1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Jadwal Seleksi Mandiri PTN Di Jawa Tengah 2018
Jadwal Seleksi Mandiri PTN Di Jawa Tengah 2018

Jadwal Seleksi Mandiri PTN Di Jawa Tengah 2018

Rating: 1 - out of 5stars
13 Juli 2018 0 Komentar
Penulis:

Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) belum usai. Masih ada satu jalur lagi yakni Seleksi Mandiri yang bisa kamu daftar sebagai satu-satunya langkah masuk di PTN favorit. Namun, tidak semua PTN masih membuka jalur Seleksi Mandiri. Khusus di Jawa Tengah, dari puluhan PTN yang ada, hanya tersisa beberapa saja yang masih membuka Seleksi Mandiri.

Kali ini Ayokuliah akan merangkum PTN yang masih membuka Seleksi Mandiri. Berikut jadwal pendaftaran lengkapnya:

1. Universitas Tidar Magelang (Untidar)

Seleksi Mandiri Masuk Universitas Tidar (SMM-UNTIDAR) merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri melalui jalur ujian tertulis, dalam rangka menjaring calon mahasiswa baru yang mempunyai kompetensi dan kualitas akademik. Adapun tes tertulis terdiri atas Tes Potensi Akademik dan Kemampuan Bahasa, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek), dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum). SMM-UNTIDAR merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahap terakhir pada Universitas Tidar. Untuk jaur Seleksi Mandiri Masuk Universitas Tidar (SMM-UNTIDAR) mahasiswa baru akan dikenakan biaya SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) kecuali seleksi mandiri jalur PMDK (Diploma III).

Berikut timeline pendaftarannya:

Pendaftaran Online: 8 Juni s.d. 16 Juli 2018
Pencetakan Kartu Ujian: 8 Juni s.d. 16 Juli 2018
Pelaksanaan Ujian Tulis: 22 Juli 2018
Penetapan Hasil Seleksi: 1 Agustus 2018
Pengumuman Hasil Ujian: 2 Agustus 2018

Informasi lengkap http://sm.untidar.ac.id/informasi.aspx.

2. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Dalam rangka memberikan kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) sebagai perguruan tinggi negeri di bawah administrasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, selain menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, maka pada tahun 2018 akan menerima calon mahasiswa melalui jalur seleksi mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri.

Terdapat 2 (dua) jalur seleksi pada SPMB Mandiri, yakni SPMB Mandiri Non-Tulis dan SPMB Mandiri Tulis. SPMB Mandiri Non-Tulis adalah pola penerimaan yang dilakukan dengan menggunakan hasil tes SBMPTN 2018 sebagai dasar pertimbangan penilaian dan kelulusan. SPMB Mandiri Non-Tulis adalah jalur penerimaan untuk program sarjana kelas reguler dan kelas internasional serta program diploma.

Sedangkan SPMB Mandiri Ujian Tulis adalah pola penerimaan yang dilakukan melalui hasil ujian tulis yang dilaksanakan oleh Unsoed. SPMB Mandiri Ujian Tulis adalah jalur penerimaan untuk program sarjana kelas internasional dan diploma.

Unsoed juga mempertimbangkan prestasi akademik dan non-akademik (olahraga, seni, agama) sebagai bagian dari proses penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, baik non-tulis maupun tulis.

Jadwal Seleksi Mandiri Non-Tulis:

Pendaftaran: 25 Juni – 6 Juli 2018 (DITUTUP)
Pengumuman: 20 Juli 2018
Registrasi: 30 Juli 2018

Jadwal Seleksi Mandiri Tulis:

Pendaftaran: 9 Juli – 20 Juli 2018
Ujian Tulis: 24 Juli 2018
Pengumuman: 31 Juli 2018
Registrasi: 9 Agustus 2018

Materi Ujian Tulis:

  • Tes Kemampuan Dasar Umum (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris)
  • Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (Matematika IPA, Biologi, Kimia, & Fisika)
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (Sosiologi, Sejarah, Geografi, & Ekonomi)

Informasi lengkap http://pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id/spmb2018tulis/index.php.

Baca: Pendaftaran SM Vokasi UB Dibuka Hingga 22 Juli 2018

3. Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus)

Seleksi Jalur Lokal Mandiri merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara mandiri oleh Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus) melalui sistem online oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Rektor IAIN Kudus. Biaya pelaksanaan seleksi ditanggung oleh peserta yang dibayarkan melalui Bank yang telah ditunjuk.

Pada Tahun Akademik 2018/2019 ini, IAIN Kudus hanya membuka Kelas Reguler, sedangkan Kelas Ekstensi Lintas Transfer (ELT) dan Kelas Ekstensi Lintas Khusus (ELK) sementara tidak ditawarkan.

Jadwal seleksi:

Pendaftaran: 14 Mei – 20 Juli 2018
Ujian: Sesuai Jadwal CBT
Pengumuman Hasil Seleksi: 27 Juli 2018
Pendaftaran Ulang (Pembayaran UKT, Pendaftaran OPAK, Foto KTM, Info Matrikulasi): 30 Juli – 10 Agustus 2018

Informasi lengkap http://pmb.stainkudus.ac.id/?page=lokal_syarat.

4. Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Pada Tahun Akademik (TA) 2018/2019, IAIN Pekalongan menerima mahasiswa baru melalui empat jalur, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Jalur Ujian Mandiri dan Jalur Penelusuran Bakat dan Minat. Penerimaan mahasiswa baru Jalur SPAN-PTAIN dan UM-PTAIN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional (dikelola oleh panitia pusat). Untuk Jalur Ujian Mandiri dan Jalur Penelusuran Minat Bakat dikelola oleh panitia lokal (IAIN Pekalongan) atau lebih dikenal dengan istilah “JALUR MANDIRI”.

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ujian Mandiri adalah mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan melalui ujian tertulis dalam bentuk cetak (paper based testing) dan wawancara. Ujian tertulis jalur Mandiri menggunakan soal ujian yang memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Ujian jalur mandiri dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi yang dikembangkan di IAIN Pekalongan.

Sedangkan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Penelusuran Minat Bakat adalah mekanisme seleksi masuk IAIN Pekalongan berdasarkan penjaringan prestasi minat bakat bidang olah raga, seni dan karya ilmiah minimal juaraI tingkat Kabupaten/ Kota atau Hafidz Quran minimal 5 juz.

Baca: UNY Buka Jalur Seleksi Mandiri SBMPTN Dan Ujian Tulis

Jalur Penelusuran Minat Bakat:

Pendaftaran (online): 14 Mei – 13 Juli 2018
Seleksi Administrasi, Wawancara & BTQ: 17 Juli 2018
Pengumuman: 19 Juli 2018
Daftar Ulang: 23 Juli – 3 Agustus 2018

Jalur Ujian Mandiri:

Pendaftaran (online): 14 Mei – 20 Juli 2018
Ujian: 24 – 25 Juli 2018
Pengumuman: 1 Agustus 2018
Daftar Ulang: 1 – 10 Agustus 2018

Informasi lengkapĀ http://pmb.iainpekalongan.ac.id/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait