1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

Kategori

11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

Rating: 0.0 - out of 5stars
02 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Yogyakarta hingga saat ini masih menjadi lokasi favorit para pemburu ilmu. Yogyakarta pun tetap menjadi tempat bernaung perguruan tinggi terbaik di kancah nasional maupun dunia.

Banyak calon mahasiswa berbondong-bondong memilih Yogyakarta sebagai tempat melanjutkan studi. Seiring berjalannya waktu, perguruan tinggi di Yogyakarta terus berbenah demi memberikan fasilitas juga ilmu terbaik bagi mahasiswanya.

Lantas, dari sekian banyak perguruan tinggi di Yogyakarta, mana yang terbaik?

Untuk menjadi yang terbaik tentu saja diperlukan waktu yang panjang, dan perguruan tinggi yang sudah dikatakan terbaik perlu menjaga agar tetap menjaga posisinya. Berikut Ayokuliah rangkum perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta, tahun 2016 menurut Webometrics.

Namun sebelumnya, Ayokuliah akan menjelaskan apa itu Webometrics.

Webometrics merupakan salah satu cara pemeringkatan berdasarkan pada visibilitas dan aktifitas website suatu kampus. Lebih dari 20 ribu web perguruan tinggi di dunia dirangking dengan metode khas webometrics yang berpusat di Spanyol. Sudah jelas? Yuk simak 10 perguruan tinggi terbaik di Yogyakarta tahun ini!

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Masih seperti hasil tahun lalu, dimana UGM menduduki peringkat pertama di Yogyakarta, bahkan di Indonesia. Sedangkan di mata dunia, posisi UGM berada di rangking 761.

11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016

UGM mampu menjaga nama baiknya untuk tetap berada di posisi teratas, dan diharapkan posisi ini tak kunjung termakan waktu. Kamu salah satu mahasiswa perguruan tinggi ini? Selamat ya, kampus kamu masih menjadi nomor satu.

UGM juga dikenal akan alumni yang memiliki daya saing di dunia kerja, jadi tak khayal jika banyak lulusan UGM menjadi orang penting di suatu pekerjaan. Benar?

Hingga saat ini, Universitas Gadjah Mada memiliki 18 Fakultas, satu sekolah Pascasarjana (S-2 dan S-3), dan satu Sekolah Vokasi. Universitas Gadjah Mada termasuk universitas tertua di Indonesia, berlokasi di Kampus Bulaksumur Yogyakarta.

  1. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD)
    11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016

Tahun lalu, UAD menduduki posisi ke empat, sedangkan tahun ini UAD menduduki posisi kedua di Yogyakarta serta rangking 19 di Indonesia. Peningkatan yang terbilang pesat, hingga perguruan tinggi ini mampu mengalahkan UNY dan UII.

Salah satu peningkatan yang dapat terlihat dengan dibukanya kelas internasional sebagai pendamping kelas regular. Ada beberapa program kelas internasional di UAD, diantaranya program Joint Degree (2+2), program transfer kredit (3+1) dan juga program transfer kredit (1 semester). UAD bekerjasama dengan universitas mitra, mahasiswa UAD bisa melakukan studi ke luar negeri. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa dari universitas mitra bisa melakukan studi ke UAD.

  1. Universitas Islam Indonesia (UII)

11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016Menduduki posisi ketiga seperti tahun sebelumnya. UII menjadi kampus swasta favorit di Yogyakarta. Selain itu, di rangking nasional, UII menduduki posisi ke 22. UII pun terus berbenah dengan memberikan pelayanan juga fasilitas terbaik bagi mahasiswa. UII pun terbilang memiliki fasilitas lengkap, seperti rumah sakit, masjid, perpustakaan, dan lain-lain. Sebagai informasi, UII merupakan salah satu kampus tertua di Yogyakarta lho!

UII memiliki delapan fakultas dengan berbagai lima program diploma tiga, 22 program sarjana, tiga program profesi, delapan program master, dan tiga program doktor serta lembaga-lembaga pendukung.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 3 View All

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

linecolor

    






Artikel Terkait