1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Empat Langkah Pendaftaran SNMPTN 2016
Empat Langkah Pendaftaran SNMPTN 2016

Empat Langkah Pendaftaran SNMPTN 2016

Rating: 5.0 - out of 5stars
29 Februari 2016 1 Komentar
Penulis:

Senin, 29 Februari 2016, situs pendaftaran SNMPTN telah dibuka. Setelah pengisian PDSS ditutup per tanggal 20 Februari lalu, kini giliran calon mahasiswa berperan aktif untuk mengisi program studi beserta perguruan tinggi pilihannya. Pendaftaran SNMPTN dibuka hingga 12 Maret mendatang.

Baca juga: Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!

Sebagai informasi jika SNMPTN merupakan jalur masuk tanpa tes bagi calon peserta yang berprestasi di sekolahnya masing-masing. Adapun berbagai ketentuan peserta berprestasi yang dikenakan antara lain, berdasarkan akreditasi sekolah, NISN yang terdaftar di PDSS, nilai rapor yang telah dimasukkan secara benar ke sistim PDSS, terakhir peserta harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh masing-masing PTN yang bersangkutan.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN Mulai Tanggal 29 Februari

Calon mahasiswa yang telah memenuhi kriteria dan telah terdaftar di PDSS, dapat meneruskan tahap selanjutnya yakni pendaftaran melalui situs SNMPTN. Ada empat langkah pendaftaran SNMPTN via online. Berikut di antaranya:

  1. Calon mahasiswa harus login di http://www.snmptn.ac.id/, dengan mengisikan NISN dan password. Password dapat diperoleh dari pihak sekolah, password yang digunakan saat login sama dengan password saat login di sistem PDSS.
  2. Setelah sukses login, pilihlah PTN dan program studi yang diminati. Jangan lupa untuk mengunggah foto terbaru, mengisi form pendaftaran dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Kemudian periksa kembali syarat dan ketentuan yang dikenakan masing prodi/PTN yang dipilih. Misalkan calon mahasiswa harus mengunggah portofolio jika memilih program studi seni dan/atau olahraga.

Eits, tapi jangan asal unggah foto ya, karena ada persyaratannya, di antaranya adalah:

  • Wajah harus terlihat jelas
  • Berpakaian rapi
  • Rasio foto ukuran minimum 4×6
  • Format JPEG (jpg)
  • Ukuran file tidak boleh melebihi 1 MB
  1. Tahap finalisasi pendaftaran SNMPTN. Setelah proses finalisasi maka data pendaftaran tidak dapat diubah kembali. Maka sebelum tahap ini, pastikan data yang diperlukan telah terisi dengan benar. Setelah selesai, klik tombol Finalisasi Pendaftaran.
  2. Terakhir adalah tahap pencetakan kartu peserta. Cetak bukti pendaftaran sebagai bukti keikutsertaan SNMPTN. Kartu dapat dicetak mulai tanggal 22 Maret 2016 mulai pukul 08:00 hingga 21 April 2016 pukul 22.00 WIB.
Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Gunawan on Ayo Kuliah

nah ini info yang saya tunggu tunggu aseeekk.. kasih info lagi dong ayokuliah! ^-^

linecolor

    






Artikel Terkait