1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru Hafiz Al-Qur’an
Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru Hafiz Al-Qur’an

Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru Hafiz Al-Qur’an

Rating: 5.0 - out of 5stars
26 Juli 2016 1 Komentar
Penulis:

Universitas Islam Bandung (Unisba) memberikan beasiswa bagi para hafiz al-qur’an yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sarjana. Beasiswa ini berlaku untuk calon mahasiswa baru yang melakukan pendaftaran di jalur PMDK.

Jalur PMDK yang dilaksanakan berlaku untuk seluruh fakultas yang kamu pilih. Semula, beasiswa bagi hafiz al-qur’an hanya berlaku untuk studi di Fakultas Agama Islam, namun kini para hafiz dapat memilih fakultas di luar Fakultas Agama Islam. Siapa mau?


Menurut Asep Ramdan Hidayat, Rektor III Bidang Kemahasiswaan mengatakan, “sebenarnya sudah lama menggratiskan mahasiswa hafiz al-qur’an. Namun, kebijakan tersebut diberlakukan khusus untuk Fakultas Agama Islam. Namun, mulai tahun ini mahasiswa hafiz di semua fakultas akan digratiskan,” ujar Asep kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (21/7).

Baca juga: 11 Kampus Ini Tawarkan Beasiswa Hafidz Al Qur’an

Beasiswa ini diberikan dari awal mahasiswa masuk, hingga perkuliahan selesai. Selama masa perkualiahan si hafiz akan terbebas dari biaya-biaya kuliah. Nah, apa saja syarat untuk mendapatkan beasiswa ini?

  • Pendaftar diharuskan mengirim email pendaftaran PMDK dan menerima PIN pendaftaran melalui http://pmb.unisba.ac.id/
  • Mengisi form pendaftaran online jalur PMDK,
  • Dapat membaca dan menulis al-qur’an dengan benar,
  • Hanya diperbolehkan memilih satu pilihan program studi,
  • Lulusan SMA tahun 2016 atau yang sedang duduk di kelas 3 SMA.
  • Mampu menghafal 30 juz al-qur’an, namun bagi yang menghafal kurang dari 30 juz dipersilahkan mendaftar (dinyatakan oleh keterangan LPTQ dan mengikuti wawancara).

Menurut Asep, bagi camaba hafiz 30 juz akan digratiskan semua pembiayaan pendidikan selama mahasiswa tersebut kuliah hingga lulus. Namun, untuk hafiz yang tidak menyelesaikan 30 juz tetap akan mendapatkan komponen biaya yang digratiskan. “Artinya beasiswanya tidak full”.

Baca juga: Biaya Kuliah 0% Bagi Penghafal Al-Quran di Kampus Ini

Hingga saat ini, hafiz quran yang kuliah di Unisba sudah ada meskipun hanya tiga sampai dengan empat orang. Beasiswa bagi hafiz Al-qur’an sengaja dilakukan dengan harapan mereka bisa menularkan kepada teman-temannya, imbuh Asep.

Bagi camaba yang memiliki kompetensi di bidang ini diharapkan tidak melewatkan kesempatan ini. Unisba masih membuka ruang bagi calon pendaftar dan membuka pendaftaran mahasiswa baru setiap harinya. Kamu bisa coba hubungi pihak kampus dan tanyakan persyaratannya ya!

Baca juga: Kuliah di Jepang? Bukan Sekadar Mimpi

Kedepannya, pihak Unisba akan mendirikan tempat tinggal semacam mess khusus untuk para hafiz. Hal ini diharapkan dapat menjaga para hafiz untuk tetap menghafal setiap hari.

“Tahfiz itu, kalau Iklim dan lingkungannya tak dijaga hapalannya bisa hilang,” terang Asep.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait