1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Kuliah Ke Jepang Gratis Dengan Beasiswa ABP Universitas Shizuoka
Kuliah Ke Jepang Gratis Dengan Beasiswa ABP Universitas Shizuoka

Kuliah Ke Jepang Gratis Dengan Beasiswa ABP Universitas Shizuoka

Rating: 0.0 - out of 5stars
07 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Kuliah ke Jepang gratis bukan hanya mimpi, karena kini kamu bisa meraihnya dengan cara mengikuti seleksi beasiswa Asia Bridge Program (ABP) di Universitas Shizuoka. Tawaran ini berlaku bagi mahasiswa internasional yang berasal dari Indonesia, Vietnam, Thailand, dan India. Tertarik mengikutinya?.

Beasiswa ABP merupakan program kolaborasi industri-akademi yang ditujukan bagi lulusan SMA/sederajat untuk melanjutkan studi S1 di Universitas Shizuoka. Beasiswa ini menjamin penerima beasiswa mendapatkan bantuan kuliah juga meraih bantuan karir agar dapat bekerja di perusahaan Jepang.

Kurikulum pada program ABP Shizuoka menekankan pada pendidikan antar-disipilin yang seimbang dengan berfokus pada kombinasi keahlian teknis, kepiawaian dalam praktik bisnis, berpikir ilmiah, dan keterampilan interpersonal. Dengan kurikulum tersebut, para kandidat terpilih akan terhubung dengan berbagai perusahaan global melalui sejumlah kegiatan di dalam dan luar kampus seperti: magang, seminar, dan lokakarya yang diadakan oleh pakar bisnis dari perusahaan.

Baca: Rotary Yoneyama Memorial Berikan Beasiswa Ke Jepang Program S1, S2, S3

Selain itu, program ABP juga menawarkan konseling dari tahun pertama kuliah bagi penerima beasiswa guna membangun jalur karier yang jelas setelah lulus nantinya. Jadi penerima beasiswa ABP tak hanya mendapatkan kuliah gratis melainkan juga pengembangan softskill sebagai bekal meniti karir setelah lulus.

Nah, beasiswa ABP ini sendiri merupakan program 4 tahun perkuliahan yang dimulai pada bulan Oktober, dengan satu semester pelatihan bahasa intensif dan pelajaran dasar ABP. Selanjutnya pada tujuh semester berikutnya (selama 3,5 tahun), akan dilaksanakan pembelajaran dalam bahasa Jepang, kuliah umum dan program pembelajaran aktif ABP, magang di perusahaan Jepang, serta proyek riset kelulusan.

Apa saja fakultas dan jurusan yang ada?

Kampus Shizuoka

1. Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial

  • Ilmu Sosial dan Kemanusiaan
  • Bahasa dan Sastra
  • Ekonomi
  • Hukum

2. Fakultas Pendidikan

3. Fakultas Ilmu Sains

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi
  • Ilmu Bumi

4. Fakultas Pertanian

  • Ilmu Pengetahuan Sumber Daya Hayati
  • Ilmu Sains Kehidupan Terapan

Kampus Hamamatsu

5. Fakultas Informatika

  • Ilmu Komputer
  • Informatika Perilaku
  • Seni Informasi

6. Fakultas Teknik

  • Teknik Mesin
  • Teknik Listrik dan Elektronika
  • Ilmu Elektronika dan Material
  • Teknik Kimia Terapan dan Biokimia
  • Teknik Matematika dan Sistem

Program ABP menyediakan bantuan finansial untuk kandidat terpilih. Selain bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk, biaya kuliah tahun pertama juga bebas biaya. Bantuan untuk tahun ke-2, 3, dan 4 meliputi pembebasan biaya kuliah dan biaya lainnya senilai 50 persen atau 100 persen yang diberikan berdasarkan penilaian prestasi akademik penerima beasiswa. Tersedia juga uang saku bulanan di tahun pertama dan peluang beasiswa/pendanaan lain dari pemerintah dan perusahaan. Namun untuk biaya hidup sehari-hari (makanan, asrama, dan biaya lain-lain) menjadi tanggung jawab penerima beasiswa sendiri.

Baca: 6 Macam Tawaran Beasiswa Tanoto Foundation Yang Wajib Kamu Ketahui

Persyaratan mendaftar:

  1. Bukan merupakan warga negara Jepang.
  2. Merupakan warga negara Indonesia, Vietnam, Thailand, atau India.
  3. Pelamar mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai untuk dapat mendaftar ke universitas di Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang (Japanese Immigration Control and Refugee Recognition Act).
  4. Memenuhi SALAH SATU persyaratan berikut:
    a. Telah menyelesaikan studi SMA/SMK/sederajat di negara Vietnam/Indonesia/Thailand/India. Terbuka juga bagi pelajar SMA/SMK/sederajat yang akan lulus di tahun 2018 (pada tahun 2017 sedang menduduki kelas 12).
    b. Telah lulus ujian nasional (UAN) atau ujian kualifikasi lainnya yang setara seperti IB (International Baccalaureate) di negara asal. Selain itu, pelamar juga harus berusia 18 tahun sebelum 30 September 2017.
  5. Apabila pelamar berasal dari sekolah menengah Jepang atau sekolah internasional yang ada di Jepang, studi tersebut harus berdurasi tidak lebih dari tiga tahun.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:

  1. Informasi pelamar yang disubmit pada sistem aplikasi online.
  2. Esai dalam bahasa Jepang dengan panjang 500 kata berisi alasan mendaftar program ABP Shizuoka (Format Word atau PDF).
  3. Pasfoto terbaru dengan ukuran 35 mm x 45 mm.
  4. Transkrip akademik pada kelas 10, 11, dan 12. Dan apabila sudah ada, lampirkan juga hasil akhir Ujian Nasional. Lampirkan berkas asli beserta hasil terjemahan ke dalam bahasa Inggris atau Jepang.
  5. Ijazah SMA/Sederajat beserta salinan resmi yang telah dilegalisir.
  6. Hasil tes EJU (ujian masuk universitas di Jepang bagi pelamar internasional).
  7. Hasil tes kecakapan bahasa Inggris seperti TOEFL/TOEIC/IELTS.
  8. Hasil tes JLPT (Japanese-Language Proficiency Test).
  9. Form persetujuan bagi pelamar yang merupakan karyawan atau pegawai perusahaan.

Tata Cara Pendaftaran:

  • Daftar via online di laman: Apply Online
  • Pendaftaran dibuka pada tanggal 13 November 2017 dan ditutup pada 1 Desember 2017.
  • Ujian masuk dilaksanakan di negara anda, sehingga tidak perlu ke Jepang untuk ujian.

Informasi lebih detail mengenai program ABP Shizuoka dapat dilihat pada Application Guide dalam Bahasa Indonesia.

Seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan, seleksi dokumen dan seleksi wawancara. Para kandidat yang berhasil lolos seleksi akan memulai perkuliahan pada tanggal 1 Oktober 2018. Informasi selengkapnya dapat menghubungi email: [email protected]

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait