1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UNY Siap Laksanakan SBMPTN Berbasis Komputer

Kategori

UNY Siap Laksanakan SBMPTN Berbasis Komputer

UNY Siap Laksanakan SBMPTN Berbasis Komputer

Rating: 1 - out of 5stars
26 Oktober 2018 0 Komentar
Penulis:

Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2018 menetapkan aturan baru seleksi masuk PTN tahun 2019. Salah satu aturan barunya yakni seleksi masuk PTN tetap dilaksanakan melalui tiga jalur. Untuk SNMPTN kuota minimal 20%, SBMPTN minimal 40% dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari daya tampung tiap prodi di PTN.

Menristekdikti, Mohammad Nasir menyampaikan dalam sambutannya bahwa ada satu metode tes berbasis komputer.

“Dalam SBMPTN 2019 hanya ada satu metode tes yaitu ujian tulis berbasis komputer atau UTBK” kata Mohammad Nasir.

“Ujian tulis berbasis cetak ditiadakan dan ujian UTBK berbasis Android untuk sementara belum diterapkan”.

Baca: Tahun Depan, Tes SBMPTN Berbasis Cetak Dihapus!

Menurut Ketua Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2018 Ravik Karsidi, melalui siaran persnya di Jakarta,(22/10) pada tahun 2019 penerimaan mahasiswa baru akan dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) yang merupakan lembaga nirlaba dengan fungsi mengelola dan mengolah data calon mahasiswa baru untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh Rektor PTN serta melaksanakan UTBK.

Senada, Wakil Rektor I UNY Margana mengutarakan kesiapan UNY menyambut pola baru SBMPTN tersebut.

“Saat ini UNY sudah ada 850 unit komputer dan sedang disiapkan sampai 1500 unit komputer” kata Margana sebagaimana dilansir dari laman resmi UNY.

Menurut rencana tes dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu dengan sekali pelaksanaan 2 shift, pagi dan siang. Info sementara rentang waktu tes selama 2 bulan setelah pelaksanaan SNMPTN. Materi tes yang dikembangkan dalam UTBK 2019 yaitu tes potensi skolastik dan tes kompetensi akademik dengan kelompok ujian saintek dan soshum. Bagi yang mengambil prodi keolahragaan dan/atau seni cukup mengunggah dokumen prestasi atau portofolio saja, tidak ada ujian ketrampilan.

Pada tahun 2019, sekretariat SNMPTN beralamat di Lembaga Layanan Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Gedung BPPT Lantai 23, Jalan MH Thamrin 8 Jakarta.

Baca: Informasi PMB 2019 Universitas Pahlawan

Sumber https://ristekdikti.go.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait