1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran Seleksi PMDK UNPAR Tahun 2019 Dibuka!
Pendaftaran Seleksi PMDK UNPAR Tahun 2019 Dibuka!

Pendaftaran Seleksi PMDK UNPAR Tahun 2019 Dibuka!

Rating: 1 - out of 5stars
07 September 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) membuka pendaftaran seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) tahun akademik 2019. Pendaftaran ini dilakukan secara online dengan membuka laman http://pmb.unpar.ac.id.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para siswa adalah sebagai berikut:

Persyaratan Umum:

  • Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan studi di UNPAR dan akan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa UNPAR apabila nanti dinyatakan lulus seleksi program PMDK dan lulus SMA;
  • Terdaftar sebagai siswa SMA kelas XII pada tahun ajaran 2018/2019;
  • Hanya memilih 1 (satu) program studi yang paling diminati dari daftar program studi yang tersedia di UNPAR (pendaftaran PMDK hanya dapat dilakukan satu kali);
  • Persyaratan Nilai Rapor:
    Nilai Mata Pelajaran di SMA kelas X sampai dengan kelas XI (nilai teori dan praktek) tidak kurang dari Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jika sekolah menerapkan kurikulum 2013, nilai akan dikonversi secara otomatis sesuai dengan perhitungan dari Kemendikbud atau nilai yang diinput adalah nilai yang telah dikonversi dalam skala 100 oleh sekolah.

Baca: Gelombang Beasiswa BINUS Dibuka, Dapatkan Bebas Biaya Masuk Hingga 100%

Persyaratan Khusus Program Studi;

  • Program Studi Arsitektur: mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Tidak Buta Warna, dibuktikan dengan mengupload Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata
  • Program Studi Ilmu Hubungan Internasional: uraian/motivasi/testimony di tulis dalam Bahasa Inggris
  • Kelengkapan Berkas Pendaftaran yang harus diupload meliputi:
    – Fotokopi rapor SMA kelas X dan kelas XI (semester 1 dan semester 2), yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah; legalisir raport yang diupload harus menunjukkan nilai yang sesuai dengan yang diinput oleh peserta
    – Surat keterangan Jurusan SMA (rekomendasi sekolah), yang menyatakan siswa ybs adalah benar siswa SMA ybs dan menyatakan jurusan SMA ybs.
    – untuk siswa yang bersekolah di sekolah Internasional, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang harus sudah memiliki penyetaraan Ijazah (setara SMA)
    – untuk siswa yang berijazah Paket C, jika dinyatakan lolos, pada saat daftar ulang diwajibkan menyerahkan legalisir ijazah beserta fotocopy raport kelas 1 s.d. kelas 3
  • Uraian/Motivasi “Mengapa saya memilih UNPAR, dan alasan ingin studi pada program studi yang dipilih”, ditulis tangan maksimal 500 kata dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris. Untuk pilihan program studi Ilmu Hubungan Internasional ditulis dalam Bahasa Inggris.
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata bagi siswa yang melamar ke program studi Teknik Kimia atau Teknik Elektro.
  • Hasil Gambar sesuai ketentuan yang diberikan (khusus pelamar program studi Arsitektur). Untuk hasil gambar dikirimkan ke; Panitia PMDK Universitas Katolik Parahyangan u.p. Admisi – Biro Administrasi Akademik / BAA (Gedung 0 lantai 3) Jl. Ciumbuleuit No. 94, Bandung 40141 selambat-lambatnya tanggal 5 Oktober 2018.

Ketentuan yang berlaku bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi program PMDK:

  • Melunasi 100% (seratus persen) kewajiban keuangan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dengan mengetahui bahwa dana yang telah dibayarkan tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun juga (sesuai dengan surat pernyataan di atas meterai).
  • Melakukan Registrasi Awal dan Pendaftaran Ulang sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Timeline pendaftaran:

  • Pendaftaran: 20 Agustus 2018 – 4 Oktober 2018 Pkl. 21.00
  • Upload Berkas Pendaftaran: 20 Agustus 2018 – 5 Oktober 2018 Pkl. 20.00
  • Pengiriman Hasil Gambar (untuk Program Studi Arsitektur): 20 Agustus 2018 – 5 Oktober 2018
  • Pengumuman: 19 Oktober 2018 – 19 Oktober 2018.

Baca: Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa OSC 2018

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait