1. Beranda
  2. Artikel
  3. Kampus Lifestyle
  4. Mau Coba Mi Instan Sehat dari Tepung Mocaf Buatan Mahasiswa IPB?

Kategori

Mau Coba Mi Instan Sehat dari Tepung Mocaf Buatan Mahasiswa IPB?

Mau Coba Mi Instan Sehat dari Tepung Mocaf Buatan Mahasiswa IPB?

Rating: 1 - out of 5stars
05 April 2018 0 Komentar
Penulis:

Siapa tak kenal mi instan, makanan satu ini sudah seperti menu selingan paling utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak heran Indonesia dibanjiri berbagai merek mi instan, dari yang terkenal hingga ke mancanegara hingga yang biasa-biasa saja. Bahkan produk lokal pun ada.

Sayangnya, meskipun digemari, mi instan dikatakan tak baik bila dikonsumsi setiap hari secara rutin. Ada yang bilang karena pengawetnya, ada yang bilang karena mi instan memang tak baik untuk pencernaan bila dimakan terus-menerus setiap hari.


Baca juga: Cari Produk Resmi UI? Ke UI Store Saja!

Merasa risau dengan hal tersebut, sekelompok mahasiswa dari IPB jurusan Ilmu Teknologi Pangan (ITP) berinovasi dengan membuat mi instan berbahan dasar tepung mocaf. Adalah Fadhilah Nur Azizah dan Niswana Wafi Alfarda yang tergerak untuk menciptakan mi instan sehat dari tepung mocaf tersebut.

Tepung mocaf merupakan tepung yang berasal dari ubi kayu atau singkong yang dimodifikasi, lebih tepatnya difermentasi dengan menggunakan mikrobia. Mocaf merupakan singkatan dari Modified Cassava. Untuk membuat mi instan sehat, bahannya adalah tepung mocaf 100% tanpa campuran tepung lainnya, dan ditambahkan rempah-rempah dan sayuran.

Baca juga: Keren, Kafetaria UB Jamin Kehalalan Dan Tingkat Mutu Makanan Minumannya

Penggunaan tepung mocaf yang merupakan produk lokal diharapkan mampu menghasilkan produk mi instan yang berbahan baku tepung impor. Dua mahasiswi ini bahkan menambahkan Isolated Soya Protein untuk meningkatkan kandung protein dalam mi instan buatan mereka, tak lupa ditambahakan juga sayur-sayuran.

Dengan adanya mi instan sehat, diharapkan masyarakat memiliki alternatif konsumsi mi instan yang lebih aman dan sehat.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait