1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SM UNNES Jalur Prestasi 2018 Dibuka!
Pendaftaran SM UNNES Jalur Prestasi 2018 Dibuka!

Pendaftaran SM UNNES Jalur Prestasi 2018 Dibuka!

Rating: 1 - out of 5stars
14 Februari 2018 0 Komentar
Penulis:

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM-UNNES) Jalur Prestasi. Jalur ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru UNNES, dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi akademik maupun non-akademik di berbagai bidang. Pendaftaran SM-UNNES dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Februari – 1 April 2018.

Persyaratan Umum:

  • Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2018 duduk di kelas XII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  • Sanggup mematuhi Etika dan Tata Tertib Mahasiswa Universitas Negeri Semarang serta memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa UNNES, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) kelompok I atau II (rendah), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

Persyaratan Khusus

  1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan:
    – Juara I, II, atau III (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    – Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    – Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga. Contoh: hafal Alquran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya.
    – Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada angka 1, 2, dan 3 harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.
    – Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara olahraga nomor perseorangan untuk beladiri, tennis lapangan, tennis meja, bulutangkis, panahan, atletik, dan renang yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud atau Kemristekdikti dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi olahraga.
    – Juara/prestasi seni yang diakui adalah juara untuk bidang musik (perseorangan/kelompok), vokal tunggal, tari (perseorangan atau kelompok maksimal 2 orang), teater (kelompok maksimal 6 orang), penulisan puisi (perorangan), baca puisi (perorangan), karawitan/musik tradisi (kelompok maksimal 6 orang), nembang macapat (perorangan), seni lukis (perorangan), seni kriya (perseorangan), komik (perseorangan), poster (perorangan), batik (perorangan) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemristekdikti, atau Kemenag.
    – Juara olimpiade bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemristekdikti, atau Kemenag.
    – Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag atau Kemdikbud.
  2. Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA)
  3. Lulus tes khusus (wawancara)

Baca: UNY Buka PMB Jalur SNMPTN, SBMPTN Dan Seleksi Mandiri 2018!

Prosedur pendaftaran:

  • Calon peserta menyiapkan: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/KK); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam yang diperoleh;
  • Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk upload pas foto diri, upload surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan upload bukti prestasi yang dimiliki;
  • Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-UNNES Jalur Prestasi;
  • Hasil seleksi administrasi (tahap I) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 10 April;
  • Peserta harus hadir dalam Tes Bahasa Inggris ,Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Khusus (Wawancara) pada tanggal 21 April 2018 dengan membawa bukti dokumen Asli dan fotokopi sebagaimana yang diminta pada saat pengisian borang pendaftaran;
  • Hasil seleksi Ujian Tulis dan Tes Khusus Wawancara (tahap II/akhir) diumumkan di laman pendaftaran pada tanggal 30 April 2018;
  • Pemalsuan/kecurangan pengisian borang dan dokumen akan berakibat pembatalan status sebagai peserta SM-UNNES Jalur Prestasi dan implikasi hukum selanjutnya.

Keuntungan bagi peserta yang diterima:

  • Peserta peraih peringkat I olimpiade (Sains, Matematika, dan TIK) tingkat Provinsi berdasarkan penilaian panitia penguji, diterima sebagai calon mahasiswa baru, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok I/terendah per semester dan/atau mendapat beasiswa.
  • Peserta peraih peringkat I olimpiade bidang studi (Sains, Matematika, dan TIK) tingkat Kabupaten/Kota berdasarkan penilaian panitia penguji, dipertimbangkan untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok II per semester.
  • Peserta peraih juara I dalam bidang olah raga, seni, dan lomba bidang keagamaan tingkat Kabupaten/Kota berdasarkan penilaian panitia penguji, dipertimbangkan untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus, dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok II per semester.
  • Bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau memiliki kemampuan luar biasa berdasarkan penilaian panitia penguji, diterima dan diberi keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Kelompok II per semester dan/atau mendapat beasiswa.
  • Lulus Ujian Tulis Test Potensi Akademik (TPA) dan Test Bahasa Inggris.

Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman ini.

Baca: Ini Dia Jalur Masuk UI Tahun 2018!

 

Sumber :  AyoKuliah.id

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait