1. Beranda
  2. Artikel
  3. Kampus Lifestyle
  4. 9 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kategori

9 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampusmu?

9 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampusmu?

Rating: 1 - out of 5stars
19 April 2016 0 Komentar
Penulis:

Pernah membayangkan bisa kuliah di kampus tertua dan ternama di tanah air? Atau justru kampus ini menjadi pilihan pertamamu saat menentukkan studi lanjutan? Apa alasannya?

Dapat melanjutkan studi di kampus tertua merupakan salah satu kebanggaan tersendiri. Bukan hanya kamu yang akan merasakannya ketika menjadi alumni kampus ini. Kamu yang masih bau bawang yang masuk ke kampus juga akan merasakan hal yang berbeda ketika menimba ilmu di sini.

Bukan masalah gedung yang semakin tua, bukan juga masalah dosen-dosen yang semakin berumur. Tetapi, di kampus tertua kamu bisa merasakan aura para pendahulu hebat yang pernah bersekolah di sini. Banyak pemimpin hebat merupakan alumni dari kampus yang sudah ratusan tahun di Indonesia.

Kali ini Ayokuliah.id telah merangkum 9 perguruan tinggi tertua di Indonesia. Besar kemungkinan kalian adalah alumni kampus ini atau calon mahasiswa tahun ajaran baru 2016. Berikut diantaranya:

  1. Universitas Indonesia

Kampus ini menjadi kampus tertua dan kampus pertama yang didirikan sejak jaman VOC 1851. Konon tujuan dari pendiriannya adalah untuk mencetak asisten dokter tambahan. Kini namanya semakin harum tak hanya di kancah nasional melainkan internasional. UI berhasil mencetak tokoh hebat, dan mampu berjuang di dalam negeri serta luar negeri.

  1. Universitas Airlangga

Universitas didirikan pada tanggal 1 Juli 1913, dan diresmikan sebagai lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia tahun 1954. Universitas Airlangga atau Unair merupakan kampus yang memiliki fakultas kedokteran gigi pertama di tanah air. Keren ya!

  1. Institut Teknologi Bandung

Pada tanggal 3 Juli 1920, ITB diresmikan oleh pemerintah Belanda. ITB merupakan perguruan tinggi dengan jurusan teknik terfavorit. Sebagai informasi, kampus ini kampusnya Ir. Soekarno lho! Mau jadi penerus beliau?

  1. Institut Pertanian Bogor

Kampus tertua keempat diraih oleh Institut Pertanian Bogor. Kampus ini merupakan salah satu kampus favorit yang memiliki fakultas pertanian, kehutanan, kedokteran hewan dan masih banyak lainnya. Kampus didirikan pada tahun 1940 namun secara resmi beroperasi sejak 1 September 1963.

  1. Universitas Islam Indonesia

Kalian asli Jogja? Tau dong lokasi UII di mana? Ternyata UII merupakan kampus pertama di Jogja. UII didirikan pada tanggal 8 Juli 1945, hingga sekarang kampus ini semakin berkembang dan berhasil mencetak lulusan yang berkompeten di bidangnya.

  1. Universitas Nasional

UNAS merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta dan tertua kedua di Jakarta. Kampus ini didirikan pada tanggal 15 Oktober 1949. Kampus ini juga menjadi penyedia fakultas ilmu sosial politik pertama di tanah air. Selain itu juga menjadi kampus sastra pertama.

  1. Universitas Gadjah Mada

Banyak orang berpikir jika UGM adalah perguruan tinggi pertama di Jogja, nyatanya UGM lahir setelah UII. Jika UII lahir di tahun 1945, UGM menyusul kelahirannya pada tanggal 19 Desember 1946. Kini, UGM telah menjadi salah satu sasaran mahasiswa dalam melanjutkan studi. Baik nasional maupun tingkat internasional.

  1. Universitas Kristen Indonesia

UKI didirikan pada tanggal 22 Mei 1950. Tak lama setelah pendirian universitas, UKI diresmikan pada tanggal 15 Oktober 1953 dengan dua fakultas utama yakni Fakultas Sastra dan Filsafat dan Fakultas Ekonomi. Hingga saat ini, UKI memiliki 7 fakultas yakni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Sastra (FS), Ekonomi (FE), Hukum (FH), Kedokteran (FK), Teknik (FT), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL). Selain ketujuh fakultas tersebut, UKI juga memiliki 3 akademi yang terdiri dari Akademi Fisioterapi, Akademi Keperawatan, dan Akademi Perbankan, serta Program Pascasarjana.

  1. Universitas Hasanuddin

Kampus ini didirikan pada tahun 1956. Kampus ini menjadi salah satu kampus terfavorit di wilayah Sulawesi Selatan. Kampus ini juga berhasil menyabet berbagai macam penghargaan dan meluluskan lulusan yang memiliki daya saing di dunia kerja.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait