Mahasiswa Universitas Terbaik

Nido Dipo Wardana
   THE BEST STUDENT OF THE MONTH September 2016

Universitas Airlangga
Nido Dipo_Unair
Surabaya, 07 Aug 2016
Jurusan Psikologi
Tahun Masuk 2012
nido.dipo-12@psikologi.unair.ac.id
089687622xxx


Short Bio (Personal Lifestyle)

Saya adalah seorang antusias terhadap bidang psikologi. Kecintaan saya dalam bidang ini membantu saya mendapatkan hasil studi yang memuaskan. Meskipun sudah menyelesaikan studi S1, saya masih ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Mimpi saya adalah menjadi seseorang yang berkontribusi bagi masyarakat luas melalui ilmu yang saya dalami.

Prestasi selama perkuliahan

  1. Juara II Psychoscience – Bidang Psikometri pada Olimpiade Psikologi Indonesi 3, tahun 2015
  2. Penerima beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) tahun 2014-2015 (2 periode)
  3. Wisudawan Terbaik Fakultas Psikologi Universitas Airlangga periode Juli 2016 

Interview

Q: Apa yang mendasari anda menempuh jurusan psikologi?

A: Psikologi selalu menjadi passion saya sejak dulu. Saat saya masih di SMP, saya mulai tertarik dengan karakter atau kepribadian orang-orang di sekitar saya.

Q: Mengapa memilih UNAIR untuk melanjutkan Studi Psikologi?

A: Beberapa informasi yang saya dapat, Psikologi UNAIR tercatat memiliki akreditasi baik, juga memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang kegiatan perkuliahan saya nanti. Selain itu, memiliki dosen-dosen yang berkompeten di bidang masing-masing. Hal tersebut menjadikan saya semakin mantap memilih Psikologi UNAIR.

Q: Terlibat banyak kegiatan di kampus, bagaimana anda membagi waktu dengan kuliah?

A: Sebenarnya tidak terlalu banyak kegiatan yang saya ikuti. Selama kuliah, saya selalu memprioritaskan studi saya. Kegiatan-kegiatan non-akademik yang saya ikut memang sengaja saya pilih sesuai dengan kemampuan saya dalam membagi waktu. Sehingga, kegiatan-kegiatan tersebut tidak sampai mengganggu kewajiban utama saya sebagai mahasiswa, yakni belajar.

Q: Adakah kendala yang dihadapi?

A:  Kendala selama kuliah memang selalu ada, tetapi tidak ada kendala yang terlalu besar. Menjelang semester 6, saya pernah merasa kewalahan dengan beban akademis yang ada dan ditambah dengan kegiatan akademis yang saya ikuti dan permasalahan personal saya. Untungnya, saya memiliki dosen wali yang mau diajak berbagi dan berkonsultasi mengenai masalah yang saya hadapi.

Q: Apa langkah yang anda tempuh hingga mendapatkan julukan “mahasiswa berprestasi”?

A: Secara pribadi saya tidak memiliki langkah-langkah jitu yang bisa saya bagikan. Satu hal yang membantu saya menjalani perkuliahan selama menjadi mahasiswa adalah passion. Psikologi selalu menjadi passion saya sejak saya masuk kuliah. Karena saya menyukai apa yang saya lakukan selama kuliah, saya jadi suka mengeksplorasi bidang saya. Kendala-kendala yang ada selama kuliah juga lebih terasa sebagai sebuah tantangan daripada sebagai sebuah hambatan. Oleh karena itu, jika ditanya apa yang membuat saya mendapat julukan “mahasiswa berprestasi”, maka jawabannya adalah karena saya mencintai apa yang saya lakukan.

Q: Apa motivasi terbesar anda?

A: Ada 2 hal yang menjadi motivasi saya selama kuliah. Yang pertama adalah motivasi dari dalam diri saya. Saya ingin menjadi seorang ahli psikologi. Karena itu, tentunya saya harus memahami betul semua pelajaran yang saya dapat selama kuliah. Hal itu membantu saya untuk tetap fokus. Kedua adalah motivasi dari luar diri, yakni orang tua. Pada awalnya, saya ditentang oleh orang tua untuk masuk psikologi. Sehingga saya ingin menunjukkan bahwa saya bisa menjadi yang terbaik dalam bidang yang saya pilih sendiri. Selain itu dengan begitu, saya bisa membuat orang tua saya bangga.

Q: Setelah lulus, apa rencana terdekat anda?

A: Rencana terdekat saya adalah mencari beasiswa untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 di luar negeri. Saat ini saya sedang dalam proses untuk menyiapkan persyaratannya.



Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review