1. Beranda
  2. Artikel
  3. Berita Kampus
  4. Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka Hari ini, Ada Kuota untuk Santri Lho!

Kategori

Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka Hari ini, Ada Kuota untuk Santri Lho!

Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka Hari ini, Ada Kuota untuk Santri Lho!

Rating: 1 - out of 5stars
07 Agustus 2023 0 Komentar
Penulis:

Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 Dibuka Hari ini, Ada Kuota untuk Santri Lho!

 

Pendaftaran Beasiswa OSC 2023 dibuka hari ini, Senin, 7 Agustus 2023. Sebanyak 418 beasiswa S1 dan OSC Santri di 21 perguruan tinggi bonafide siap diperebutkan tahun ini. Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) berkolaborasi dengan perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan kemudahan akses pendidikan kepada anak negeri melalui beasiswa OSC 2023.

Beasiswa OSC 2023 menawarkan 418 kuota beasiswa S1 dan OSC Santri untuk anak negeri. Ada kerja sama dengan 21 perguruan tinggi yang menyediakan 418 beasiswa S1 senilai lebih dari Rp25 miliar. Metode seleksi beasiswa ini dilakukan secara online, sehingga pelajar Indonesia di pelosok negeri pun memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan di kampus-kampus terbaik.

Ketua Surya Edukasi Bangsa Foundation, Mirdal Akib, menyatakan harapannya agar melalui Beasiswa OSC 2023, lebih banyak anak negeri dapat meraih kesempatan untuk mengejar pendidikan yang berkualitas di perguruan tinggi terkemuka. Kick Off Beasiswa OSC 2023 diadakan di Komplek Media Group, Jakarta, pada tanggal 7 Agustus 2023.

Beasiswa Khusus Santri

Menurut Mirdal, tahun ini OSC juga mengembangkan program dengan menyediakan beasiswa khusus untuk Santri. Ia berharap seluruh santri di Indonesia semakin memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk berkompetisi dengan siswa/I di SMA dan SMK.

“Beasiswa Khusus Santri tahun ini disediakan oleh 6 universitas yang tergabung di OSC. Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada seluruh universitas mitra yang telah mendukung OSC 2023 dan mengajak mitra lain untuk bergabung dalam gerakan melahirkan generasi unggul menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Mirdal.

Indonesia Emas 2045

Mirdal menekankan bahwa pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu kunci utama dalam mencapai cita-cita besar menciptakan Indonesia Emas 2045. Pendekatan ini dianggap sebagai fondasi bagi perkembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, di mana pendidikan berperan dalam menciptakan pengetahuan yang luas dan mendalam, keterampilan yang mumpuni, serta karakter yang kuat.

Menurut Mirdal, dalam perjalanan menuju Indonesia Emas 2045, membangun pendidikan yang berkualitas dan merata bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga pendidikan saja, tetapi semua pihak, termasuk Surya Edukasi Bangsa Foundation dan Media Group, memiliki peran penting dalam mendukung pendidikan di Indonesia.

Di era digital saat ini, latar belakang pendidikan menjadi sangat penting untuk membentuk pola pikir, karakter, dan membangun jaringan. Mirdal menegaskan bahwa pendidikan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam mewujudkan mimpi.

Indra Maulana, Pemimpin Redaksi Medcom.id, menyatakan bahwa perguruan tinggi mitra yang bekerja sama dengan Beasiswa OSC tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Makassar, Palembang, Lampung, dan Medan siap diraih oleh pelajar Indonesia.

Daftar 21 Universitas Mitra Penyedia Beasiswa OSC 2023 :

1. Universitas Esa unggul
2. Universitas Mercu Buana
3. Universitas Multimedia Nusantara
4. Universitas Pembangunan Jaya
5. Universitas Trisakti
6. LSPR Communication and Business Institute

7. Universitas Persada Indonesia YA.I.
8. Institut Teknologi Nasional Bandung
9. Universitas Kristen Maranatha
10.Universitas Atma Jaya Yogyakarta
11.Universitas Islam Indonesia
12.Universitas Gajayana
13.Universitas Islam Malang
14.Universitas Ciputra
15.Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
16.Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
17.Univeritas Fajar
18.Universitas Muslim Indonesia
19.Universitas Bandar Lampung
20.Universitas Bina Darma
21.Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Syarat mendaftar Beasiswa OSC 2023 :

1. Memiliki motivasi yang kuat untuk kuliah
2. Siswa/i SMA/SMK/MA Sederajat kelas 3/XII yang akan lulus di 2024
3. Siswa/i SMA/SMK/MA Sederajat yang sudah lulus di 2022 dan 2023 tapi belum kuliah
4. Mengisi formulir data diri lengkap dan melakukan pembayaran registrasi sebesar Rp35.000 di website OSC.medcom.id
5. Follow akun sosial media Instagram @beasiswaosc @suryaedukasibangsa @medcomid
6. Tahun ini, peserta akan dikenakan biaya registrasi sebesar 35.000. Dimana peserta akan
7. mendapatkan 1 x free try out atau latihan soal. Selain itu, peserta juga dapat mengikuti program mentoring yang telah disediakan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pengalaman dan persiapan tes kepada peserta menjelang seleksi tahap pertama yakni online test, sehingga peserta memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan beasiswa OSC.

Jadwal dan Tahapan Seleksi Beasiswa OSC 2023

Peserta dapat mendaftar mulai hari ini, Senin 7 Agustus 2023 dan pendaftaran akan ditutup pada 1 November 2023. Setelah itu peserta akan mengikuti tiga tahapan seleksi di antaranya :

1. Online test : peserta akan mengerjakan soal ujian secara online di website osc
2. Seleksi berkas : peserta akan mengirimkan dokumen yang akan diseleksi secara langsung oleh universitas penyedia beasiswa
3. Final test : peserta akan mengikuti wawancara langsung dengan universitas
4. Pengumuman : Pengumuman pemenang akan kami laksanakan pada Desember 2023.

Hadiah Penerima Beasiswa OSC 2023

  • Bebas uang pangkal 100%*
  • Bebas uang semester selama 8 semester*
  • Tabungan Pendidikan untuk pemenang terbaik yang disediakan oleh BRI Peduli
  • Bantuan living cost untuk penerima terpilih
  • Kesempatan magang dan bekerja di jaringan Media Group

“Sebagai penutup, untuk siswa/i di Indonesia mari bulatkan tekad dan semangat untuk meraih cita-cita. Kami hadir bersama Universitas Mitra di Beasiswa OSC 2023, ada 418 beasiswa S1 full sampai dengan lulus silahkan mendaftar, berkompetisi dengan sehat untuk meraih cita-cita bersama Beasiswa OSC,” pungkas Indra. Untuk informasi lebih lanjut dapat di cek di website resmi Beasiswa OSC dan Instagram OSC :
1. Website : osc.medcom.id
2. Instagram : @beasiswaosc

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait