Informasi Pendaftaran BIDIKMISI 2017!
Rating:
1 - out of
5stars
17 Januari 2017
0 Komentar
Penulis:
bella
Pendaftaran Online
Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara online adalah sebagai berikut:
- Tahapan pendaftaran Bidikmisi
- Sekolah diharuskan mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi.
- Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
- Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
- Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
- Siswa harus mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta di dalam sistem pendaftaran.
- Siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi diperkenankan mendaftar seleksi nasional atau mandiri yang telah diperoleh sesuai ketentuan masing-masing pola seleksi (SNMPTN, SBMPTN, PMDK Politeknik, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS)
Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, diharapkan melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
- Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
- Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
- Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
- Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
- Bagi yang belum memenuhi syarat pada butir (g) diatas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
- Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
- Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
Pendaftaran Offline
- Pendaftaran offline dapat dilakukan jika sekolah atau calon pendaftar tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi secara on-line untuk Seleksi Mandiri, karena keterbatasan akses internet, maka sekolah atau calon harus:
- Calon pendaftar mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran Buku Pedoman Bidikmisi 2017, dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
- Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi (Lampiran 2), formulir pendaftaran (Lampiran 3) berserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang Pendaftaran Bidikmisi 2017.
- Berkas yang harus dikirim meliputi:
- Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi;
- Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
- Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
- Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
- Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
- Bagi yang belum memenuhi syarat butir (g) di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali, atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
- Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
- Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.
- Sekolah harus memastikan PTN dan PTS yang dipilih calon membuka kesempatan pola seleksi Bidikmisi secara offline
Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2017
# |
Nama Kegiatan |
Tanggal Mulai |
Tanggal Selesai |
1 |
Pendaftaran Sekolah |
14 Januari 2017 |
01 September 2017 |
2 |
Pendaftaran Siswa |
14 Januari 2017 |
01 September 2017 |
3 |
SNMPTN |
18 Februari 2017 |
06 Maret 2017 |
4 |
Seleksi Mandiri PTN |
25 Februari 2017 |
01 September 2017 |
5 |
PMDK-PN |
25 Februari 2017 |
01 Mei 2017 |
6 |
SBMPTN |
08 April 2017 |
05 Mei 2017 |
7 |
Seleksi Mandiri PTS |
22 April 2017 |
01 September 2017 |
8 |
UMPN |
04 Mei 2017 |
10 Juni 2017 |
Sumber : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
Prev Article Next Article
Artikel Terkait