1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Beasiswa Penuh Untuk Pelajar SMP – SMA 2020 di Singapura
Beasiswa Penuh Untuk Pelajar SMP – SMA 2020 di Singapura

Beasiswa Penuh Untuk Pelajar SMP – SMA 2020 di Singapura

Rating: 4.5 - out of 5stars
14 Juni 2019 2 Komentar
Penulis:

Kementerian Pendidikan Singapura kembali menawarkan ASEAN Scholarship for Indonesia tahun akademik 2020. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan setingkat SMP (Secondary School) dan SMA (Pre University) dengan beasiswa penuh Pemerintah Singapura.

Tidak berbeda dari tahun lalu, Beasiswa ASEAN 2020 juga meliputi tunjangan tahunan yang biasanya sebesar S$ 2.200 untuk secondary dan S$ 2.400 untuk pre university.  Kemudian disediakan fasilitas asrama jika terpilih, tunjangan penyesuaian sebesar S$ 400 yang diberikan saat pertama kali tiba, tiket penerbangan kelas ekonomi ke Singapura, tanggungan biaya sekolah, tanggungan biaya ujian GCE O-level dan A-level, serta subsidi fasilitas kesehatan dan asuransi kecelakaan. Tentunya, pendidikan juga akan berlangsung di sekolah-sekolah berkualitas di Singapura.

Beasiswa akan diberikan selama empat tahun. Dua tahun pertama untuk mengambil/penyetaraan secondary school dan dua tahun berikutnya untuk pre university di junior college Singapura. Sistem pendidikan Singapura memang sedikit berbeda. Secondary school berlangsung 4-5 tahun, sementara pre university hanya dua tahun.

Para penerima beasiswa SMP – SMA 2020 di Singapura akan memulai sekolah di tingkat secondary 3 atau kelas 3 SMP. Setelah menyelesaikan tingkat empat diikuti dengan ujian GCE O-level. Kemudian setelah dua tahun menjalani pre university diikuti ujian GCE A-level.

Baca : Tahun Ini, Jumlah Peminat PMDK-PN Naik 13%

Persyaratan:

1. Warga negara Indonesia
2. Lahir antara 2003 sampai 2005
3. Duduk di kelas 3 SMP 2019 dan telah mengikuti ujian akhir nasional (UAN)
4. Memiliki prestasi cemerlang di sekolah
5. Mahir berbahasa Inggris dan berperan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

Informasi yang diperlukan:

1. Latar belakang pendidikan
2. Hasil ujian dua tahun terakhir
3. Latar belakang keluarga
4. Prestasi luar biasa yang diperoleh dua tahun terakhir
5. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dua tahun terakhir

Baca: Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2019

Pendaftaran:

Pendaftaran Beasiswa ASEAN untuk Indonesia dilakukan secara online mulai 24 Mei s/d 28 Juni 2019 dengan melengkapi formulir aplikasi beasiswa ASEAN 2020. Buat akun terlebih dahulu untuk mengajukan aplikasi. Siapkan informasi atau dokumen yang dibutuhkan di atas dan kirim paling lambat 28 Juni 2019. Kendala teknis pendaftaran bisa Anda sampaikan ke pusat layanan customer +65 6872 2220 atau mengunjungi laman www.moe.gov.sg.

Bagi kandidat yang masuk short-listed akan berkesempatan untuk mengikuti tes dan wawancara. Pemberitahuan tersebut akan disampaikan paling lambat satu minggu sebelum tes berlangsung. Kegiatan tes dan wawancara untuk menjaring kandidat dilakukan di beberapa kota, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Singapura.

Jadwal Beasiswa ASEAN 2020: 

Periode aplikasi                            : 24 Mei – 28 Juni 2019
Seleksi tes                                     : Awal Agustus 2019
Seleksi wawancara                      : pertengahan September 2019
Pengumuman pemenang           : Akhir September 2019
Kedatangan ke Singapura          : Akhir Oktober 2019

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 2 reviews
by afrillia on Ayo Kuliah
mahasiswa

trimakasih kak untuk informasinya , saya jdi tau bagaimana informasi beasiswa di luar negri. oh iya , kunjungi juga website kampus saya di ( https://www.atmaluhur.ac.id )

by Okta on Ayo Kuliah
Saya sangat ingin melanjutkan sekolah di luar negeri

Saya ingin sekali melanjutkan sekolah saya di luar negeri, tentu ini adalah sesuatu yang sangat menarik dan saya akan mencoba nya

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait