1. Beranda
  2. Artikel
  3. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru
  4. Peserta UTUL UGM Wajib Ikut Ujian UTBK Terlebih Dahulu!
Peserta UTUL UGM Wajib Ikut Ujian UTBK Terlebih Dahulu!

Peserta UTUL UGM Wajib Ikut Ujian UTBK Terlebih Dahulu!

Rating: 5.0 - out of 5stars
11 Maret 2019 1 Komentar
Penulis:

Apakah kamu tertarik mengikuti Ujian Tulis Universitas Gadjah Mada (UTUL UGM)? Jika kamu tertarik ikut, maka pihak UGM mewajibkan kamu ikut ujian UTBK terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan penilaian UTUL UGM menggunakan kombinasi nilai UTBK dan ujian tulis itu sendiri. Jadi wajib daftar keduanya ya!

Khusus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), UGM menyediakan sebanyak 33.560 kursi tes. UTBK sendiri dapat diikuti hingga dua kali tes. Menariknya, kamu bisa memilih sendiri jadwal tes serta waktu yang sesuai dengan kondisimu probadi. Kamu juga dapat memilih lokasi terdekat!

Berikut jadwal pendaftaran UTBK Gelombang I dan Gelombang II. Selain untuk mendaftar UTUL UGM, UTBK ini digunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019.

Pastikan kamu memilih program studi yang sesuai dengan kelompok ujian ya. Wajib pula memilih kelompok ujian yang sama saat UTUL juga ya!

Baca: UNY Gelar Seleksi Mandiri Berbasis Skor UTBK 2019

Persyaratan Mendaftar

Syarat Umum

  • Warga Negara Indonesia
  • Pendaftar adalah lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat, atau paket C tahun 2018, 2017, dan 2016.
  • Semua yang mendaftar memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

Syarat Khusus

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.
  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah. Pada proses pendaftaran online, SKL belum diperlukan; tetapi pada saat mengikuti ujian tulis, peserta wajib membawa SKL.
  • Ikut serta di ujian tulis UTBK 2019.

Prosedur Pendaftaran

  • Kamu harus membuat akun pendaftaran melalui laman http://um.ugm.ac.id/admisi dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara online. Bagi pendaftar jalur UTUL UGM berhak untuk memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma, urutan pilihan menunjukkan skala prioritas.
  • Mengisi biodata dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan, kemudian mengunci data untuk memperoleh kode pembayaran.
  • Membayar biaya pendaftaran melalui sistem multi-payment Bank Mandiri, BNI, BNI Syariah, BRI, BTN, BPD DIY, CIMB NIAGA, dan Bank Syariah Mandiri (BSM).
  • Mencetak Bukti Pendaftaran Online, melalui akun pendaftaran masing-masing.
  • Mencetak Kartu Peserta Ujian yang memuat informasi lokasi dan jadwal ujian sesuai waktu yang ditentukan, melalui akun pendaftaran masing-masing.

Baca: 42 Politeknik Negeri Ikuti Jalur Masuk UMPN 2019

Informasi jadwal lengkap terkait UTBK 2019 saat ini masih belum dapat diketahui. Jika sudah ada informasi jadwal, Ayokuliah.id akan segera melakukan pengkinian data. Semangat ikut serta di UTBK 2019 terlebih dahulu ya!

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 1 reviews
by Muhammad syaifudin zuhri on Ayo Kuliah

Saya ingin kuliah. Maka dari itu saya ingin berminat daftar kuliah di itb

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait