1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Daya Tampung PMB UNHAS Tahun Ini Sebanyak 7.067 Mahasiswa Baru
Daya Tampung PMB UNHAS Tahun Ini Sebanyak 7.067 Mahasiswa Baru

Daya Tampung PMB UNHAS Tahun Ini Sebanyak 7.067 Mahasiswa Baru

Rating: 1 - out of 5stars
26 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di tanah air. Setiap tahunnya, jumlah calon mahasiswa baru terus bertambah. Tak terkecuali dengan tahun ini, dimana diprediksi jumlah pendaftar akan semakin meningkat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Unhas telah menetapkan daya tampung sebanyak 7.067 mahasiswa baru tahun 2018. Jumlah ini untuk berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) yang diselenggarakan Unhas.


“Untuk jalur SNMPTN kuota Unhas adalah 35 persen dari daya tampung atau 2.466,” kata Juru bicara Universitas Hasanuddin, Ishaq Rahman, Rabu, 21 Februari 2018.

Menurut dia, total daya tampung Unhas tersebut tersebar pada 60 program studi S1.

Baca: Pendaftaran Kelas Internasional FEB Dan FKM UNHAS Segera Ditutup!

“Unhas tahun ini tidak ada penambahan prodi baru untuk S1. Jadi masih sama 60 prodi,” ucap Ishaq. “

Namun, lanjut dia, ada tiga tambahan kelas internasional yang di buka tahun 2018., yaitu Teknik Geologi, Kelautan, dan Hubungan Internasional.

“Jadi, sudah ada enam kelas internasional, sebelumnya sudah ada Manajemen, Akuntansi, dan Kesehatan Masyarakat,” kata Ishaq.

Dia menjelaskan bahwa pendaftaran seleksi mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019 melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai dibuka sejak Rabu 21 Februari. Hal itu sesuai jadwal dari Panitia Pusat SNMPTN/SBMPTN.

Siswa yang berminat masuk Unhas melalui jalur SNMPTN diharapkan dapat mendaftar tepat waktu dan memasukkan data diri secara benar adanya. Bagi siswa kurang mampu juga dapat mendaftar Bidik Misi untuk menerima bantuan biaya kuliah selama di Unhas.

Unhas sendiri membuka tiga jalur penerimaan yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Namun prosentasenya berbeda dengan tahun lalu, di mana masing-masing SNMPTN dan SBMPTN menerima 35 persen serta Mandiri 30 persen.

Baca: Gagal SBMPTN? UNHAS Masih Buka Jalur Mandiri Dengan Daya Tampung 1.557 Orang

Sedangkan untuk tahun ini, kuota jalur SNMPTN sebanyak 35 persen atau 2.466 kursi, lalu jalur SBMPTN sebesar 45 persen atau 3.168 kursi, serta Jalur Mandiri sekitar 20 persen atau 1.442 kursi. Pendaftaran SBMPTN akan mulai dibuka pada 5 April 2018. Dilanjutkan dengan Jalur Mandiri yang akan dilaksanakan setelah SBMPTN berlangsung.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait