1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. 7 Jalur Bebas Tes Tulis UAD Dibuka, Yuk Manfaatkan Kesempatan Ini!
7 Jalur Bebas Tes Tulis UAD Dibuka, Yuk Manfaatkan Kesempatan Ini!

7 Jalur Bebas Tes Tulis UAD Dibuka, Yuk Manfaatkan Kesempatan Ini!

Rating: 1 - out of 5stars
03 November 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) siap membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2018/2019. UAD akan membuka tiga jenis seleksi PMB, pertama jalur Bebas Tes Tulis (BTT), jalur Tes Tulis, dan Jalur Computer Based Test (CBT).

Jalur Bebas Tes Tulis (BTT)

Jalur Bebas Tes Tulis merupakan jalur seleksi PMB bagi para lulusan SMA/SMK/MA/sederajat berdasarkan prestasi-prestasi yang dimiliki calon mahasiswa, dengan kemudahan masuk tanpa tes tertulis.
Jalur ini pun bisa disebut jalur PMDK atau penelusuran minat dan kemampuan. Khusus jalur Bebas Tes Tulis ini, UAD membuka tujuh jalur yang bisa dipilih sesuai prestasi yang dimiliki calon mahasiswa.


Berikut tujuh jalur Bebas Tes Tertulis yang bisa dipilih:

JALUR URAIAN SYARAT PRESTASI
PMDK-SSO Jalur seleksi TANPA TES berdasarkan prestasi SENI/ SAINS-IPTEK/OLAHRAGA NOMOR PERORANGAN (tidak berlaku untuk program studi Farmasi). Minimal juara 3 tingkat SMTA se- Kabupaten/Kota, Nilai Rapot Mapel tidak ada yang kurang dari 6,0. (Berkas: FC sertifikat kejuaraan dan Rapot Mapel yang dilegalisir)
PMDK-RAPORT Jalur seleksi TANPA TES berdasarkan NILAI RAPORT. (berlaku untuk program studi selain Farmasi). Rata-rata nilai raport 7,5 ,atau nilai rata-rata 3,0 nilai skala kurtilas untuk mata pelajaran yang relevan, semester 2,3,4 (Berkas: FC raport legalisir)
PMDK-UN Jalur seleksi TANPA TES berdasarkan Nilai UN. (berlaku untuk program studi selain Farmasi). Nilai murni UN rata-rata minimal 7 dan tidak ada nilai dibawah 5,5. (Berkas: FC ijazah & SKHUN legalisir)
S-PSB(Seleksi-Penelusuran Siswa Berprestasi) Jalur seleksi TANPA TES dengan pilihan pertama program studi Farmasi dan pilihan kedua selain program studi Farmasi berdasarkan NILAI RAPORT dan NILAI UN.  (berlaku untuk program studi Farmasi) Rata-rata nilai raport 8,0 ,atau nilai rata-rata 3,2 nilai skala kurtilas untuk mata pelajaran yang relevan pada semester 2,3,4 dan nilai murni UN rata-rata minimal 7,5 dan tidak ada salah satu mapel UN bernilai dibawah 5,5. (Berkas: FC raport dan FC ijazah & SKHU legalisir)
BPM-KP(Beasiswa Program Misi-Keluarga Persyarikatan) Jalur seleksi TANPA TES berdasarkan NILAI RAPORT, NILAI UN, Rekomendasi PRM, Dhuafa. Dengan fasilitas bebas biaya pendidikan dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 8 (delapan) Rata-rata nilai raport 8,0 atau rata rata 3,2 nilai skala kurtilas untuk mata pelajaran yang relevan, semester 2,3 & 4 dan Nilai murni UN rata-rata minimal 7,5 dan tidak ada nilai dibawah 5,5. (Berkas: FC raport dan FC ijazah & SKHU legalisir)
BPM-HAFIDZ QUR’AN Jalur seleksi berdasarkan tes kemampuan hafalan Al-Qur’an dan Rekomendasi PRM. Dengan fasilitas bebas biaya pendidikan dari semester1 (satu) sampai dengan semester 8 (delapan) Rata-rata nilai raport 7,5 untuk semester 2,3 & 4, serta nilai murni UN rata-rata minimal 7,5 dan tidak ada nilai salah satu mapel UN dibawah 5,5. (Berkas: FC raport FC ijazah & SKHU legalisir)
BPM-SSO(Beasiswa Program Misi – Seni/Sains- Iptek/Olahraga) Jalur seleksi TANPA TES berdasarkan prestasi seni/sains-Iptek/olahraga nomor perorangan (SSO). Dengan fasilitas bebasbiaya pendidikan dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 8 (delapan) Prestasi seni/sains/olahraga minimal juara 3 propinsi, tingkat SMTA, nomor perorangan. Rata rata nilai rapot 7,0 atau nilai rata rata 2,6 nilai skala kurtilas untuk mata pelajaran yang relevan semester 2,3,4. (Berkas: Sertifikat Kejuaraan,FC raport dan FC ijazah & SKHU legalisir)

Baca: Ini Dia Jadwal PMB UMY T.A 2018/2019!

Tertarik mendaftar? Simak syarat dan ketentuannya dulu!

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Merupakan siswa aktif kelas XII yang merupakan peserta UN maupun ujian sekolah tahun 2018, atau telah lulus ujian nasional dan ujian sekolah tahun 2016 atau 2017 atau 2018 (untuk prodi tertentu, boleh lulusan tahun 2014 & 2015)
  3. Melengkapi berkas-berkas pendukung syarat prestasi dan telah dilegalisir
  4. Tidak buta warna untuk prodi prodi tertentu
  5. Calon mahasiswa asing harus memiliki surat izin dari Ditjen Dikti Kemendikbud Republik Indonesia, serta memiliki sertifikat kursus/pelatihan bahasa Indonesia
  6. Keputusan kelulusan penerimaan tidak dapat diganggu-gugat.

Jadwal Bebas Tes Tulis (BTT)

GELOMBANG TAHAP JALUR PENDAFTARAN PENGUMUMAN MASA REGISTRASI
GELOMBANG I TAHAP 1 PMDK 27 Nov 2017 – 3 Maret 2018 Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah Pengumuman
PSB 2 Januari – 3 Maret 2018 Selasa, 6 Maret 6 Maret – 16 Maret
TAHAP 2 PMDK 4 Maret – 28 April Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah Pengumuman
PSB 4 Maret – 28 April Selasa, 1 Mei 1 Mei – 11 Mei
GELOMBANG II

 

 

 

 

 

GELOMBANG III

TAHAP 1 PMDK 29 April – 26 Mei Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah Pengumuman
PSB 29 April –  26 Mei Rabu, 30 Mei 30 Mei – 9 Juni
TAHAP 2 PMDK 27 Mei – 30 Juni Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah Pengumuman
PSB 27 Mei – 30 Juni Selasa, 3 Juli 3 Juli – 13 Juli
TAHAP 3 PMDK 1 Juli – 28 Juli Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah Pengumuman
PSB 1 Juli – 28 Juli Selasa, 31 Juli 31 Juli – 10 Agustus
 TAHAP 1 PMDK 29 Juli – 25 Agustus Setelah verifikasi berkas 10 hari setelah pengumuman untuk pengumuman s/d 15 Agustus. Maksimal 25 Agustus untuk pengumuman setelah 15 Agustus
Pengumuman pukul 13.00 WIB
Keterangan : Pendaftaran dan verifikasi sewaktu-waktu dapat ditutup bila kuota program studi telah terpenuhi.

Baca: Jadwal Lengkap PMB 2018 Di Beberapa PTS!

Bagaimana cara mendaftar?

Pendaftaran via online

  1. Klik Menu “Pendaftaran” di laman http://pmb-online.uad.ac.id/v2/index.php/program/Program
  2. Silahkan Login untuk mendaftar PMB atau Register/Daftar Akun jika belum mempunyai Akun
  3. Pilih & Klik  Jalur masuk sesuai jalur – Klik Daftar Jalur
  4. Isikan data dengan lengkap dan benar, bila belum ada data silakan isikan angka nol.
  5. Sebelum Membayar uang pendaftaran pastikan syarat-syarat memenuhi kriteria, pilihan jalur pendaftaran dan pilihan program studi sudah sesuai,
  6. Membayar biaya pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB UAD) di bank BRI,  BPD  DIY atau membayar langsung di tempat pendaftaran. Biaya pendaftaran semua jalur S1: Rp.200.000,- (dua ratus ribu rupiah) semua jalur
  7. Menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan sesuai persyaratan Jalur pendaftaran PMB (PROGRAM SARJANA (S-1) yaitu: Untuk Pendaftar Jalur BTT: FC/Scan Slip pembayaran pendaftaran & berkas yang dipersyaratkan & Surat Keterangan Buta Warna.
    Mengirimkan berkas-berkas tersebut di atas melalui email: [email protected] dengan format subyek email: DAFTAR+JALUR+NO.PENDAFTARAN+NAMA telah mengirim berkas daftar  via email / pos kilat tertanggal.
    (Contoh subyek email: DAFTAR+PMDK RAPOT+1617110017+SUNARDI telah mengirim berkas  via email tgl 20 Januari 2018)
    atau melalui pos/titipan kilat atau menyerahkan secara langsung kepada:
    Panitia PMB UAD
    d/a Biro Akademik dan Admisi
    Universitas Ahmad Dahlan
    Jalan Kapas no 9 Semaki Umbulharjo Yogyakarta 55166.
  8. Berkas diterima paling lambat sesuai batas akhir pada JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU (lihat jadwal di http://pmb.uad.ac.id)
  9. Infomasi hasil verifikasi diumumkan di  http://pmb-online.uad.ac.id  satu hari setelah berkas persyaratan diterima panitia PMB UAD.

Yuk manfaatkan kesempatan masuk di UAD tanpa tes tertulis, jangan lupa catat tanggal pendaftarannya!.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait