1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. UPI Tambah Kuota Penerimaan Maba Tahun 2018

Kategori

UPI Tambah Kuota Penerimaan Maba Tahun 2018

UPI Tambah Kuota Penerimaan Maba Tahun 2018

Rating: 1 - out of 5stars
05 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) siap menyambut tahun akademik 2018/2019 dengan penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru. Komposisinya adalah jalur SNMPTN 35%, SBMPTN 39% dan Seleksi Mandiri 26%.

Penentuan kuota ini tentu masih sejalan dengan aturan pemerintah yang mematok kuota minimal 30% untuk SNMPTN, SBMPTN 30%, selain itu Seleksi Mandiri sesuai kebijakan kampus.


Wakil Rektor I Bidang Akademik UPI Solehuddin mengemukakan, tahun ini UPI akan menerima sekitar 7.829 mahasiswa baru.

“Dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan dengan selisih sedikit. Ada selisih 113 orang. Tahun lalu sekitar 7.716 orang,” katanya dalam jumpa pers di kampus UPI Jalan Setiabudi, sebagaimana dilansir dari Pikiran-rakyat.

Baca: UNAIR Siapkan Kuota 1.040 Penerima Bidikmisi

Jika dilihat tahun lalu, jumlah pendaftar UPI mencapai 104.000 orang. Namun, dari calon mahasiswa yang dinyatakan diterima, tidak semuanya melakukan daftar ulang. Ada sekitar 7-10% yang tidak daftar ulang.
“Ini merugikan orang lain karena kursi tersebut harus dibiarkan kosong setelah peserta yang lolos tidak daftar ulang,” ucapnya.

Direktur Akademik Dadang Anshori mengatakan, peserta yang tidak daftar ulang itu biasanya disebabkan karena pindah ke sekolah kedinasan, sekolah di luar negeri, dan daftar ganda.

“Semestinya anak-anak yang memiliki minat serius yang daftar dan masuk UPI. Jangan sampai telah mendaftar kursi dikosongkan karena memilih prodi lain,” ujarnya.

Dadang juga mengimbau agar pihak sekolah mengisi data dan mengarahkan siswanya yang benar-benar berminat kuliah di UPI.

Dadang menambahkan jika saat ini, UPI telah membuka prodi keperawatan diploma di Sumedang. Prodi ini merupakan integrasi dari sekolah tinggi keperawatan di bawah pemerintah daerah. Penerimaannya dimulai 2018 dengan kuota 120 mahasiswa baru.

Baca: Kuota Penerima Bidikmisi UNSRI Tahun Ini Sebanyak 1.000 Orang

Di kampus utama UPI, ada juga prodi keperawatan di bawah fakultas pendidikan olah raga dan kesehatan. Daya tampungnya sekitar 50 mahasiswa. Untuk SNMPTN tahun ini, UPI menawarkan 83 prodi.

Dadang mengatakan lima prodi yang memiliki peminat tertinggi adalah Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Manajemen, Akuntansi, Psikologi, dan Komunikasi. Sedangkan prodi yang peminatnya terus berkurang adalah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Dua prodi ini pendaftarnya banyak, tetapi saat daftar ulang, jumlahnya berkurang besar. Seperti juga Pendidikan Bahasa Jerman,” ujar Dadang.

Kepala Divisi Rekrutmen UPI Asep mengatakan, 19 sekolah telah dipanggil berkaitan adanya perbedaan nilai rapor yang diinput. Menurut Asep, setelah diinput sekolah, siswa harus memverifikasinya.

Asep juga mengimbau agar banyak peserta mengikuti registrasi dan heregistrasi. Bahkan untuk mahasiswa Bidikmisi disarankan daftar SNMPTN.

“Begitu lulus SNMPTN, langsung daftar Bidikmisi,” ucapnya.

Tahun lalu, kuota Bidikmisi habis di dua jalur seleksi. Jatahnya mencapai 1.400 orang.

Asep juga menyebutkan belum ada kepastian seleksi tertulis dalam seleksi mandiri. Pihaknya masih meminta ketetapan dari pemerintah pusat.

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait