1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Calon Maba UNAIR Wajib Ikut SBMPTN 2017?
Calon Maba UNAIR Wajib Ikut SBMPTN 2017?

Calon Maba UNAIR Wajib Ikut SBMPTN 2017?

Rating: 0.0 - out of 5stars
23 November 2016 0 Komentar
Penulis:

Masa pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018 untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) segera dibuka. Tinggal menunggu beberapa bulan ke depan seleksi-seleksi mulai dipadati calon maba. Namun akan ada sedikit perubahan penerimaan mahasiswa baru, khususnya untuk Universitas Airlangga (Unair).

Apa perubahannya?

Jika sebelumnya Unair menyelenggarakan seleksi mandiri yang mengharuskan calon maba ikut tes, namun tahun depan jalur mandiri tidak menggunakan tes masuk. Sebagai gantinya pihak universitas akan mempertimbangkan hasil tes atau nilai tes jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Perubahan ini terungkap dalam acara Silaturahmi Rektor Universitas Airlangga & Kepala Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Aula Amerta Unair Surabaya, Jumat (11/11/2016). Silaturahmi ini dihadiri sekitar 80 kepala sekolah se-Jawa Timur dan Bali.

7 Tips Sukses Tembus PTN atau PTS Terbaik Tahun 2017!

 

 

Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih mengatakan agar seluruh undangan menyiapkan siswa siswinya sejak kelas XI.

“Penerimaan tahun ini (2017) akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, nanti kita pakai data nilai dari SBMPTN untuk jalur mandiri. Jadi tesnya cuma sekali, tapi bisa dipakai semuanya. Sehingga tidak perlu repot tes-tes lagi,” katanya seusai kegiatan silaturahmi.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Unair Suko Widodo serta Kepala Dinas Pendidikan Jatim Saiful Rachman sebagai pembicara.

Sebagai tambahan, Nasih mengungkapkan, bila nantinya peserta yang tidak lolos di SBMPTN, agar bisa mengikuti jalur mandiri cukup dengan menunjukkan nomor.

“Jadi begini, kalau peserta tadi tidak lolos di SBMPTN, dia bisa mencoba di jalur mandiri. Teknisnya, hanya dengan menunjukkan nomor pendaftaran SBMPTN. Nah, kalau sudah tahu nomornya, Unair yang akan mengakses untuk penilaiannya,” jelas Nasih.

5 Keuntungan Ikut SNMPTN 2017, Apa Saja?

 

 

Dengan kebijakan ini, nantinya calon mahasiswa Unair harus mengikuti SBMPTN sebelum bisa menggunakan jalur mandiri.

Bila siswa hanya mengikuti jalur mandiri tanpa mengikuti SBMPTN, maka tetap saja tidak bisa mengikuti jalur mandiri.

“Tidak bisa, harus ikut SBMPTN dulu. Harus ada nilai dari SBMPTN baru bisa mengikuti jalur mandiri,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman menghimbau seluruh kepala sekolah untuk mendeteksi siswa siswinya sejak dini. Berapa jumlah pelajar yang berminat meneruskan dan yang tidak. Sehingga, bisa diketahui kebutuhan jumlah bangku yang harus disiapkan di perguruan tinggi.

Terkait kapan jadwal pasti SBMPTN 2017 juga jalur mandiri diadakan masih dalam tahap rahasia. Sebaiknya pihak sekolah dapat mempersiapkan siswa didiknya sedini mungkin, dan para calon peserta seleksi diharapkan dapat mempersiapkan segala amunisi yang dibutuhkan.

Nah, terkait kebijakan ini, bagaimana menurut kamu? Apakah kamu setuju atau justru merasa keberatan? Kalau dilihat dari faedahnya tentu ada benarnya jika kamu tak perlu repot-repot ikut tes lagi bukan? Tapi sayangnya jika hasil nilai SBMPTN kamu belum maksimal maka akan menyulitkan kamu saat ikut bersaing di jalur mandiri Unair. Kamu tidak bisa merubah atau mengulangi mana-mana saja hasil tes yang belum kamu kuasai.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait