1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Wow, Universitas Indonesia Akan Bangun Monorel Antar Fakultas!

Kategori

Wow, Universitas Indonesia Akan Bangun Monorel Antar Fakultas!

Wow, Universitas Indonesia Akan Bangun Monorel Antar Fakultas!

Rating: 1 - out of 5stars
02 Oktober 2017 0 Komentar
Penulis:

Beberapa tahun belakangan, universitas-universitas di Indonesia mulai menggalakan ‘kampus hijau’ dengan meminimalisir jumlah kendaraan yang masuk ke wilayah kampus. Hingga saat ini, alat transportasi yang dimanfaatkan yakni seperti sepeda kampus ataupun bis. Para mahasiswa dapat memilih salah satu moda transportasi tersebut atau lebih hemat dan ramah lingkungan dengan berjalan kaki.

Nah, sebagai salah satu inovasi dari Universitas Indonesia (UI) untuk mengurangi jumlah polusi di dalam kampus dan untuk menjawab tantangan teknologi, pihak UI menggandeng PT SkyWay Technologies Indonesia untuk membangun model transportasi baru.

Senin, 25 September kemarin, pihak UI dan SkyWay menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (NKB) di Ruang Sidang Pusat Administrasi Universitas (PAU) Rektorat Universitas Indonesia. NKB tersebut ditandatangani oleh Prof. Muhammad Anis selaku perwakilan dari Universitas Indonesia dan Country Director PT SkyWay Technologies Indonesia, Madinatul Fadhilah.

Baca: UI Kenalkan Produk Kecantikan “Belimbing Island”

Kerja sama antara UI dengan PT Sky Way Technologies Indonesia merupakan langkah awal dalam usaha pembangunan model transportasi yang mengakomodasi konektivitas antar fakultas di Universitas Indonesia.

“Kita sedang mencari partner yang bisa membantu mengembangkan sistem transportasi yang memungkinkan adanya konektivitas antar fakultas,” tutur Prof. Anis.

Selain itu, model transportasi yang akan dibangun juga akan menjadi alternatif transportasi di UI yang ramah lingkungan.

Prof. Anis menyatakan, dalam upaya mengurangi jumlah emisi karbon kendaraan bermotor yang melintas di UI, UI nantinya akan menerapkan parkir terintegrasi.

Ia berharap nantinya SkyWay bisa menjadi salah satu alternatif transportasi massa selain bis kuning (bikun) dan sepeda kuning (spekun) yang sudah ada.

Baca: Bagaimana Ya Jika Bus Kampus Pakai Klakson “Om Telolet Om”?

Nantinya, transportasi yang akan dibangun berupa semacam kereta berbentuk kapsul yang mirip monorel di UI.

Disamping itu, Prof. Anis juga menambahkan, rencananya, kereta tersebut akan dibuat dengan kapasitas 23 orang per kereta.

Universitas Indonesia menjadi kampus pertama di Indonesia dan kampus ketiga di dunia yang menjadi rekan riset dan pengembangan teknologi SkyWay. Ia berharap kerja sama antara PT Sky Way dengan UI bisa menjadi benchmark untuk Indonesia.

Selain itu, Madina juga mengungkapkan harapannya agar SkyWay bisa menjadi solusi konektivitas yang cepat, namun juga ramah terhadap lingkungan.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait