1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran Gelombang III Universitas Pertamina Hingga 19 Juli
Pendaftaran Gelombang III Universitas Pertamina Hingga 19 Juli

Pendaftaran Gelombang III Universitas Pertamina Hingga 19 Juli

Rating: 5.0 - out of 5stars
22 Juni 2016 1 Komentar
Penulis:

Universitas Pertamina masih menyisakan satu tahapan lagi, untuk proses penyaringan calon mahasiswa baru. Setelah pengumuman gelombang dua usai, bagaimana hasil ujian kalian? Masuk atau harus mengikuti pendaftaran gelombang ketiga?

Bagi kalian yang diharuskan mengikuti gelombang ketiga, tak perlu khawatir karena kalian masih memiliki kesempatan besar, untuk dapat menjadi angkatan pertama Universitas Pertamina.


Pendaftaran Gelombang II Universitas Pertamina Segera dibuka!

Pendaftaran gelombang III Universitas Pertamina dibuka mulai tanggal 20 Juni hingga 19 Juli 2016 mendatang. Caranya masih sama dengan periode sebelumnya, yakni dengan melakukan pendaftaran via online di http://www.pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/.

Ikuti langkahnya dan lakukan biaya pendaftaran ujian sebesar Rp 300.000,-. Kemudian pilih program studi mana yang diinginkan. Universitas pertamina memiliki 6 fakultas yang terdiri dari 16 program studi. Selengkapnya bisa cek disini.

Namun perhatikan ini ya, siswa SMA jurusan IPA dapat memilih 2 dari 15 Program Studi Universitas Pertamina (Sains, Teknik, dan Sosial). Siswa SMA jurusan IPS hanya dapat memilih 2 dari 4 Program Studi (Ilmu Ekonomi, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional). Sedangkan untuk siswa SMK/MA/Sederajat diharapkan dapat memilih jurusan yang sesuai dengan bidang atau program studi yang didaftar ya!

Nah setelah semua alur selesai, kini giliran ujian dilaksanakan. Ujian akan dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Juli 2016. Ujian kali ini berbeda dengan ujian gelombang kedua, dikarenakan ujian hanya dilaksanakan di Jakarta.  Sebelumnya ujian dilaksanakan di 8 kota meliputi, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Palembang, Balikpapan dan Makassar.

Lantas kapan pengumumannya?

Terkait dengan pengumuman juga kapan proses daftar ulang, akan diumumkan kembali oleh pihak Universitas. Saat proses daftar ulang nanti, para calon mahasiswa yang diterima diharapkan dapat memenuhi persyaratan yang diberikan. Salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi yakni dengan melakukan pembayaran biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan SPP.

Adapun besaran biaya pendidikan calon mahasiswa yang diterima melalui tes gelombang ketiga berbeda  dengan calon mahasiswa yang diterima saat tahap I dan II. Jika calon maba gelombang I dan II dikenakan biaya SPI senilai Rp 10 juta, maka beda halnya dengan calon maba gelombang tiga yang harus membayar Rp 20 juta (untuk satu kali pada saat mahasiswa masuk).

Universitas Pertamina Bebaskan Biaya Hingga 100 Persen

Sedangkan untuk SPP masih sama dengan gelombang pendaftaran lain, yakni Rp 10 juta untuk seluruh prodi. Biaya ini mencakup biaya sks, ujian, praktik, lab dan lain sebagainya. Sayangnya, bagi calon maba gelombang ketiga tidak dapat mengikuti beasiswa ekonomi yang diselenggarakan oleh Universitas Pertamina.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Adi on Ayo Kuliah

Universitas Pertamina memang oke! banyak yang mau daftar juga nih! nice info min!

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait