1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SIMAK S1 Ekstensi & Paralel Lulusan D3 Universitas Indonesia Dibuka!
Pendaftaran SIMAK S1 Ekstensi & Paralel Lulusan D3 Universitas Indonesia Dibuka!

Pendaftaran SIMAK S1 Ekstensi & Paralel Lulusan D3 Universitas Indonesia Dibuka!

Rating: 3.0 - out of 5stars
21 Juni 2017 1 Komentar
Penulis:

Rangkaian pendaftaran Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK-UI) tahun 2017 telah mencapai titik akhir. Diketahui, UI telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan pendaftaran mahasiswa baru (PMB) seperti Jalur Undangan, SNMPTN, SBMPTN, serta SIMAK UI yang dilaksanakan secara pribadi. Sayangnya khusus untuk tahun ini, UI tidak membuka jalur SIMAK bagi S1 Reguler, namun hanya membuka SIMAK khusus jenjang Vokasi (D3), Sarjana (S1) Kelas Internasional, Sarjana Ekstensi, Profesi, Magister, Spesialis, dan Doktoral (S3) saja.

Untuk SIMAK, UI sudah menjalankan proses seleksiĀ untuk kelas Vokasi, Sarjana Kelas Paralel dan Kelas Internasional, dan sudah mendapatkan nama-nama calon mahasiswa barunya. SIMAK UI jenjang ini sudah diumumkan pada tanggal 16 Juni kemarin. Total sebanyak 1.569 orang diterima dari 18.026 peserta SIMAK UI jalur ini.

Baca: Lakukan Hal Ini Setelah Dinyatakan Diterima SIMAK UI!

Setelah pengumuman berakhir, kini SIMAK UI membuka kembali pendaftaran khusus kelas S1 Ekstensi & Paralel lulusan D3. Sebelum masuk ke prosedur pendaftaran, jadwal juga prodi apa saja yang dibuka, yuk cari tau dulu apa itu sarjana ekstensi dan paralel.

Program Sarjana Ekstensi

Program ini ditujukan bagi lulusan D3 dari berbagai Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT, sudah mempunyai pengalaman bekerja, dan berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Di sini, tidak ada persyaratan batas usia bagi calon mahasiswa. Adapun jadwal perkuliahan dilakukan pada malam hari (Senin-Jum’at) dan hari sabtu, sehingga tidak mengganggu waktu bekerja.

Program Sarjana Paralel

Kelas Paralel ini ditujukan untuk lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana. Namun, pada program ini calon mahasiswa dapat melakukan transfer kredit dari pendidikan yang telah dijalani sebelumnya. Lalu, sama halnya dengan Sarjana Ekstensi, tidak ada persyaratan batas usia bagi calon mahasiswa. Perkuliahanpun umumnya dilaksanakan pada malam hari.

Kedua program ini sama-sama memudahkan para lulusan D3 untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Selain itu, dari sisi waktu lebih fleksibel dan tidak bentrok dengan jadwal bekerja.

Baca: Kesempatan Terakhir, UGM Buka UTUL Gelombang II Vokasi!

Lantas apa bedanya?

Bedanya ada pada Program Studi yang dapat diambil. Mahasiswa S1 Paralel hanya bisa mengambil program studi: Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi & Material, Teknik Sipil, Sistem Informasi, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Niaga.

Sedangkan untuk S1 Ekstensi, hanya dapat mengambil prodi: Akuntansi, Manajemen, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan. Biaya kuliah keduanya pun berbeda, dengan komponen biaya pendidikan terdiri dari Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang dibayarkan tiap semester dan Dana Pengembangan (DP) yang dibayarkan hanya pada saat pertama diterima. Informasi lengkap terkait biaya kuliah silakan kunjungi laman http://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html.

Sudah menentukan pilihan? Yuk daftar!.

Baca: Biaya Kuliah di UI Mulai 0 Rupiah?

Berikut prosedur pendaftarannya:

  1. Buat account baru di http://penerimaan.ui.ac.id/.
  2. Setelah login, upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400×600 pixel.
  3. Selanjutnya, pilih jurusan (max 1 pilihan), isi formulir pendaftaran secara online dan dapatkan nomor pendaftaran.
  4. Upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan, klik verfifikasi pendaftaran.
  5. Melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller menggunakan 9 digit nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Biaya pendaftaran untuk Program S1 Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3 adalah sebesar Rp. 500.000.
    Pembayaran dapat dilakukan melalui:
    ATM / Teller Bank BNI
    ATM atau Internet Banking Bank Permata
    ATM, Self service terminal, dan teller Bank CIMB Niaga
    ATM Bank Bukopin
    Teller Bank BTN
    ATM / Teller / Internet Bangking Bank Mandiri
    Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.
    Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  6. Setelah itu, pendaftar akan mendapatkan nomor ujian dan kartu peserta ujian yang dapat dicetak berwarna secara mandiri untuk digunakan pada waktu pelaksanaan ujian saringan.
  7. Mengikuti ujian saringan yang diadakan oleh Universitas Indonesia sesuai jadwal dan materi yang telah ditetapkan dengan membawa kartu peserta ujian yang telah dicetak secara online dan identitas diri yang digunakan ketika melaksanakan pendaftaran secara online. (Catatan: pendaftar memasukkan nomor identitas diri ketika melakukan pendaftaran secara online).
  8. Mengikuti ujian kekhususan yang diadakan oleh program studi yang dipilih peserta (jika program studi tersebut mensyaratkan ujian kekhususan).
  9. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

Sebelum mengikuti tes, usahakan melakukan survei lokasi terlebih dahulu. Ini akan membuatmu lebih siap saat hari H tes berlangsung. Lalu, bawa alat tulis dan kelengkapan dokumen saat ujian. Jangan lupa sarapan terlebih dahulu.

Ini adalah waktu dan materi ujian yang harus diperhatikan:

07:00 – 07:30 WIB = Pengisian Data
07:30 – 09:30 WIB = Pengukuran Kemampuan Akademik (120 menit)
09:30 – 10:15 WIB = Istirahat (45 menit)
10:15 – 10:30 WIB = Pengisian Data
10:30 – 12:00 WIB = Bahasa Inggris (90 menit)

Baca: Universitas Indonesia Gunakan Dua Jalur PMB 2017!

Jadwal SIMAK UI S1 Ekstensi & Paralel D3:

Pendaftaran secara online (mengisi formulir pendaftaran): 19 Juni 2017 jam 08.00 – 14 Juli 2017 jam 23.59

Upload dokumen persyaratan pendaftaran: 19 Juni 2017 jam 00.00 – 14 Juli 2017 jam 23.59

Pembayaran biaya pendaftaran: 19 Juni 2017 jam 00.00 – 14 Juli 2017 jam 23.59

Cetakan kartu tanda peserta: 03 – 14 Juli 2017

Ujian saringan masuk: 23 Juli 2017

Pengumuman hasil seleksi masuk: 31 Juli 2017

Yuk semangat coba daftar program ini, jangan sampai ketinggalan.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Nur syofa lira dalimunthe on Ayo Kuliah
SKL atau Ijazah

Kak, kalau pakai SKL buat daftar jalur d3 UI bisa ga? Soalnya baru mau tamat tahun ini kak...

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait