1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. PMB One Day Service Semakin Cepat Dan Praktis
PMB One Day Service Semakin Cepat Dan Praktis

PMB One Day Service Semakin Cepat Dan Praktis

Rating: 1 - out of 5stars
13 Februari 2019 0 Komentar
Penulis:

Semakin berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun memudahkan proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). Apalagi dengan adanya teknologi one day service. Apakah kamu sudah pernah mendengar PMB one day service? Apakah sistem PMB seperti ini lebih cepat dan praktis? Yuk kita pelajari sistem PMB ini lebih dalam lagi.

Pendaftaran PMB one day service merupakan sistem penerimaan mahasiswa baru yang bisa dilakukan sekaligus. Dalam satu hari kamu bisa melakukan pendaftaran, tes atau nilai rapor, pengumuman. Proses ini tidak memakan banyak waktu dan relatif praktis untuk diikuti. Meski begitu, one day service ini lebih banyak digunakan pada proses seleksi masuk di perguruan tinggi swasta. Namun tidak semua perguruan tinggi swasta sudah telah menerapkan sistim ini.

Bagi kamu yang berminat mengikuti one day service, pastikan sudah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar. Jangan lupa untuk membawa berkas pendaftaran, dokumen asli seperti rapor, identitas diri, sertifikat pendukung dan dokumen pendukung lain. Masing-masing perguruan tinggi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Kamu juga perlu mempersiapkan uang pendaftaran untuk dibayarkan melalui panitia PMB atau teller bank yang ditentukan. Besaran biaya pendaftaran juga bergantung perguruan tinggi yang dituju.

Pengalaman Ikut Seleksi One Day Service di Universitas Semarang (USM)

Pengalaman ikut seleksi one day service di Universitas Semarang sangatlah cepat. Hasil bisa dilihat sore hari setelah mengikuti jalannya seleksi.

Pertama adalah mendaftar di loket pendaftaran USM. Setelah itu mengisi formulir dengan lengkap dan benar. Kamu juga harus mengisi pilihan program studi yang diinginkan. Terdapat tiga pilihan program studi yang bisa dipilih. Urutan pilihan program studi menentukkan prodi terfavorit yang kamu inginkan. Sembari mengisi formulir, kamu dapat melakukan pembayaran biaya pendaftar kurang lebih 200 ribu. Setelah lengkap kamu dapat mengembalikan formulir dan menyerahkan bukti pembayaran.

Baca: Pendaftar SBMPTN 2019 Wajib Ikut UTBK Lebih Dulu

Panitia PMB akan memintamu menunggu panggilan masuk untuk tes tertulis. Tes berlangsung kurang lebih 60 menit. Tes meliputi tes potensi akademik (TPA) dan pengetahuan dasar. Ikuti tes dengan penuh percaya diri dan tenang, ya!

Setelah tes, kamu dipersilakan menunggu kembali. Tidak lama kemudian kamu bisa melihat daftar peserta lolos atau tidak di papan pengumuman. Hore, selamat kamu lolos di USM!

Setelah resmi dinyatakan lolos, kamu diberikan jadwal untuk registrasi ulang dan tes kesehatan. Daftar perguruan tinggi mudah sekali kan?

Baca: Ingin Masuk Politeknik Negeri Tanpa Tes? Ikut Jalur PMDK-PN Aja Yuk!

Nah, selain USM masih ada banyak perguruan tinggi swasta yang membuka sistem one day service. Diantaranya:

  • Jawa Tengah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
  • Jawa Barat – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)
  • DIY – Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogya)
  • Jawa Tengah – Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS Semarang)

Masih ada banyak perguruan tinggi yang membuka seleksi ini. Yuk simak informasinya di https://ayokuliah.id/artikel/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru/

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait