1. Beranda
  2. Artikel
  3. Kampus Lifestyle
  4. Apa Hubungannya Teletubbies dan Mahasiswa Unpad Ini?

Kategori

Apa Hubungannya Teletubbies dan Mahasiswa Unpad Ini?

Apa Hubungannya Teletubbies dan Mahasiswa Unpad Ini?

Rating: 1 - out of 5stars
12 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Beberapa saat lalu, lima mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad) telah melakukan penelitian ilmiah terhadap tayangan televisi Teletubbies. Apa hubungannya mahasiswa dengan salah satu tayangan televisi favorit anak ini?

apa-hubungannya-teletubbies-dan-mahasiswa-unpad-iniTernyata, lima mahasiswa yakni Lidya Permata Sari (Sastra Inggris 2012), Annisa Hida Robbiani (Sastra Inggris 2012), Vera Citra Utami (Sastra Inggris 2012), Shifa Amali Firdaus (Sastra Inggris 2012), dan Rio Alfajri (Hubungan Internasional 2012) ingin mengungkap terkait isu homoseksualitas dalam tayangan ini. salah satu tokoh yang disinyalir mengandung unsur homoseksualitas yakni, Tinky Winky. Ingat salah satu sosoknya ini bukan?

Teletubbies ini pun beberapa saat lalu sempat beken di dunia Meme. Beragam kata-kata lucu disertai gambar menarik, membuat nama Teletubbies kembali melejit. Dan kemudian, munculah ide dari mahasiswa Unpad untuk membuktikan kebenaran akan isu terkait homoseksualitas yang terjadi pada Tinky Winky.

Bagaimana cara menelitinya?

Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode analis deskriptif-interpreatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tanda-tanda visual dalam tayangan Teletubbies, khususnya pada tokoh Tinky Winky. Kemudian, hasil dari analisis tersebut dikaitkan dengan nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia untuk menemukan apakah terdapat penyimpangan terhadap nilai-nilai penyiaran yang ada di Indonesia. Analisis terhadap tanda visual dilakukan melalui tabel semiotika Barthes (seorang pakar semiotika modern).

Dilansir dari laman Unpad, Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat tiga tanda visual yang menyiratkan isu homoseksualitas, yaitu antena segitiga terbalik, penggunaan tas merah, dan juga penggunaan rok balet oleh Tinky Winky. Selain itu, hasil analisis tersebut ternyata memiliki ketidaksesuaian dengan beberapa nilai yang terkandung dalam aturan-aturan penyiaran di Indonesia, yang terdiri dari Undang-Undang RI No. 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Peraturan Pedoman Penyiaran (P3) dari KPI, dan Standar Program Siaran (SPS).

UNPAD Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru S1 Multi Kampus dan D4, Berani Daftar?

Penelitian ini mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti dan berhasil menjadi perwakilan Unpad pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29 bidang PKM Penelitian Sosial Humaniora. Tim ini akan berkompetisi dengan sejumlah mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk memperebutkan medali pada ajang tersebut.

“Penelitian ini juga sudah terdaftar dalam 2nd International Conference on Advances in Education and Social Sciences,” ungkap Vera, salah satu peneliti.

UNPAD Bebaskan Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran

Hasil dari penelitian Sosial Humaniora ini telah dikemas dalam sebuah buku berjudul Panduan Menjaga Anak Menonton Televisi bagi Orang Tua atau disingkat menjadi Panto. Selain itu, tim ini juga telah membuat sebuah line pengaduan yang ditujukan bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keluhan mereka mengenai tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai di Indonesia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait