1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Pendaftaran SM UPI Dibuka Hingga 30 Juni 2017
Pendaftaran SM UPI Dibuka Hingga 30 Juni 2017

Pendaftaran SM UPI Dibuka Hingga 30 Juni 2017

Rating: 1 - out of 5stars
11 Mei 2017 0 Komentar
Penulis:

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka tiga jalur pendaftaran masuk di tahun 2017, diantaranya SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM). Adapun total mahasiswa baru yang diterima sebanyak 6.300 orang. UPI memberlakukan daya tampung dengan persentase sebesar 1.897 siswa di jalur SNMPTN (30 persen), 2.520 siswa jalur SBMPTN (40 persen), dan sisanya sebanyak 1.883 kursi dipersiapkan di jalur SM atau berjumlah 30 persen dari total yang diterima.

Namun ada yang berbeda dengan SM yang digelar tahun ini, yakni UPI mewajibkan siswa yang ikut SM harus ikut SBMPTN lebih dahulu.


“Untuk jalur seleksi mandiri, proses seleksinya berdasarkan data hasil SBMPTN. Sehingga pendaftar jalur mandiri wajib mengikuti SBMPTN,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Asep Kadarohman, Jumat 28 April 2017.

Baca juga: Jadwal PMB 2017 Lengkap Di Berbagai Universitas!

Menurut Asep, tidak ada seleksi tertulis seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan tes praktik dan wawancara pun hanya perlu dijalani jika pada SBMPTN, calon mahasiswa belum mengikuti. Itu pun diberlakukan hanya untuk program studi olah raga dan seni.

Asep menambahkan, hal itu berdasarkan ketentuan dari Peraturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 126 tahun 2016 yang menyebutkan seleksi hanya dengan memanfaatkan nilai hasil tes SBMPTN. Selain itu, persyaratan, metode, tata cara, dan kriteria seleksi ditentukan oleh perguruan tinggi masing-masing.

Jadwal Pendaftaran SM UPI

SM UPI 2017 ini telah dibuka pada 1 Mei – 30 Juni 2017. Sedangkan untuk tes wawancara yang diperuntukkan bagi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), dan ujian keterampilan, akan diselenggarakan pada 4 – 5 Juli 2017. Pengumuman hasil SM dijadwalkan pada 15 Juli 2017.

Registrasi Ulang

Kepala Hubungan Masyarakat UPI Yuliawan Kasmahidayat menambahkan, sebanyak 1.897 mahasiswa UPI yang diterima melalui jalur SNMPTN wajib melakukan pemutakhiran biodata secara daring pada laman pmb.upi.edu. Setelah itu, mereka wajib mengikuti tahapan registrasi administrasi dan akademik. Verifikasi data dan registrasi akademik akan dilakukan di kampus daerah pada 16 – 18 Mei 2017.

Yuliawan menyebutkan pada 16 Mei 2017, mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN tersebut akan mengikuti pengarahan akademik di Gedung Gymnasium UPI. Pertemuan ini pun sifatnya wajib.

“Apabila calon mahasiswa tidak hadir pada tanggal yang telah ditetapkan, maka yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri,” ucapnya.

Yuliawan juga menyampaikan, di jalur SNMPTN, UPI menerima calon mahasiswa baru melalui program Bidikmisi. Pada 2017, di jalur SNMPTN, sebanyak 395 orang dinyatakan lulus. Peserta yang lulus tersebut, akan melalui verifikasi sebelum dinyatakan diterima sebagai mahasiswa bidikmisi berupa surat keputusan Rektor.

Baca juga: Jadwal Ujian Tulis (UTUL) UGM Tahun Ajaran 2017/2018

Untuk seleksi mandiri, ada syarat-syarat khusus yang dibebankan pada calon peserta seleksi. Bagi pendaftar yang memilih Program Studi International Program on Science Education (IPSE) harus mampu berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan melampirkan sertifikat TOEFL atau perkuliahan yang diselenggarakan dalam bahasa Inggris. Sedangkan bagi pendaftar yang memilih program studi Ilmu Pendidikan Agama Islam harus memiliki kemampuan membaca Al-Quran dan pernah belajar Bahasa Arab.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait