1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Tidak Memilih Prodi Di UB Saat SBMPTN? Tetap Bisa Ikut Selma UB 2018
Tidak Memilih Prodi Di UB Saat SBMPTN? Tetap Bisa Ikut Selma UB 2018

Tidak Memilih Prodi Di UB Saat SBMPTN? Tetap Bisa Ikut Selma UB 2018

Rating: 4.0 - out of 5stars
27 Februari 2018 1 Komentar
Penulis:

Universitas Brawijaya (UB) siap memulai pendaftaran jalur masuk mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Ada beberapa jalur yang dibuka, seperti SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri (Selma) UB 2018, Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD), dan Seleksi Mandiri Pendidikan Vokasi (SMPV).

Untuk tahap pertama, UB akan menerima calon mahasiswa melalui SNMPTN yang dibuka hingga Maret mendatang. Bagi kalian yang sudah mendaftar SNMPTN, tunggu jadwal pengumumannya ya.

Nah, setelah proses SNMPTN, maka UB akan membuka pendaftaran SBMPTN. Meski sama-sama bersifat nasional, namun SBMPTN mengharuskan kalian mengikuti tes tertulis maupun keterampilan (khusus bagi prodi tertentu). Menariknya lagi, kalian yang mengikuti SBMPTN, maka tetap dapat mengikuti Selma UB 2018.

Baca: Proses Seleksi “SM UNS” Gunakan Nilai SBMPTN 2018!

Hal ini lantaran, Selma UB 2018 mengharuskan calon mahasiswa mengikuti SBMPTN terlebih dahulu. Nantinya, kalian tidak perlu mengikuti tes baik Ujian Tulis Berbasis Cetak maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer. Seleksi ini berdasarkan nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2018.

Lantas bagaimana jika saat SBMPTN tidak memilih prodi yang ada di UB?

Tidak masalah, karena menurut syarat dan ketentuan yang diberikan UB menyatakan bahwa “Peserta ujian SBMPTN yang sebelumnya tidak memilih Program Studi di UB tetap bisa mengikuti Seleksi Mandiri UB 2018”.

Adapun persyaratan lain yakni:

  1. Calon peserta yang mengikuti Seleksi Mandiri UB 2018 adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2016, 2017 dan 2018 dan WAJIB mengikuti ujian SBMPTN 2018 (UTBC/UTBK).
  2. Persyaratan calon peserta yang boleh mengikuti Seleksi Mandiri UB mengikuti ketentuan sebagai berikut:
    – Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
    – Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2018 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah atau Ijasah Paket C. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah.
    – Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
  3. Kelompok ujian Seleksi Mandiri UB 2018 hanya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Kelompok Ujian Saintek dan Kelompok Ujian Soshum.
  4. Peserta dapat memilih program studi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada ujian SBMPTN dengan ketentuan sebagai berikut :
    – Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Saintek di SBMPTN hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek
    – Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Soshum di SBMPTN hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Soshum
    – Peserta yang mengikuti ujian pada Kelompok Ujian Campuran di SBMPTN dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek atau Soshum
  5. Peserta hanya dapat memilih 2 (dua) Program Studi yang ada di UB

Sayangnya, UB belum menginformasikan lebih lanjut tentang jadwal dan mekanisme pendaftaran Selma UB 2018. Untuk saat ini, informasi lengkap dapat dilihat di laman https://selma.ub.ac.id/spmk/.

Baca: Calon Maba UNAIR Jalur Mandiri Wajib Ikut Tes SBMPTN Terlebih Dahulu!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Ahmad Ryan Pebrie on Ayo Kuliah
Pekanbaru riau

Masih bisa daftar nggak?

Mohon maff pendaftaran sudah ditutup kak

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait