1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Biaya Kuliah di UI Mulai 0 Rupiah?
Biaya Kuliah di UI Mulai 0 Rupiah?

Biaya Kuliah di UI Mulai 0 Rupiah?

Rating: 1 - out of 5stars
24 Februari 2016 0 Komentar
Penulis:

Kabar gembira buat kamu yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Indonesia (UI), namun terkendala oleh biaya kuliah. Universitas Indonesia memang menjadi salah satu universitas favorit untuk melanjutkan studi. UI juga berhasil menduduki lima besar perguruan terbaik di Indonesia, serta menduduki 300 besar universitas terbaik dunia versi QS Universities. UI dinilai memiliki fasilitas perkuliahan lengkap dengan berbagai macam program studi yang terakreditasi baik. Selain itu, UI memiliki tenaga pengajar terbaik yang mumpuni di bidang masing-masing. Lulusan UI juga dinilai memiliki daya saing di dunia kerja, sehingga tak khayal jika para lulusannya bisa diterima di berbagai perusahaan, bahkan mendirikan perusahaan sendiri. Nah, bagi kamu yang ingin kuliah di kampus top ini, dan khawatir akan biaya kuliah yang semakin melonjak naik. UI memfasilitasi kamu dengan biaya kuliah mulai 0 rupiah. Hal ini disampaikan melalui laman resmi dari UI, yang mengumumkan bahwa calon mahasiswa/mahasiswi baru jenjang sarjana Reguler dapat menikmati kuliah secara gratis.

Bagaimana caranya?

Seperti yang dilansir dari website UI, “jika pembayaran biaya kuliah di UI mulai dari 0 rupiah. Hal tersebut dikarenkan UI memiliki mekanisme Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB). BOPB adalah penerapan dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UI. BOPB merupakan skema yang memungkinkan mahasiswa membayar biaya pendidikan, sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua, wali, atau penanggung biaya pendidikan.”


Baca: Kesempatan Langka, Kuliah di Curtin University Dapat Diskon Biaya 25%!

Melalui BOPB, calon mahasiswa yang lulus melalui program S1 Reguler, dari jalur masuk SIMAK, SNMPTN, dan SBMPTN, dapat mengajukan keringanan biaya kuliah sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua. Keringanan biaya mulai dari 0 rupiah hingga Rp 1 juta per semesternya.

Cara pengajuannya cukup mudah, mahasiswa baru yang diterima melalui salah satu dari ketiga jalur masuk  di atas, diharuskan membawa berkas-berkas pelengkap, seperti data identitas diri dan data keluarga. Kemudian dalam berkas tersebut, mahasiswa dapat mengajukan besaran BOPB yang disanggupi.

Setelah berkas terkumpul, maka kamu harus menunggu hingga data diverifikasi dan divalidasi oleh pihak UI. Ini merupakan proses verifikasi dan validasi berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua atau penanggung biaya kuliah. Apakah pengajuan kamu dapat diterima atau tidak, mengingat banyaknya jumlah pendaftar dari tahun ke tahun. Setiap tahun, rata-rata sebanyak 30 persen dari jumlah mahasiswa baru mengajukan BOPB. Namun, hanya sekitar 10 persen yang akan menerima keringanan pembayaran per semester.

Selain mempersiapkan uang kuliah 0 rupiah, UI juga menyediakan beberapa beasiswa lain yang bisa kamu ikuti, seperti Bidikmisi dan juga beasiswa pemerintah hingga swasta lain. Informasi lengkap terkait beasiswa silakan kunjungi http://beasiswa.ui.ac.id/web/.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait