1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Info Lengkap Seleksi Mandiri UNNES Jenjang S1 dan D3!
Info Lengkap Seleksi Mandiri UNNES Jenjang S1 dan D3!

Info Lengkap Seleksi Mandiri UNNES Jenjang S1 dan D3!

Rating: 1 - out of 5stars
01 Juni 2016 0 Komentar
Penulis:

Seleksi Mandiri (SM) Universitas Negeri Semarang resmi dibuka mulai tanggal 1 Juni hingga 14 Juli mendatang. Seleksi Mandiri ini merupakan jalur seleksi regular yang digelar universitas secara pribadi, untuk menyaring calon mahasiswa baru baik untuk jenjang S1 maupun D3.

Setelah SNMPTN, SBMPTN, jalur prestasi berakhir, kini giliran jalur regular siap untuk menerima serbuan para calon maba dari berbagai daerah di tanah air. Pendaftaran ini menggunakan sistim online dengan melakukan beberapa tahap yang harus dilewati calon maba.

Baca: Universitas Pertamina dibuka, Siapa Mau Kuliah Disini?

Namun terlebih dahulu, simak persyaratan pendaftaran seleksi ya!

  1. Jalur ini untuk kamu lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2016, 2015, dan 2014 yang dibuktikan dengan ijazah.
  2. Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Kehidupan Mahasiswa UNNES dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

Kamu mampu mematuhi syarat tersebut? Yuk lanjut ke persyaratan khusus:

Khusus pendaftar Seleksi Mandiri UNNES 2016 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

UNNES memiliki 68 program studi yang bisa dipilih, namun para peserta SM-UNNES 2016 hanya berhak memilih maksimal dua program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum. Dan maksimal tiga program studi (Saintek atau Soshum) untuk kelompok ujian Campuran.

Baca: Informasi Lengkap Pendaftaran Jalur Prestasi UNNES

Selain persyaratan umum dan khusus yang harus diperhatikan, ada hal lain yang perlu dilihat, yakni biaya seleksi yang dikenakan. Berikut biaya yang dikenakan:

  1. Biaya seleksi peserta SM-UNNES 2016 sebesar Rp 250.000,00 untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 untuk kelompok ujian Campuran.
  2. Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan ujian keterampilan seni/olahraga, wajib membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00.

Lalu, bagaimana langkah pendafarannya?

  1. Kamu wajib membuka situs http://daftar.unnes.ac.id.
  2. Setelah itu, tentukan jalur SM-UNNES 2016 yang akan diikuti: SM-UNNES jalur non-Bidikmisi atau SM-UNNES jalur Bidikmisi.
  3. Pilih kelompok ujian: Saintek, Soshum, atau Campuran.
  1. Isi formulir pendaftaran secara online, langkah ini digunakan agar kamu memperoleh Personal Identification Number (PIN) berupa 6 karakter.
  2. Jangan lupa, unggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (JPG atau PNG), dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir tersedia.
  3. Cetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2016.
    Bagi calon peserta yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id agar dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.
  4. Gunakan PIN pendaftaran untuk melakukan pembayaran sesuai dengan pilihan kelompok ujian yang telah dipilih sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan mulai tanggal 2 Juni hingga 15 Juli 2016. Pembayaran melalui PT. Bank Negara Indonesia (BNI 46) di seluruh Indonesia (melalui teller) dengan menunjukkan PIN pendaftaran, atau channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  5. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta harus mencetak Kartu Tanda Peserta melalui laman http://daftar.unnes.ac.id selambat-lambatnya tanggal 22 Juli 2016. Kartu Tanda Peserta dicetak rangkap dua, satu untuk peserta dan satunya diserahkan ke pengawas pada saat ujian tulis.

Baca: UMSurabaya Buka Pendaftaran Fakultas Kedokteran

Sudah jelas alurnya? Jika belum jelas silahkan hubungi pihak panitia pendaftaran di nomor telepon 024-8508092 atau email ke sekretariatpmb@mail.unnes.ac.id.

Setelah daftar, Kapan ujiannya?

Ujian tulis dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2016, mulai pukul 08.00 – 14.30 WIB. Sedangkan ujian keterampilan dilaksanakan hari Minggu, 24 Juli 2016, mulai pukul 07.00 WIB – selesai.

Habis ujian plong ya rasanya? Tapi belum sepenuhnya plong karena hasil ujian belum bisa diketahui. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus secara online melalui laman http://daftar.unnes.ac.id. Lalu bagi yang lolos seleksi, silahkan lakukan registrasi ulang pada tanggal 9 Agustus sampai dengan 10 Agustus 2016. Untuk lokasinya menyusul ya!

Ini penting buat kamu yang dinyatakan lolos, bahwa kamu tidak diperbolehkan pindah ke program studi lain. Selain itu, kamu dinyatakan gugur apabila tidak hadir saat registrasi ulang dan terbukti memalsukan data.

Sumber : http://penerimaan.unnes.ac.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait