1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Hafal Minimal 10 Juz Alquran? Bisa Dapat Beasiswa Melalui Jalur PHA UII
Hafal Minimal 10 Juz Alquran? Bisa Dapat Beasiswa Melalui Jalur PHA UII

Hafal Minimal 10 Juz Alquran? Bisa Dapat Beasiswa Melalui Jalur PHA UII

Rating: 1 - out of 5stars
08 Februari 2019 0 Komentar
Penulis:

Kamu hafal minimal 10 jus Alquran? Atau lulusan Pondok Pesantren tahun akademik 2018/2019? Jika iya, maka kamu berkesempatan meraih beasiswa kuliah melalui Jalur Penelusuran Hafiz Alquran (PHA) di Universitas Islam Indonesia (UII). Jalur ini ditujukan bagi penghafal Alquran yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi. Jalur PHA UII dibuka menjadi dua gelombang dan batas pengunduran diri hingga tanggal 24 Juli 2019.

Jalur PHA UII dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2019/2020, namun tidak untuk lulusan Pondok Pesantren. Lulusan pesantren bisa ikut jalur ini asalkan telah atau sedang mengikuti program pengabdian di Pondok Pesantren. Sesuaikan dengan keadaan kamu saat ini, ya!


Adapun persyaratan mendaftar yang dibutuhkan tidaklah sulit. Berikut persyaratannya:

  1. Kamu harus melampirkan fotokopi rapor yang dilegalisasi oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 (dua koma delapan nol – Kurikulum 2013) pada 2 (dua) semester terakhir;
  2. Khusus pendaftar di Program Studi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor SMA atau sederajat disyaratkan minimal 8 (delapan) atau setara dengan nilai rata-rata minimal 3,20 (tiga koma dua nol – Kurikulum 2013) pada 3 (tiga) semester terakhir.
  3. Memiliki dan melampirkan sertifikat/syahadah hafalan Alquran minimal 10 juz;
  4.  Mengisi formulir asesmen diri yang diunduh melalui situs web pmb.uii.ac.id (unduh dokumen)
  5. Untuk pendaftar di International Program wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 475), TOEFL®ITP (470), TOEFL iBT (52), atau IELTS (5,5);

Baca: Ingin Masuk Politeknik Negeri Tanpa Tes? Ikut Jalur PMDK-PN Aja Yuk!

Prosedur pendaftaran jalur PHA

  • Melakukan proses pendaftaran secara online di pmb.uii.ac.id. Proses ini dapat dilakukan di mana saja (tidak harus datang ke lokasi tes):
    – Bagi pendaftar yang belum memiliki Nomor Induk Utama (NIU), diwajibkan key in untuk memperoleh NIU UII.
    – Memilih pola seleksi PHA secara online pada Menu “Beli Formulir”;
    – Memilih program studi;
    – Mendapatkan nomor tagihan.
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran PHA dengan menyebutkan nomor tagihan. Pembayaran formulir dapat dilakukan di semua kanal yang dilayani (kantor cabang, loket di UII, ATM, dan/atau Internet banking) oleh Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, Bank BPD DIY, Bank Muamalat, dan Bank Bukopin.
  • Melakukan login di admisi.uii.ac.id untuk mengisi data prestasi dan mencetak hasil isian formulir PHA secara mandiri.
  • Mengirimkan via pos atau menyerahkan secara langsung kepada petugas PMB UII persyaratan pendaftaran sebagai berikut:
    – Hasil isian Formulir PHA yang dicetak dengan tinta warna (bukan hitam putih);
    -Fotokopi surat tanda pengenal diri yang masih berlaku, yaitu: Kartu Tanda Penduduk/Paspor/Kartu Siswa/Surat Izin Mengemudi/Surat Keterangan Siswa dari Kepala Sekolah dengan foto diri yang dicap resmi oleh sekolah;
    – Slip pembayaran PHA;
    – Fotokopi rapor yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah;
    – Fotokopi sertifikat/syahadah hafalan Alquran; dan
    – Formulir asesmen diri yang telah diisi lengkap.
  • Hadir dan mengikuti seleksi PHA sesuai jadwal yang ditentukan. Seleksi berupa tes hafalan Alquran dan wawancara psikologis.
  • Pada jadwal yang telah ditentukan, pendaftar melihat dan mengunduh pengumuman hasil seleksi PHA di situs admisi.uii.ac.id:
    – Bagi pendaftar Program Studi Non-Pendidikan Dokter yang dinyatakan diterima dapat mencetak Surat Pemberitahuan Pernyataan Diterima;
    – Bagi pendaftar Program Studi Pendidikan Dokter yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama dapat mencetak Surat Pemberitahuan Lolos Seleksi Tahap Pertama dan selanjutnya wajib mengikuti proses seleksi kedua (Ujian Tahap II) sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Baca: 14 Perguruan Tinggi Ini Buka Pendaftaran Beasiswa Bazma Pertamina 2019

Jadwal pendaftaran:

PHA I PHA II
Tenggat Waktu Berkas Diterima 27-Feb 13-Jun
Ujian Hafiz 6-Mar 19-Jun
Ujian Tahap II (FK) 8-Mar 20-Jun
Pengumuman 12-Mar 25-Jun
Registrasi* 13-27 Mar 26 Jun-10 Jul
Verifikasi Dokumen 13-27 Mar 26 Jun-10 Jul
Batas Waktu Pengunduran Diri 24 Juli 2019

Pastikan dirimu terdaftar dan menjadi bagian dari jalur PHA UII 2019/2020. Selain jalur ini, masih ada jalur penerimaan lain yang dibuka, seperti jalur tes, jalur berbasis komputer dan masih banyak lainnya. Ada juga berbagai beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Yuk semangat untuk masuk di UII.

Sumber https://pmb.uii.ac.id/

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait