1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Beasiswa OSC 2020 Diluncurkan, Nadiem Beri Wejangan untuk Peserta
Beasiswa OSC 2020 Diluncurkan, Nadiem Beri Wejangan untuk Peserta

Beasiswa OSC 2020 Diluncurkan, Nadiem Beri Wejangan untuk Peserta

Rating: 5.0 - out of 5stars
27 Agustus 2020 1 Komentar
Penulis:

Jakarta: Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali digelar tahun ini dan dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Dalam sambutannya, Nadiem menyebut, kehadiran OSC Medcom.id merupakan wujud nyata kontribusi swasta dalam memajukan pendidikan nasional dan memegang peran penting bagi keberlanjutan pendidikan di Tanah Air.

“Kehadiran OSC yang selama enam tahun berturut-turut telah membantu mewujudkan generasi muda untuk mengenyam di pendidikan tinggi yang tentunya ini peran yang sangat penting,” ujar Nadiem dalam Peluncuran OSC Medcom.id yang digelar secara daring, Kamis, 27 Agustus 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Nadiem juga menyampaikan terima kasih kepada program kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia yang digagas Medcom.id ini. Menurutnya, program tersebut merupakan wujud nyata kontribusi sektor swasta dalam mendukung pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya bangga dan berterima kasih, karena ini adalah perwujudan komitmen sektor swasta untuk sama-sama membangun kualitas SDM Indonesia,” ucap Nadiem.

Lulusan Harvard University ini berharap, program serupa OSC Medcom.id dapat menular, bertumbuh dan berkembang di berbagai sektor. Sehingga akselerasi pendidikan nasional dapat berjalan baik. Kepada para peserta yang nantinya dinyatakan berhak atas beasiswa, Nadiem mengucapkan selamat. Dia berharap beasiswa yang diraih peserta dapat digunakan untuk menggali ilmu sedalam mungkin.

“Kepada adik-adik penerima beasiswa jenjang S1 dan S2 Saya mengucapkan selamat. Merdekakan diri kalian untuk menggali ilmu, wawasan, dan pengalaman yang positif untuk mencapai cita-cita kalian. Jadikan tantangan sebagai peluang untuk semakin mematangkan potensi yang kalian miliki,” seru Nadiem.

Program OSC tahun ini bakal berbeda dari penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya. Sebab tahun ini, OSC memberikan kesempatan beasiswa tidak hanya untuk jenjang S1, namun juga pascasarjana (S2).
Untuk Program Sarjana (S1) sendiri, ada 19 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di delapan kota berbeda yang bekerja sama dengan Medcom.id sebagai penyedia beasiswa.

“Sedangkan untuk 60 beasiswa program S2 di tujuh PTS mitra yang juga akan menyediakan beasiswa,” kata CEO Media Group Mirdal Akib.
Sementara itu, CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata menambahkan, bahwa tahun ini OSC sudah memasuki tahun ke-6 penyelenggataannya. Artinya, sudah enam tahun pula OSC Medcom.id bersama mitra Perguruan Tinggi Swasta yang menyediakan beasiswa telah berkontribusi pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia.
Tahun ini, meskipun di tengah pandemi, OSC berusaha tetap menghadirkan beasiswa perguruan tinggi, untuk seluruh anak negeri yang layak mendapatkannya. “Karena pandemi, mimpi anak bangsa tak boleh terkubur,” tegas Kania.

Dengan diluncurkannya OSC, artinya peserta sudah bisa langsung mendaftarkan diri pada hari ini, Kamis, 27 Agustus 2020. Untuk mengetahui informasi pendaftaran OSC dan melihat daftar PTS yang menyediakan beasiswa, Sobat Medcom bisa melihat melalui link https://osc.medcom.id/tentang

Bagi sobat Medcom yang ingin mengikuti program beasiswa yang tahun ini didukung oleh Citilink ini harus bersiap-siap untuk berkompetisi dan mendapatkan ‘hadiah’ berupa beasiswa bebas uang pangkal 100 persen dan uang kuliah hingga selesai atau delapan semester.

Selain beasiswa untuk S2, OSC Medcom.id juga bakal kembali menggelar Try Out OSC sebanyak tiga kali di Oktober 2020. Tujuannya, agar sebelum mengikuti tes yang sebenarnya, peserta sudah terbiasa dengan sistem, dan soal yang diujikan di tes online, sekaligus untuk mengukur kemampuan diri. Selain itu juga akan dibuka kesempatan mengikuti Bimbingan Belajar yang akan menggandeng lembaga Bimbingan Belajar Smarrt.

Adapun persyaratan yang mesti dipenuhi peserta antara lain, untuk jenjang S1, setiap siswa kelas 12 SMS/SMK/MA/sederajat serta lulusan tahun sebelumnya boleh mengikuti OSC. Syarat lainnya adalah, yang bersangkutan belum pernah kuliah dan belum menikah.

Sementara untuk program pascasarjana dibuka untuk fresh graduate dengan usia maksimal 25 tahun. Khusus bagi guru atau tenaga pengajar akademik di Indonesia juga bisa mengikuti kompetisi ini asal memenuhi batas usia yakni maksimal 35 tahun.

Di tahun ini OSC hadir dengan berbagai fitur baru, seperti :

  1. OSC Pasca Sarjana / S2, dengan 60 beasiswa dari tujuh perguruan tinggi yang tersebar di pulau Jawa
  2. BIMBEL SMARRT belajar online, yang menggunakan YouTube sebagai platform pembelajarannya
  3. Try Out Online, sebanyak tiga kali di Oktober mendatang

Berikut daftar Perguruan Tinggi Swasta Penyedia Beasiswa OSC Medcom.id 2020:

JAKARTA
1. Universitas Mercu Buana, menyediakan beasiswa S1 & S2
2. Universitas Multimedia Nusantara, menyediakan beasiswa S1
3. President University, menyediakan beasiswa S1
4. Universitas Trisakti, menyediakan beasiswa S1
5. PPM School of Management menyediakan beasiswa S1 dan S2

BANDUNG
6. Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS), menyediakan beasiswa S1
7. Universitas Kristen Maranatha, menyediakan beasiswa S1
8. Telkom University, menyediakan beasiswa S1 dan S2
SEMARANG dan SALATIGA
9. Universitas Stikubank, menyediakan beasiswa S1
10. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), menyediakan beasiswa S1

YOGYAKARTA
11. Univ Kristen Duta Wacana (UKDW), menyediakan beasiswa S1 dan S2

MALANG
12. Universitas Gajayana, menyediakan beasiswa S1 dan S2
13.Univ Islam Malang, menyediakan beasiswa S1 dan S2

SURABAYA
14. Universitas Ciputra, menyediakan beasiswa S1
15. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG Surabaya), menyediakan beasiswa S1
16. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), menyediakan beasiswa S1 dan S2
17. Universitas Nahdlatul Ulama, menyediakan beasiswa S1

MAKASSAR
18. Universitas Fajar, menyediakan beasiswa S1
19. Universitas Muslim Indonesia, menyediakan beasiswa S1

Dari 19 perguruan tinggi swasta tersebut, total beasiswa S1 yang diberikan pada OSC 2020 adalah 380 beasiswa dan 60 Beasiswa S2. “Total beasiswa S1 dan S2 ada 440 beasiswa dari Universitas dengan rekam jejak yang baik, dan terakreditasi A/B. Semua Beasiswa tersebut siap diperebutkan di OSC 2020,” kata Corporate Communications Medcom.id, Herfindo Gading.

Berikut tahapan seleksi OSC Medcom.id 2020 :

  1. Seluruh peserta OSC baik untuk beasiswa S1 dan S2 dapat mendaftarkan diri di laman OSC.medcom.id, mulai hari ini, 27 Agustus hingga 3 November 2020
  2. Tahap pertama, peserta akan menghadapi online Test / Test Potensi Akademik by Online. Test ini hanya akan dilakukan dalam satu hari, dan hanya berlangsung selama dua jam. Pembagian waktu ujian, akan diinformasikan kemudian
  3. Selanjutnya, peserta yang lolos akan menghadapi tahap berikutnya. Yaitu, tahap Verifikasi data diri. Seluruh peserta yang lolos ke tahap ini akan diminta untuk mengirimkan berkas diri melalui e-mail yang akan di informasikan kemudian
  4. Tahap akhir, ini merupakan hal yang baru di OSC. Karena biasanya OSC mengadakan offline test di satu tempat dengan mengumpulkan seluruh finalis, malam harinya dilanjut dengan awarding night.

Untuk tahun ini berbeda. Final test juga akan diadakan secara daring atau Online. Tentunya dengan mekanisme yang lebih ketat dibandingkan tes tahap pertama. Akan ada Tes Potensi Akademik (TPA) tahap ke-2 dan wawancara melalui video call/Zoom.

Terkait beberapa fitur baru, peserta akan dikenakan biaya pendaftaran untuk program berikut ini:

  1. OSC S2 / Pascasarjana, terbuka untuk seluruh tenaga pengajar / guru di Indonesia dan fresh graduate S1 yang ingin melanjutkan pendidikannya hingga S2. Pendaftaran kepesertaan OSC S2 berbayar sebesar Rp189 ribu. Sedangkan untuk pendaftaran beasiswa S1 OSC tidak dikenakan biaya atau GRATIS.
  2. Tryout Online, terbuka untuk seluruh peserta baik itu S1 / S2 yang ingin mengetahui bagaimana online test tahap pertama dilakukan. Try Out ini akan sangat bermanfaat untuk peserta yang benar-benar ingin memenangkan beasiswa OSC.
    Pendaftaran kepesertaan berbayar sebesar Rp35 ribu, yang akan diadakan di minggu ke-2, 3, dan 4 Oktober 2020.
    Dengan mengikuti tryout ini, peserta akan mendapatkan gambaran bagaimana Online Test /Test Tahap Pertama diadakan. Selain itu, peserta terbaik juga akan mendapatkan hadiah menarik yang disediakan Medcom.id .
  3. Bimbel Online, yang menggunakan platform YouTube dengan menampilkan audio video, serta grafis yang menarik juga interaktif dapat diikut seluruh peserta yang membutuhkan bimbingan, dengan berbayar Rp99.900 per bulannya.
    Di bimbel ini, peserta akan mendapatkan berbagai materi mata pelajaran umum yang terkait dengan OSC dan tahapan seleksinya.
    Seluruh peserta baik itu S1 ataupun S2 dapat mengikuti bimbel ini. Dengan bimbel ini, diharapkan peserta dapat lebih siap menghadapi tahap demi tahapan di OSC 2020.
  4. Sedangkan Untuk pendaftaran OSC S1, sesuai dengan visi misi diadakannya OSC, untuk dapat memberikan kesempatan yang sama untuk seluruh anak bangsa dalam mendapatkan beasiswa di PTS Unggulan di Indonesia. Maka pendaftaran OSC S1 tetap GRATIS

Seluruh dana yang diterima di OSC 2020, akan di donasikan ke Yayasan Surya Edukasi Bangsa untuk mendukung Pemerataan Pendidikan untuk Indonesia Maju. Salah satu programnya adalah memberikan bantuan dana pendidikan bagi pemenang OSC dalam kategori tidak mampu, untuk dapat membiayai “Living Cost”-nya saat kuliah nanti. ***

Info keterangan lebih lanjut, hubungi:
Herfindo Satria Gading
Head of Corporate Communications Medcom.id
corcomm@medcom.id
Telp : 021-5830-077 (ext. 44044)

Sumber : PRESS RELEASE – ONLINE SCHOLARSHIP COMPETITION 2020

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Yeri Mesakh on Ayo Kuliah

Mau bertanya seputar beasiswa OSC

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait