1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2019
Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2019

Penerimaan Mahasiswa Baru UII 2019

Rating: 5.0 - out of 5stars
29 Mei 2019 2 Komentar
Penulis:

Universitas Islam Indonesia (UII) membuka penerimaan mahasiswa baru dengan berbagai pola seleksi. Upaya ini diambil sebagai cara untuk menjaring calon mahasiswa terbaik dengan kompetensi yang memadai. Nah, bagi kamu yang tertarik masuk, silakan cek pola seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka.

POLA SELEKSI

Proses seleksi PMB UII tahun akademik 2019/2020 secara umum mengikuti 4 (empat) pola seleksi, yaitu:

  • Computer Based Test (CBT), yaitu pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik yang dilaksanakan di Kampus Terpadu UII maupun beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII. Seleksi CBT di luar Kampus Terpadu UII diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra UII sebagai penyelenggara seleksi CBT.
  • Paper Based Test (PBT), yaitu pola seleksi tes tertulis yang terdiri atas pola PBT Mandiri dan PBT Potensi. Pola seleksi PBT diselenggarakan di Kampus Terpadu UII.
  • Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), yaitu pola seleksi yang dilakukan untuk memberi kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di bidang akademik, olah raga, seni, dan budaya untuk masuk menjadi mahasiswa UII tanpa melalui ujian tertulis. Proses seleksi ini juga ditawarkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari daerah tertinggal, terluar dan terdepan (3T) dan/atau berlatar belakang dari keluarga kurang mampu (duafa) dan memerlukan bantuan biaya pendidikan dan memiliki prestasi akademik yang tinggi untuk menjadi mahasiswa UII.
  • Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), yaitu pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Alquran minimal 10 juz.

Baca: 35 Mahasiswa UI Terima Beasiswa Daewoong Foundation Senilai Rp14Juta

Keempat pola seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut diberlakukan untuk semua program studi D3 dan S1 yang ditawarkan di UII. Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi melalui CBT, PBT, PSB, atau PHA dan (2) seleksi tahap dua berupa ujian komprehensif.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 2 reviews
by okta on Ayo Kuliah
saya ingin kuliah di UII

Cita-cita saya dari dulu ingin kuliah di UII, semoga terwujud di tahun ini

by Wendi angelia girsang on Ayo Kuliah
Sumatera utara

Ingin membantu masyarakat

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait