Mahasiswa Universitas Terbaik

Muhammad Ghifari Ridwan
THE BEST STUDENT OF THE MONTH May 2017

Institut Teknologi Bandung
Makassar, 02 Apr 1996
Jurusan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan/Teknik Perminyakan
Tahun Masuk 2017


Short Bio (Personal Lifestyle)

Lahir sebagai anak kedua dari sebuah keluarga kecil di Makassar, Ghifari menempuh pendidikan dari jenjang TK hingga SMA di Makassar, Sulawesi Selatan. Ketertarikannya terhadap dunia energi menuntunnya berkuliah di Teknik Perminyakan ITB.

Ghifari bercita-cita untuk menjadi seorang pengusaha di bidang teknologi, karena selain membuka lapangan kerja di Indonesia, membawa masuk dan mengembangkan teknologi ke Indonesia merupakan salah satu upaya nyata mencapai Indonesia sejahtera.

Prestasi selama perkuliahan

  1. Mahasiswa Berprestasi Utama Institut Teknologi Bandung (ITB) 2016 / Penerima Penghargaan Ganesha Prijze 2016.
  2. Penerima Penghargaan Ganesha Karsa ITB 2016.
  3. Visiting Scholar, KAUST, Thuwal, Kingdom of Saudi Arabia.
  4. 1st Runner-Up Student Paper Contest, Oil and Gas Competition and Exhibition, Malaysia
  5. Medali Perak ONMIPA-PT 2015

Sekilas Cerita:

Menjadi mahasiswa ITB merupakan keberuntungan yang sangat saya syukuri. Dari seluruh siswa SMA yang lulus, hanya kurang dari 30% yang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Dari 30% itu, hanya kurang dari 1% yang dapat masuk ke ITB. Sejak saya pertama kali menginjakkan kaki ke ITB, saya sadar bahwa saya harus berusaha keras agar dapat bertahan di kampus ini. Faktanya, walaupun upaya tanpa henti pemerintah untuk menyediakan pendidikan yang sama rata diseluruh wilayah Indonesia, tidak dipungkiri bahwa wilayah Indonesia Timur masih dalam keadaan tertinggal. Tergelitik dengan fakta tersebut, saya pun berusaha melakukan yang terbaik di kampus ini, dengan harapan suatu saat saya kembali ke kampung halaman, membawa sesuatu yang bisa dibagikan, yaitu ilmu.

Salah satu pengalaman yang membuat saya berpikir lagi adalah ketika kunjungan saya selama 4 bulan sebagai visiting scholar di KAUST, KSA. Disini saya melihat begitu seriusnya Kingdom of Saudi Arabia melakukan diversifikasi ekonomi melalui pengembangan teknologi. Indonesia pun tidak boleh bergantung selamanya pada sumber daya alamnya. Teknologi dapat menjadi jawaban atas permasalahan selama ini.

Dengan berbagai pengalaman dan fakta tersebut, membuat saya ingin melakukan sesuatu untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan ini. Saya bercita-cita suatu saat akan menjadi seorang pengusaha di bidang teknologi, karena selain membuka lapangan kerja di Indonesia, saya juga ingin membawa masuk dan mengembangkan teknologi ke Indonesia.

Berbagai motivasi dan mimpi tersebut mendorong saya untuk terus berusaha belajar, berprestasi, dan berkontribusi hingga menjadi mahasiswa berprestasi utama ITB.



Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews

wah selamat ya mas Ridwan, smoga bisa selalu sukses selalu buat mas Ridwan!

Iya betul mas Abdi smoga selalu sukses buat beliau ya! Ayo mas Abdi daftarkan diri anda juga menjadi best of the month, mungkin ada bisa jadi next best of the monthnya juga siapa tahu dari seleksi yang kami pilih menjadi terbaik.