Mahasiswa Universitas Terbaik

Iin Fadhilah Utami Tammasse
THE BEST STUDENT OF THE MONTH October 2017

Universitas Hasanuddin
Iin Fadhilah Utami Tammasse
Makassar, 08 Apr 1995
Jurusan Kedokteran/Pendidikan Dokter
Tahun Masuk 2014
[email protected]
www.iinfadhilah.com
082188833xxx


Short Bio (Personal Lifestyle)

Sekarang saya udah semester 7 (akhir) untuk FK jadi sibuk menyusun skripsi aja sama sekarang Alhamdulillah jadi Founder sebuah perkumpulan mahasiswa namanya Akademi Mapres Unhas. Berbekal pengalaman organisasi, saya juga akhirnya bisa mewujudkan wadah kolaboratif ini untuk bisa mencetak mapres-mapres baru di Unhas yang bisa bersaing di skala nasional nanti. Personal lifestyle: Hobby olahraga sih terutama jogging, saya suka olahraga ringan, mumpung masih muda harus jaga kesehatan kan biar fit buat beraktivitas. Apalagi ya? Hobby sih menulis, baca buku semua genre! Oh ya saya suka baca buku tapi gak suka baca novel. Nggak tau juga sih, lebih suka baca buku yang bisa kasih ilmu gitu apapun bidang ilmunya. Streaming TED.com buat nambah pengetahuan juga. Aktif juga di instagram, kadang-kadang terima endorse sih hehehe padahal bukan selebgram.

 

Organisasi/UKM

ORGANIZATION

Position Organization Institution Tenure Year
Ketua Umum

(Representative)

Asian Medical Student Association (AMSA-Unhas) FK UNHAS 2016-2017
National Team Asian Medical Student Association (AMSA-Indonesia) Nasional 2015-2016
Member of Fundraising Asian Medical Student Association (AMSA-Unhas) FK UNHAS 2015-2016
Bendahara Club of Hipocrates Generation (CHAOS) FK UNHAS 2015
Keluarga Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FK UNHAS FK UNHAS 2014
Sekretaris Angkatan 2014 FK UNHAS Neutroflavine FK UNHAS 2014
Anggota Biasa Medical Youth Research Club (MYRC) FK UNHAS FK UNHAS 2014
Anggota Biasa Medical Muslim Family (M2F) FK UNHAS FK UNHAS 2014
Bendahara Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMAN 17 Makassar SMAN 17 Makassar 2011-2012
Member of Internal Seventen English Debating Society (SeEDS 17) SMAN 17 Makassar 2010-2013
Anggota Palang Merah Remaja 215 SMAN 17 Makassar 2010-2013
Anggota Himpunan Siswa Pecinta Fisika (HSPF) SMAN 17 Makassar 2010-2013
Anggota Karya Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 17 Makassar 2010-2013
Anggota Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 17 Makassar 2010-2013
Sekretaris Umum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPN 12 Makassar SMPN 12 Makassar 2008-2009

 

Prestasi selama perkuliahan

INTERNATIONAL ACHIEVEMENTS

Position Competition Country Year
Oral Presenter The 23rd International (bio)Medical Student Congress (ISCOMS 2016) Groningen, Netherland 7th-9th of June 2016
Top 20 Best Research Paper The 12th Warsaw International Medical Congress for Young Scientist (WIMC 2016) Warsaw,  Poland 12-15th of May 2016
Top 6 Best Research Paper of Final Round International Indonesian (bio)Medical Student Congress (INAMSC 2016) Jakarta, Indonesia 27-30th of April 2016
Finalist of Literature Review International Indonesian (bio)Medical Student Congress (INAMSC 2016) Jakarta, Indonesia 27-30th of April 2016

 

NATIONAL ACHIEVEMENTS

Position Competition City Year
THE MOST INSPIRING STUDENT PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI NASIONAL Surabaya, Jawa Timur 23-27 June 2017
Finalist of Research Paper Competition Lomba Penelitian tk. Nasional Hasanuddin Scientific Fair 2017 Makassar, Sulawesi Selatan 10th-12th of March 2017
2nd Preliminary Round Gajah Mada Indonesian Medical Olympiad (GIMSCO 2016) Yogyakarta, Yogyakarta 27th -30th of October 2016
Finalist of Literature Review Hasanuddin Scientific Fair (HSF 2016) Makassar, Sulawesi Selatan 24th-27th of March 2016

 

3rd Winner of Scientific Paper Pre Conferece Competition (PCC 2016) EAMSC Taiwan National Selection November 2015
2nd Winner of Scientific Poster Pre Conferece Competition (PCC 2016) EAMSC Taiwan National Selection November 2015
Finalist of PMC Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS 2015) Makassar, Sulawesi Selatan 12th-15th of August 2015
Mewakili Provinsi Sulawesi Selatan English Competition W.O.R.D.S National Competition of AMINEF Jakarta,

DKI Jakarta

10th-11th of May 2011
Mewakili Provinsi Sulawesi Selatan Festival Lomba Seni dan Sastra FLS2N Tk. Nasional Bandung, Jawa Barat 22nd-25th of July 2008

REGIONAL ACHIEVEMENTS

(PRESTASI TINGKAT SULAWESI SELATAN & MAKASSAR)

Position Competition Branch Year
Juara 1 Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Umum 2017
3rd Winner Lomba Riset FKS Group & UNHAS se-Universitas Hasanuddin Penelitian 2017
Best Member Member Award of AMSA-Unhas Member Award 2016
10 Besar Try Out Universitas Indonesia Goes To Celebes Try Out 2014
Skor 5 Besar Ujian Nasional  SMA se-Sulawesi Selatan Ujian Nasional 2014
Skor Tertinggi Ujian Nasional se-SMA Negeri 17 Makassar Ujian Nasional 2014
Ranking 1 Umum Semester V (SMAN 17 Makassar) SMA 2014
3rd Winner Lombar Karya Tulis ilmiah, Hasanuddin Scientific Fair (HSF 2012) se-Kota Makassar Karya Tulis Ilmiah 2012
1st Winner Lomba Public Speaking oleh John Robert Power Public Speaking 2011
1st Winner Lomba Debat Bahasa Inggris PILOT UNHAS 2011 Debat Bahasa Inggris 2011
2nd Winner Lomba News Reading dalam Bahasa Inggris SECON (SMA 2 Makassar English  Competition) 2011 News Reading 2011
Quarterfinalist The 1st Hasanuddin Novice Debating Championship Debat Bahasa Inggris 2010
1st Winner Lomba Science Competition MPC Fisika 2009
1st Winner Lomba Fisika GRAVITASI UNM Fisika 2009
1st Winner Lomba Bintang Pelajar Flexi Umum 2009
Juara Harapan 1 FLS2N (Festival Lomba Seni dan Sastra) Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Cipta Cerpen 2009
Juara 3 FLS2N (Festival Lomba Seni dan Sastra) Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Cipta Baca Puisi Balada 2009
Mewakili Kota Makassar di Tk. Propinsi OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat  SMP se-Provinsi Sulawesi Selatan Fisika 2008
10 Besar OSN (Olimpiade Sains Nasional) Tingkat SMP se-Kota Makassar Fisika 2008
Ranking 1 Umum Semester I-IV (SMP 12 Makassar) SMP 2008
Ranking 1 Umum Semester V-VI (SMP Islam Athirah Bukit Baruga) SMP 2009
1st Winner FLS2N (Festival Lomba Seni dan Sastra) Tingkat Propinsi Sulawesi Selatan Story Telling 2008
2nd Winner FLS2N (Festival Lomba Seni dan Sastra) Tingkat Kota Makassar Story Telling 2008
1st Winner Lomba Bahasa Inggris Blue and White Competition UNM Story Telling 2008

SPEAKER EXPERIENCE

(PENGALAMAN SEBAGAI NARASUMBER)

Position Event Institution Year
Narasumber Talkshow Parenting Pra-Inaugurasi BEM FK UNHAS 2017
Narasumber Talkshow UI Goes to Celebes Universitas Indonesia IMSS 2017
Narasumber Talkshow Launching “DIKSI” SMA Islam Athirah Baruga 2017
Narasumber Student Motivation Merangkul Salju di Negeri Mimpi SMAN 1 Liliriaja 2016
Narasumber Temu Penulis MYRC FK UNHAS 2016
Narasumber Creative Writing Seminar Bosowa International School 2015

 

Narasumber Student Motivation at Perkampungan Siswa SMAN 17 Makassar 2015
Journal Reader Journal Reading Cardiovascular for MYRC FK UNHAS 2015
Narasumber External Speaker AIESEC Fak. Hukum UMI 2015
Narasumber External Speaker AIESEC Fak. Sospol UNHAS 2015
Narasumber Creative Writing Class for MATA 17 SMAN 17 Makassar 2015
Narasumber Cultural Diversity Collaboration Bosowa and AIESEC Benteng Somba Opu 2014
Narasumber Workshop Menulis Bulan Bahasa SMP-SMA Maros 2014
Narasumber Sharing pengalaman pada Orientasi calon Hostfam Bina Antarbudaya 2011
Representing South Korea (Delegate) Makassar Model United Nation UNHAS 2011

 

Sekilas tentang pribadi

Halo! Jadi sebenarnya berprestasi itu adalah sebuah bentuk persistensi untuk terus melakukan yang terbaik pada apapun yang kita lakukan. Saya hanya memiliki sedikit rasa ingin tahu dan keinginan terus mencoba yang cukup besar serta selalu mengambil kesempatan sebagai tantangan untuk berkembang menjadi lebih baik. Saya mulai berkompetisi sejak masih di bangku sekolah, dan merasakan hasil dari proses yang telah kita lakukan adalah sebuah bentuk upaya untuk terus mendorong diri menjadi yang lebih baik. Kita nggak boleh statis kan?.

Hal yang paling berkesan

Paling berkesan mungkin PILMAPRES Nasional. Saya Alhamdulillah diberikan kesempatan bertemu dengan Mahasiswa Berprestasi dari seluruh Indonesia. Saya bisa belajar banyak dan semakin memotivasi untuk menjadi lebih baik, karena tanggung jawabnya udah beda lagi kalau udah jadi Mapres Nasional. Saya mendapat penghargaan “The Most Inspiring” Mapres Nasional 2017. Alhamdulillah sekali, padahal apa yang saya lakukan belum tentu menginspirasi. Namun hal ini saya jadikan awal untuk menginspirasi banyak orang. Bulan ini saya akan meluncurkan sebuah buku dengan menggandeng teman-teman Mapres Unhas, buku ini berjudul “Mahasiswa Tanpa Batas” buku ini merupakan kumpulan kisah inspiratif dari seluruh mahasiswa berprestasi di Unhas. Saya harap dapat menggugah dan menginspirasi banyak mahasiswa di tanah air dari latar belakang yang beragam.

Kiat-kiat sukses

Kiat-kiat sukses mungkin lebih banyak berdoa kepada Allah SWT, berbakti kepada orang tua dan selalu meminta petunjuk karena setiap kompetisi atau apapun kita sehendaknya selalu berserah diri kepada-Nya, yang penting kita berusaha maksimal sampai titik darah penghabisan hehehe jadinya biar nggak ada penyesalan. Toh kalau kalah atau belum beruntung artinya itu sudah menjadi jalannya, sisa kita menyikapi dengan baik dan terus mencoba lagi agar tidak jatuh pada lubang yang sama.

Kehidupan sosial

Kehidupan sosial saya lumayan oke sih seperti anak muda yang lainnya. Sebisa mungkin waktu weekend saya pake nongkrong atau nonton kayak anak-anak lainnya hehehe saya nggak mau kehilangan waktu di masa muda kok biarpun kegiatan seabrek apapun tetap harus gaul juga sih hehehhe. Apalagi sama keluarga sekali seminggu pasti ada acara kumpul-kumpul.

 



Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews