1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Beasiswa
  4. UNPAD Bebaskan Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran
UNPAD Bebaskan Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran

UNPAD Bebaskan Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran

Rating: 4.3 - out of 5stars
27 Januari 2016 3 Komentar
Penulis:

Pada tanggal 25 Januari lalu, Universitas Padjajaran (UNPAD) telah mengumumkan perihal program beasiswa bagi calon mahasiswa tahun 2016/2017. Universitas Padjajaran akan menggratiskan biaya pendidikan calon mahasiswa baru hingga lulus, untuk program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran. Keren kan? Kuliah di UNPAD, Fakultas Kedokteran, Gratis pula!

Kebijakan ini dilakukan sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah khususnya di Jawa Barat. Nantinya, para lulusan kuliah gratis ini akan mengabdi di daerah yang telah ditentukan oleh universitas. Siap kah kamu?


Baca juga: Kesempatan Langka, Kuliah di Curtin University Dapat Diskon Biaya 25%!

Syarat yang dikenakan untuk mendapatkan beasiswa ini cukup mudah. Selain tes masuk calon mahasiswa harus memenuhi kesepakatan dengan UNPAD, yang menyatakan bahwa ketika lulus nanti, mahasiswa penerima biaya kuliah gratis bersedia ditempatkan di wilayah/instansi yang ditentukan. Jika mahasiswa melanggar komitmen, maka UNPAD tidak akan mengeluarkan ijazahnya.

Adapun penerima beasiswa ini untuk kalangan mampu ataupun kurang mampu. Semua memiliki hak yang sama untuk meraih beasiswa pendidikan ini. Sebanyak 250 kursi disediakan UNPAD untuk calon mahasiswa penerima beasiswa pendidikan. Rinciannya adalah 125 calon mahasiswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan 125 dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN Mulai Tanggal 29 Februari?

Dikutip dari situs resmi UNPAD, “Unpad ingin membangun sikap kesiapan mengabdi sungguh-sungguh kepada masyarakatnya bagi para lulusannya. Jika tidak bersedia memenuhi perjanjian itu, jangan pilih kuliah di Kedokteran Unpad. Ada banyak perguruan tinggi lain yang juga menyediakan pendidikan kedokteran,” tegas Rektor Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad.

Kemudian, Dekan FK Unpad, Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., M.Si., Sp.F., DFM., menilai program penggratisan biaya kuliah di FK Unpad ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat. “Ini adalah salah satu cara memfasilitasi mereka (mahasiswa) sehingga bisa bekerja dengan baik di masyarakat, dan karirnya bisa dibangun,” kata Yoni.

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait