1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Penilaian Seleksi Mandiri ITB Gunakan Hasil UTBK
Penilaian Seleksi Mandiri ITB Gunakan Hasil UTBK

Penilaian Seleksi Mandiri ITB Gunakan Hasil UTBK

Rating: 1 - out of 5stars
14 Maret 2019 0 Komentar
Penulis:

Apakah kamu tertarik masuk di Institut Teknologi Bandung (ITB)? Jika iya, kamu bisa mencoba tiga jalur seleksi masuk yakni SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri (SM-ITB). Adapun kuota masing-masing jalur dibagi untuk Fakultas atau Sekolah non Fakultas Seni Rupa dan Desain (F/S Non FSRD) serta Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Totalnya untuk F/S Non FSRD sekitar SNMPTN (40%), SBMPTN (40%) dan SM-ITB (20%). Sedangkan untuk FSRD sekitar SNMPTN (30%), SBMPTN (40%), SM-ITB (30%). Sudah menentukan jalur mana yang akan kamu ambil?

Untuk jalur SNMPTN, proses penerimaan saat ini sedang berlangsung dan tinggal menunggu pengumuman. Sedangkan jalur SBMPTN dan SM-ITB akan dibuka bulan Juni mendatang. Bagi kamu yang ingin masuk di jalur SBMPTN atau SM-ITB wajib ikut tes UTBK terlebih dahulu. Pendaftaran tes UTBK sudah dibuka, segeralah mendaftar!

Baca: Peserta UTUL UGM Wajib Ikut Ujian UTBK Terlebih Dahulu!

Jika SBMPTN dilakukan secara nasional, maka SM-ITB dilakukan secara mandiri oleh kampus. SM-ITB dibuka dengan pola penerimaan menggunakan hasil UTBK 2019. Adapun komponen penilaian lain adalah:

  • Hasil UTBK, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah non FSRD
  • Hasil UTBK, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri, hasil Tes Keterampilan, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD

Untuk persyaratannya adalah sebagai berikut

  • Kamu memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
  • Memiliki data prestasi akademik yang tercatat di Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dan/atau mengikuti SBMPTN tahun 2019 (memiliki nilai UTBK).
  • Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2019.
  • Khusus untuk pendaftar ke FSRD harus mengikuti Tes Keterampilan.
  • Lulusan tahun 2017 dan 2018 dapat mendaftar SM-ITB asalkan mengikuti SBMPTN tahun 2019.

Biaya seleksi

  • Fakultas atau Sekolah non FSRD sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
  • Biaya seleksi untuk pendaftar ke FSRD sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Biaya ini termasuk untuk Tes Keterampilan.
  • Tata cara pembayaran akan disampaikan kemudian pada laman http://usm.itb.ac.id
  • Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Baca: UNY Gelar Seleksi Mandiri Berbasis Skor UTBK 2019

Pendaftaran SM-ITB dilakukan sepenuhnya secara online melalui laman http://usm.itb.ac.id. Pendaftaran akan dibuka mulai 15 Juni – 12 Juni 2019. Kemudian tes keterampilan pada tanggal 13 – 14 Juli 2019 di Kampus ITB. Pengumumannya dilaksanakan tanggal 18 Juli 2019. Selamat mencoba!

Sumber http://usm.itb.ac.id

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait