1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Begitu Murahnya Biaya Kuliah di Jepang
Begitu Murahnya Biaya Kuliah di Jepang

Begitu Murahnya Biaya Kuliah di Jepang

Rating: 4.0 - out of 5stars
27 Mei 2016 2 Komentar
Penulis:

Siapa bilang biaya kuliah di Jepang mahal? Bisa gratis kok apalagi bebas biaya kuliah hingga kamu lulus nanti. Tak percaya? Ini lho ada program beasiswa pemerintah Jepang untuk lulusan SMA/sederajat di Indonesia.

Program ini ditujukan bagi siswa siswi Indonesia lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas untuk jenjang S1, College of Technology untuk jenjang D3 atau Specialized Training College untuk jenjang D2 di Jepang. Kamu wajib pilih salah satu jenjang ya!


Program ini akan membantu para siswa siswi tanah air yang memiliki potensi untuk melanjutkan pendidikan di Negara tetangga. Apalagi dengan biaya kuliah yang telah terjamin dari pemerintah. Nampaknya program ini menjadi salah satu program lezat yang sayang untuk dilewatkan.

 

Baca juga: Kesempatan Langka, Kuliah di Curtin University Dapat Diskon Biaya 25%!

Berikut adalah beberapa program beasiswanya:

  1. Jenjang S1 (Undergraduate)

Masa studinya selama 5 tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang (kecuali untuk jurusan kedokteran umum, gigi, hewan, dan sebagian jurusan farmasi, lama studi menjadi 7 tahun).

Syaratnya:

  • Bagi lulusan SMA dan sederajat dengan nilai rata-rata UAN minimal 8.4
  • Kelahiran antara 2 April 1995 sampai dengan 1 April 2000
  • Bagi lulusan dengan nilai rata-rata UAN kurang dari 8.4 dapat melampirkan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) Level N3 atau lebih (jika ada).
  • Pelamar SMA jurusan IPS/Bahasa tidak bisa mendaftar bidang studi IPA, sementara pelamar jurusan IPA bisa mendaftar jurusan IPS atau IPA.
  1. Jenjang D3 (College of Technology)

Masa studinya selama 4 tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang. Program studi teknik jenjang ini sebagian besar terdiri dari eksperimen/percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diharapkan menjadi ahli teknik (engineer).

Syaratnya:

  • Lulusan SMA/sederajat khusus Jurusan IPA
  • Nilai rata-rata UAN minimal 8.0
  • Kelahiran antara 2 April 1995 sampai dengan 1 April 2000
  1. Jenjang D2 (Specialized Training College)

Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun belajar bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang biasa. Sekolah ini menawarkan pelatihan praktis kejuruan.

Syarat:

  • Lulusan SMA/sederajat
  • Nilai rata-rata UAN minimal 8.0
  • Kelahiran antara 2 April 1995 sampai dengan 1 April 2000

Bagi pelamar yang nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8.0, silahkan melampirkan Japanese Language Proficiency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yang memiliki JLPT).

Baca halaman selanjutnya. 1 2 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait