1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Mahasiswa Asal Banyuwangi Bisa Kuliah Gratis Di Unibraw Dengan Beasiswa Ini!
Mahasiswa Asal Banyuwangi Bisa Kuliah Gratis Di Unibraw Dengan Beasiswa Ini!

Mahasiswa Asal Banyuwangi Bisa Kuliah Gratis Di Unibraw Dengan Beasiswa Ini!

Rating: 1 - out of 5stars
25 Desember 2017 0 Komentar
Penulis:

Impian mahasiswa asal Banyuwangi untuk kuliah gratis dengan beasiswa semakin terbuka lebar. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi secara rutin akan membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan Beasiswa Banyuwangi Cerdas.

Saat ini, mahasiswa Banyuwangi baru dapat mendaftarkan diri di empat universitas yang bekerjasama dengan Pemkab. Rencananya mulai tahun 2018, Pemkab akan menggandeng Universitas Brawijaya (Unbraw) untuk melengkapi pilihan yang sudah ada.

Hal itu ditegaskan Wakil Rektor IV Universitas Brawijaya (Unibraw) Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati saat berkunjung ke Banyuwangi, Selasa (19/12). Dijelaskan Sasmito, pemkab dan Unibraw sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama bidang pendidikan.

Baca: Daftar Via Online Beasiswa Banyuwangi Cerdas Sekarang Juga!

“Kami ingin MoU ini segera direalisasikan. Maka, kami datang ini untuk segera menindaklanjutinya,” kata Sasmito.

Salah satu yang akan segera diwujudkan dalam waktu dekat adalah mengembangkan mekanisme seleksi mahasiswa baru. Yaitu seleksi mahasiswa dengan pembiayaan beasiswa.

“Melalui sinergi ini, anak berprestasi yang tidak punya biaya untuk kuliah, bisa kuliah di tempat kami dengan fasilitas beasiswa dari pemda. Program ini akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini juga,” terang Sasmito.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono menyatakan akan segera menyosialisasikan program tersebut.

“Alhamdulillah, siswa berprestasi Banyuwangi memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Saat ini, baru empat universitas yang bekerjasama dengan kita, IAIN Jember, Unej, Unair, dan Universitas terbuka (UT). Tentunya, dengan hadirnya Unibraw ini akan melengkapi pilihan siswa,” cetusnya.

Dijelaskan Sulih, mekanisme penerimaannya pun cukup mudah. Calon mahasiswa baru cukup mendaftarkan diri pada jalur mandiri khusus Seleksi Program Kemitraan Daerah (SPKD). Selanjutnya, mereka wajib mengikuti ujian penyaringan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Yang lulus ujian, akan diumumkan melalui website resmi Unibraw,” terangnya.

Banyuwangi telah memiliki program beasiswa Banyuwangi Cerdas yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi putra putri daerah. Program tersebut dimulai sejak tahun 2011 dengan alokasi dana yang terus meningkat. Melalui program ini, Pemkab Banyuwangi sudah membiayai sekitar 700 mahasiswa dengan alokasi dana sekitar Rp 15 miliar per 2016.

Baca: Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru Hafiz Al-Qur’an

 

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait