1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!
Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!

Tahap Pertama SNMPTN Resmi Dibuka!

Rating: 1 - out of 5stars
18 Januari 2016 0 Komentar
Penulis:

Hari ini, 18 Januari 2016, para calon mahasiswa baru yang tengah berburu kursi di perguruan tinggi negeri idaman sedang harap-harap cemas menunggu portal SNMPTN dibuka. Ya, hari ini merupakan hari dimana tahap pertama proses seleksi SNMPTN dapat dilakukan.

Adapun proses pertama yang harus dilewati yakni tahap pendaftaran sekolah dan peserta di sistim (Pangkalan data sekolah dan siswa). PDSS ini merupakan aplikasi yang berisi tentang database sekolah dan siswa pendaftar SNMPTN. Nantinya pihak sekolah akan mengisikan data diri dan prestasi sang calon peserta yang dinilai memenuhi persyaratan. Silakan akses laman https://pdss.snmptn.ac.id/ untuk melanjutkan proses pendaftaran.


Namun, tidak semua sekolah dapat mendaftarkan para siswanya. Setiap sekolah hanya memiliki kapasitas mendaftar sesuai dengan akreditasi, yakni 75 persen untuk sekolah akreditasi A, 50 persen untuk sekolah terakreditasi B, lalu 20 persen untuk sekolah akreditasi C, dan sekolah dengan status akreditasi lainnya hanya 10 persen.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2018 Dibuka, Ini Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi!

Selain itu, salah satu syarat sekolah yang berhak mengikuti SNMPTN 2016, adalah SMA/MA/SMK negeri maupun swasta yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah mengikuti tahap PDSS secara benar dan lengkap.

Kemudian, syarat bagi siswa adalah memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan telah terdaftar di PDSS. Lalu memiliki nilai rapor dari semester satu hingga lima (bagi SMA/MA/SMAK tiga tahun) atau nilai rapor semester satu sampai tujuh (bagi SMK empat tahun yang telah diisikan di PDSS). Sudah lengkap semuanya?

Berikut adalah jadwal kegiatan PDSS, meliputi:

  • Pendaftaran sekolah di PDSS
  • Periode pengisian dan perbaikan data nilai rapor
  • Periode verifikasi nilai rapor oleh sekolah
  • Periode verifikasi nilai rapor oleh siswa

Kegiatan mulai dilakukan pada tanggal 18 – 20 Februari 2016, dan berakhir pada pukul 23:59 WIB.

PDSS merupakan langkah awal pendaftaran SNMPTN 2016, jadi jangan sampai terlewatkan. Pastikan pula data yang diisikan dalam PDSS sesuai dengan keadaan, karena data yang kamu input, menentukan seleksi selanjutnya.

Baca: Jadwal Penting Pelaksanaan SBMPTN 2018!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait