBMPTN 2018 Kepada 148 Guru BK

Kategori

UNTIDAR Sosialisasikan SNMPTN Dan SBMPTN 2018 Kepada 148 Guru BK

UNTIDAR Sosialisasikan SNMPTN Dan SBMPTN 2018 Kepada 148 Guru BK

Rating: 1 - out of 5stars
08 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Tidar Magelang (Untidar) sosialisasikan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018 kepada 148 guru Bimbingan Konseling (BK). Guru BK tersebut adalah perwakilan dari SMA/sederajat di wilayah Eks Kedu, Cilacap, Salatiga dan Kartasura, pada Selasa, 6 Februari 2018 di auditorium Untidar.

“Tujuan acara ini untuk mensosialisasikan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018. Fokus utama pada saaat ini adalah pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan syarat utama pendaftaran SNMPTN,” kata Rektor UNTIDAR, Prof. Dr. Cahyo Yusuf, M.Pd.


SNMPTN adalah pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor, serta Portofolio Akademik. Masa pengisisan dan verifikasi PDSS berlangsung 13 Januari – 10 Februari 2018 via laman www.pdss.snmptn.ac.id.

Baca: UPI Tambah Kuota Penerimaan Maba Tahun 2018

“Tersedia 2 fitur dalam pengisisan PDSS yaitu fitur normal dan fitur khusus. Fitur khusus meliputi input data siswa cuti, pertukaran pelajar dan pindahan sekolah. Fitur ini baru diselenggarakan tahun ini, maka itu dihimbau para operator atau guru mencermati manual panduan pengisisan PDSS agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan siswa atau sekolah,” jelas Dr. Farikah, M.Pd saat memaparkan materi PDSS.

Panitia pusat telah memfasilitasi menu panduan dan bantuan pengisian PDSS pada laman pdss.snmptn.ac.id.

“Jika menemukan kendala dimohon langsung mengkonsultasikannya lewat menu bantuan ini, sekali lagi kesalahan data sekecil apapun dalam pengisian PDSS dapat berpengaruh nantinya,” tambahnya.

Selain info SNMPTN, para peserta sosialisasi juga mendapatkan penjelasan mengenai SBMPTN 2018. Berbeda dengan SNMPTN, jalur SBMPTN mengacu pada nilai hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian ketrampilan dengan biaya pendaftaran Rp 200ribu.

“SNMPTN dan SBMPTN dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Jadwal, ketentuan dan syarat dapat diakses lewat laman www.snmptn.ac.id dan www.sbmptn.ac.id tersedia laman khusus bantuan yaitu www.halo.snmptn.ac.id dan www.halo.sbmptn.ac.id,” kata Kusumo Wardani, S.I.Kom, staf Humas UNTIDAR.

Baca: Tak Bisa Ikut SNMPTN? Masih ada SBMPTN dan Ujian Mandiri

Pihak kampus UNTIDAR juga menyediakan kesempatan bagi yang ingin bertanya perihal SNMPTN dan SBMPTN 2018 via email [email protected] atau mengakses laman www.um.untidar.ac.id Laman ini berisi info seputar penerimaan mahasiswa baru melingkupi seleksi nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) khusus diploma dan Seleksi Mandiri masuk (SMM) yang diselnggarakan oleh UNTIDAR.

Dalam kesempatan ini, seluruh peserta juga berkesempatan mengikuti diskusi publik bersama Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons., professor bimbingan konseling dari Universitas negeri Semarang.

“Pendidikan karakter memegang peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

Guru memegang peranan penting dalam membangun karakter peserta didik yang nantinya berpengaruh pada perkembangan pribadinya secara keseluruhan. “Pendidikan karakter dimulai dari hal-hal yang disukai atau disenangi siswa, dari sinilah Guru mulai menyisipkan nilai-nilai positif sehingga lambat laun membangun karakternya,” pungkasnya.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait