1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Pemprov Jabar Tawarkan Beasiswa Hafidz dan Beasiswa S1 Lain
Pemprov Jabar Tawarkan Beasiswa Hafidz dan Beasiswa S1 Lain

Pemprov Jabar Tawarkan Beasiswa Hafidz dan Beasiswa S1 Lain

Rating: 1 - out of 5stars
18 Januari 2017 0 Komentar
Penulis:

Beasiswa bagi para hafidz Al-qur’an memang kini banyak dicari oleh calon mahasiswa. Hal ini menandakan jika lambat laun, para hafidz semakin bertambah dan tersebar di berbagai daerah. Tak khayal jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) ikut serta memberikan beasiswa yang ditujukan bagi para hafidz ini.

Selain beasiswa hafidz yang ditawarkan pihak universitas sendiri, Pemprov Jawa Barat juga menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar bagi hafidz yang berhasil masuk di universitas negeri. Calon pendaftar beasiswa ini diharuskan memiliki tingkat hafalan minimal 15 juz Al-qur’an. Kamu bisa?

Baca juga: Pemkot Bandung Sediakan Beasiswa di 55 Kampus

“Jadi beasiswa ini untuk yang hapal Alquran disiapkan total Rp 5 miliar bagi yang hapal minimal 15 juz untuk seluruh calon mahasiswa. Apalagi yang hapal 30 juz itu pasti bisa,” tutur Ahmad Hadadi ‎Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, di Bandung, Senin (16/1).

Hadadi menambahkan, jika Pemprov menyiapkan sekitar Rp 40 miliar yang dialokasikan untuk program beasiswa Disdik Jabar pada 2017 ini. Menurut dia sebesar Rp 30 miliar dianggarkan untuk para calon mahasiswa yang berprestasi di bidang lainnya yang masuk dalam program PAGM (Penghargaan Atlet Guru Tenaga Medis).

“PAGM ini diberikan pada berbagai latar belakang. Misalnya mereka yang berprestasi di olahraga, tenaga medis, guru atau mungkin mereka yang memiliki kemampuan lainnya. Bisa kita masukan dalam program ini,” ujarnya.

Kemudian, dana Rp 5 miliar lain akan dialokasikan untuk mahasiswa asal Jabar yang tengah menempuh pendidikan di Mesir. “Kan ada mahasiswa yang kurang dana kita bantu juga.”

Baca juga: Seleksi Beasiswa Tahfidz Al-Qur’an!

Kepala Dinas Pendidikan tersebut menyatakan bahwa beasiswa yang dialokasikan Pemprov Jabar bisa digunakan untuk seluruh perguruan tinggi negeri di Jabar. “Semua yang di Jabar asalkan negeri itu masuk dalam beasiswa kita,” ujarnya.

Di sisi lain, Gubernur Jabar Ahmad Herya‎wan menjelaskan, alasan memasukkan beasiswa bagi penghapal minimal setengah juz Al-qur’an. Dia meyakini, orang yang bisa menghapal 15 juz Alquran bukanlah orang biasa.

“Pasti dia memiliki kemampuan cerdas. Orang hapalin Alquran setengah juz aja susah kok. Apalagi 15 juz. Makannya kita ingin berikan jalur ini,” terang pria yang akrab disapa Aher ini.

Informasi selengkapnya, silakan kunjungi laman http://www.disdik.jabarprov.go.id/.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait