1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES Segera Ditutup!
Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES Segera Ditutup!

Pendaftaran Jalur Mandiri UNNES Segera Ditutup!

Rating: 0.0 - out of 5stars
08 Juni 2018 0 Komentar
Penulis:

Jalur Mandiri atau yang biasa disebut Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) merupakan seleksi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang, bukan dalam bentuk nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN. Pada seleksi mandiri, peserta diharuskan mengikuti ujian tulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga.

Bagi kamu yang tertarik masuk UNNES melalui jalur mandiri, yuk segera daftar. Pendaftaran SM-UNNES sendiri dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei dan ditutup tanggal 25 Juni 2018. Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui online di laman http://daftar.unnes.ac.id. Calon peserta dapat memilih salah satu kelompok ujian: Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum), atau Campuran (Saintek dan Soshum). Simak informasi lengkap pendaftaran jalur mandiri UNNES di bawah ini:

Persyaratan Umum:

  • Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2018, 2017, dan 2016 dibuktikan dengan ijazah.
  • Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa UNNES dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), Uang Pangkal (UP), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain

Persyaratan Khusus:

  • Khusus pendaftar Seleksi Mandiri UNNES 2018 yang juga melamar program Bidikmisi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagaimana tercantum dalam laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Baca: 8 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Tahun 2017

Pilihan Program Studi:

  • Peserta SM-UNNES 2018 berhak memilih maksimum 2 (dua) program studi untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan maksimum 3 (tiga) program studi untuk kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum).
  • Bagi peserta yang memilih kelas internasional hanya boleh memilih 2 (dua) program studi dari 13 (tiga belas) program studi yang tersedia, baik kelompok ujian Saintek maupun Soshum.
  • Kelompok ujian, daftar nama program studi, dan daya tampung dapat dilihat pada lampiran Pengumuman ini atau pada laman http://penerimaan.unnes.ac.id.

Biaya Pendaftaran:

Biaya pendaftaran dapat dibayar melalui BNI dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Biaya seleksi tersebut meliputi:

  • Biaya seleksi peserta SM-UNNES 2018 sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum, dan Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Campuran.
  • Bagi peserta yang memilih program studi yang mensyaratkan uji keterampilan seni/olahraga, membayar biaya uji keterampilan sebesar Rp 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
  • Biaya seleksi peserta SM-UNNES Kelas Internasional 2018 sebesar Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah) untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum.
  • Bagi peserta yang mengikuti ujian keterampilan olahraga, diwajibkan tes kesehatan di UNNES dengan membayar Rp 50.000,00 (lima puluh ribu rupiah) melalui Bank Tabungan Negara (BTN) nomor rekening 00013-01-30-000960-8 nama rekening RPL 026 BLU UNNES Untuk Biaya Layanan Pendidikan.

Prosedur Pendaftaran:

  1. Membuka laman http://daftar.unnes.ac.id.
  2. Menentukan skema SM-UNNES 2018 yaitu memilih SM-UNNES Tulis/Reguler atau SM-UNNES Kelas Internasional. Bagi peserta SM-UNNES Tulis/Reguler dapat mengajukan permohonan pembiayaan Bidikmisi, kecuali peserta SM-UNNES Kelas Internasional.
  3. Memilih kelompok ujian: Saintek, Soshum, atau Campuran.
  4. Mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) dan selanjutnya mencetak PIN untuk syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-UNNES 2018.
  5. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya seleksi dengan besaran sesuai dengan pilihan kelompok ujian. Pembayaran mulai tanggal 18 Mei s.d. 2 Juli 2018, dapat dilakukan melalui Bank Negara Indonesia (BNI 46) di seluruh Indonesia dengan kode pembayaran adalah PIN pendaftaran, pembayaran juga bisa melalui channel internet banking, dan/atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  6. Bagi calon peserta yang mendaftar melalui pembiayaan Bidikmisi harus memperoleh KAP dan PIN pendaftaran seleksi mandiri dari laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id untuk dapat dibebaskan dari pembayaran biaya seleksi.
  7. Setelah melakukan pembayaran biaya seleksi, login menggunakan username dan password pendaftar melalui laman http://daftar.unnes.ac.id untuk mengisi form:
    – Kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Uang Pangkal (UP)
    – Khusus pendaftar SM UNNES Kelas Internasional mengisi kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dengan kategori tertinggi dan Uang Pangkal (UP)
    – Mengunggah file pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm, berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB pada formulir yang telah tersedia.
    – Mencetak Kartu Tanda Peserta selambat-lambatnya tanggal 3 Juli 2018. Kartu Tanda Peserta dicetak rangkap dua: (1) untuk peserta; dan (2) diserahkan ke pengawas pada saat ujian tulis.

Pelaksanaan Ujian:

Ujian Tulis: Sabtu, 7 Juli 2018
Ujian Keterampilan dan Tes Kesehatan : Minggu, 8 Juli 2018.

Baca: Pendaftaran SM UNNES Jalur Prestasi 2018 Dibuka!

Yuk segera daftar dan ikuti proses seleksinya semaksimal mungkin. Semoga berhasil.

linecolor

    






Artikel Terkait