1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Pendaftaran Orange Tulip Scholarship Ke Belanda Dibuka!
Pendaftaran Orange Tulip Scholarship Ke Belanda Dibuka!

Pendaftaran Orange Tulip Scholarship Ke Belanda Dibuka!

Rating: 1 - out of 5stars
07 Desember 2016 0 Komentar
Penulis:

Nuffic Neso Indonesia selaku pengelola program Orange Tulip Scholarship (OTS) resmi membuka pendaftaran tahun akademik 2017/2018. Nuffic mengundang calon mahasiswa asli Indonesia untuk segera mendaftar program ini, khususnya bagi calon mahasiswa yang berkeinginan kuat menimba ilmu di Belanda. Tersedia beasiswa baik untuk jenjang Sarjana maupun Pasca-Sarjana di 25 institusi pendidikan tinggi Belanda. Sebanyak 75 kursi beasiswa menunggu untuk diperebutkan. Total nilai beasiswa ini mencapai lebih dari €700,000 atau jika dirupiahkan mencapai Rp 10 M!

Sebagai informasi, OTS merupakan salah satu program beasiswa yang ditawarkan oleh Institusi pendidikan tinggi Belanda, tujuannya untuk meningkatkan kesempatan studi di Belanda khusus bagi warga negara Indonesia. Institusi yang menawarkan OTS dan jumlah nilai beasiswa yang dirangkum dalam skema OTS kian beragam setiap tahunnya.

Jika dilihat pada skema OTS kali ini, total institusi maupun nilai beasiswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. OTS berhasil menggandeng 25 institusi pendidikan tinggi Belanda untuk 75 mahasiswa, dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari €700,000. Hal ini menunjukan kandidat di periode OTS sebelumnya mampu menarik perhatian institusi, dimana institusi tersebut tertarik untuk memberikan lebih banyak kesempatan bagi potensi-potensi asal Indonesia.

Baca juga: Kuliah di Belanda dengan Beasiswa OTS

Program studi yang ditawarkan diantaranya program persiapan akademik (foundation year) untuk gelar Sarjana maupun Pasca-Sarjana di universitas riset maupun ilmu terapan. Kemudian program di lingkup Seni, Ilmu Sosial, Sains dan lainnya, dikemas atau disampaikan dalam bahasa Inggris.

Menariknya lagi, beasiswa kali ini sebagian besar berupa potongan biaya kuliah parsial hingga penuh, termasuk tambahan biaya hidup, biaya visa, dan atau asuransi.

Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia mengatakan, “Saat ini persaingan semakin ketat dimana seseorang diharuskan untuk mempunyai daya saing yang kuat demi membangun karir yang sukses. Pengalaman di lingkungan internasional mengkondisikan Anda untuk mampu memahami suatu hal dari berbagai perspektif yang berbeda sehingga menantang Anda untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Khususnya di Belanda, Anda bisa menemukan mahasiswa internasional yang berasal lebih dari 190 negara berbeda. Masyarakat Belanda sendiri sangat terbuka dalam hal menyambut budaya lain, dunia usaha dan inovasi kelas dunia. Kegiatan pembelajaran yang interaktif dan pengajaran yang berorientasikan mahasiswa bisa menjadi nilai tambah. Hal ini akan membantu Anda belajar untuk beradaptasi dengan situasi baru dan tentu saja akan memampukan Anda bersaing dalam tingkat dunia dalam karir Anda mendatang.”

Mervin menegaskan kembali bahwa pengalaman internasional dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan siswa secara keseluruhan. Oleh karena itu, secara khusus pengalaman studi di Belanda adalah langkah tepat menuju karir internasional Anda.

Kamu Tertarik Mendaftar?

Sebelum memutuskan untuk mendaftar OTS, kamu diharuskan terlebih dahulu mendaftarkan program studi yang diinginkan ke salah satu institusi yang terdaftar dalam skema OTS 2017-2018. Selanjutnya, pendaftaran OTS dapat dilakukan dengan mengirimkan dokumen yang sesuai ketentuan skema OTS melalui email ke Nuffic Neso Indonesia.

Persyaratan umum yang diperlukan untuk OTS diantaranya: Formulir OTS yang dapat diunduh di situs resmi Nuffic Neso Indonesia, bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (letter of acceptance) dari salah satu institusi dalam skema OTS. Batas waktu pendaftaran secara umum 1 April 2017, namun beberapa skema universitas berbeda.

Informasi lebih lanjut tentang daftar institusi perguruan tinggi Belanda dalam skema OTS, program studi yang ditawarkan, prosedur pendaftaran dan tenggat waktu dapat ditemukan di laman OTS.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait