1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. SIMAK UI Jalur S1 Reguler Ditiadakan, Ini Gantinya!
SIMAK UI Jalur S1 Reguler Ditiadakan, Ini Gantinya!

SIMAK UI Jalur S1 Reguler Ditiadakan, Ini Gantinya!

Rating: 1 - out of 5stars
24 Januari 2017 0 Komentar
Penulis:

Ada yang berbeda dengan pendaftaran Universitas Indonesia jalur S1 Reguler tahun ini. Jika sebelumnya UI menyelenggarakan tiga jalur, SNMPTN, SBMPTN dan SIMAK UI. Tahun 2017, jalur S1 reguler hanya menggunakan dua jalur, yakni SNMPTN dan SBMPTN.

SIMAK UI Ditiadakan?

SIMAK UI (Seleksi Masuk UI) merupakan ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan pihak universitas untuk menyaring calon mahasiswa baru.

Untuk tahun ini, SIMAK UI tetap diadakan namun hanya untuk jalur S1 Paralel, S1 KKI (Internasional), dan D3 Vokasi saja. Sedangkan jalur S1 Reguler digantikan dengan jalur SBMPTN. Jadi bagi kamu calon mahasiswa S1 Reguler silakan daftar melalui SBMPTN.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran Online SBMPTN 2017!

Dikarenakan ditiadakannya SIMAK UI untuk jalur S1 Reguler maka kuota SBMPTN 2017 otomatis bertambah. Kuota SNMPTN 2017 sebanyak 30 persen dan SBMPTN meningkat menjadi 70 persen. Menguntungkan buat kamu?

“Kuota penerimaan program S 1 reguler 2017, SNMPTN 30 persen dan SBMPTN 70 persen,” ujar Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti sebagaimana dilansir dari Okezone, Senin (16/1/2017).

Sebenarnya keputusan UI untuk menambah kuota SBMPTN dirasa cukup menguntungkan banyak pihak. Pasalnya bagi kamu yang diterima melalui jalur SBMPTN maka akan mendapatkan keringanan biaya kuliah. UI biasa menyebut sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB).

“BOPB adalah subsidi pendidikan dari UI khusus jenjang S1 reguler, dengan maksimal semesteran Rp 5 juta untuk prodi IPS dan Rp 7,5 juta untuk prodi IPA, sedangkan uang pangkal digratiskan,” terangnya.

Baca juga: Informasi Lengkap Pendaftaran SNMPTN 2017!

Sebagai informasi, saat ini seleksi masuk jalur SNMPTN dan SBMPTN resmi diluncurkan. Kamu bisa mulai mendaftar SNMPTN pada tanggal 21 Februari hingga 6 Maret mendatang. Sedangkan untuk jalur SBMPTN bisa mulai kamu daftar tanggal 11 April 2017 hingga 5 Mei 2017. Namun untuk pendaftaran SBMPTN CBT akan ditutup apabila kuota terpenuhi.

Semangat calon mahasiswa baru!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait