1. Beranda
  2. Artikel
  3. Kampus Lifestyle
  4. Sambut Kemerdekaan, Tim Mapala UI Akan Kibarkan Bendera Di Puncak Tebing Puruk Sandukui

Kategori

Sambut Kemerdekaan, Tim Mapala UI Akan Kibarkan Bendera Di Puncak Tebing Puruk Sandukui

Sambut Kemerdekaan, Tim Mapala UI Akan Kibarkan Bendera Di Puncak Tebing Puruk Sandukui

Rating: 0.0 - out of 5stars
15 Agustus 2017 0 Komentar
Penulis:

Banyak cara yang bisa dilakukan penerus bangsa untuk menyambut Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus mendatang. Salah satunya seperti yang dilakukan para tim Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI), yang mana akan mengibarkan bendera merah putih di gua dan tebing di Indonesia. Adapun gua dan tebing yang dipilih yakni di Tebing Puruk Sandukui, Kalimantan Tengah dan Gua Hatusaka di Maluku Tengah.

“Pada tanggal 17 Agustus 2017, tim pemanjat akan melaksanakan upacara kemerdekaan di teras tebing. Kemudian, tim direncanakan akan mencapai puncak tebing pada tanggal 20 Agustus 2017 dan mengibarkan bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di puncak tebing perawan ini,” kata salah satu anggota tim ekspedisi Tebing Puruk Sandukui, Gregorius Benhard Praga sebaagaimana dilansir dari KompasTravel.

Baca: Sambut HUT Ke-74, UII Sukses Gelar Fun Bike

Tebing Puruk Sandukui terletak di Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Tebing ini memiliki ketinggian sekitar 250 meter. Sebelumnya, Tebing Puruk Sandukui pernah dipanjat oleh organisasi Mapala Comodo Universitas Palangkaraya, yakni setinggi 100 meter bagian bawah dari tebing tujuan.

Sementara itu, pengibaran bendera Merah Putih di Gua Hatusaka yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Manusela akan dilakukan oleh empat anggota tim ekspedisi Manusela Speleology Expedition Mapala UI. Pengibaran bendera akan dilakukan di dasar Gua Hatusaka yang berkedalaman 388 meter terhitung dari mulut gua.

“Kedua ekspedisi ini diharapkan dapat membantu mengembangkan potensi wisata yang ada di masing-masing daerah tujuan. Tebing Puruk Sandukui di Kalimantan serta berbagai gua baru yang akan dipetakan oleh tim Manusela Speleology Expedition di Maluku ini, akan kami rekomendasikan untuk menjadi tempat wisata kegiatan alam bebas kepada pemerintah setempat,” ujar Yohanes Poda Sintong selaku Ketua Mapala UI.

Baca: Ini Lho Pahlawan Mahasiswa yang Sering Kamu Lupakan!

Tim Manusela Speleology Expedition berangkat ke Maluku Tengah pada 5 Agustus 2017. Dalam ekspedisi gua ini, tim juga melakukan penelitian berupa pencarian, pemetaan dan eksplorasi gua-gua baru di kawasan Taman Nasional Manusela berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) dan penginderaan jauh yang masih sangat jarang diterapkan oleh penelusur gua di Indonesia.

Sementara itu, tim ekspedisi Tebing Puruk Sandukui diikuti oleh delapan anggota Mapala UI. Tim bertolak dari Sekretariat Mapala UI, Depok, Jawa Barat pada tanggal 12 Agustus 2017.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
linecolor

    






Artikel Terkait