1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI
Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI

Program Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI

Rating: 4.0 - out of 5stars
21 Oktober 2015 2 Komentar
Penulis:

Penerima bantuan Bidikmisi adalah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/sederajat tahun 2011, 2012, 2013 dan seterusnya yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Untuk mendapakan beasiswa bidik misi seleksi melalui SBMPTN ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama jangan sampai salah memilih jalur yang tersedia, untuk mendaftar Beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda harus memastikan bahwa pendaftaran SBMPTN sudah dibuka hal ini ditandai dengan situs resmi seleksi sudah mengumumkan jadwal pembukaan pendaftaran.

Jangka Waktu Pemberian Bantuan

Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 (delapan) semester untuk program Diploma IV dan S1 dan selama 6 (enam) semester untuk program Diploma III.

Untuk program studi yang memerlukan pendidikan keprofesian atau sejenis, perpanjangan pendanaan difasilitasi oleh PTN penyelenggara Bidikmisi.

Harga satuan bantuan biaya pendidikan tahun 2012 adalah sebesar Rp 6.000.000,00 (enam juta rupiah) per mahasiswa per semester yang terdiri atas bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa dan bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola oleh PTN. Sumber dana berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Seleksi

  1. PTN menyeleksi penerima Bidikmisi sesuai kuota melalui pola:
    • Seleksi Nasional yang terdiri atas SNMPTN (Undangan dan Ujian tulis);
    • Seleksi Mandiri sesuai dengan ketentuan masing-masing PTN; atau
    • PENGEMBANGAN POLITEKNIK bagi Politeknik.
  2. Persyaratan, mekanisme dan prosedur penerimaan melalui seleksi nasional SNMPTN mengikuti ketentuan panitia seleksi yang berlaku.
  3. Pendistribusian kuota penerimaan masing-masing pola seleksi ditetapkan oleh PTN melalui surat keputusan pimpinan PTN yang ditembuskan ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sebelum pola seleksi dilaksanakan dan dipublikasikan melalui media.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 3 4 5 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait