1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

Kategori

11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

Rating: 1 - out of 5stars
02 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016Naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Sebelumnya, UMY berada di rangking 5 se-Yogyakarta, sedangkan kini berada di posisi ke empat. UMY pun menempati posisi ke-26 di Indonesia.

Seperti yang dituliskan oleh UMY bahwa, “UMY sebagai universitas yang Unggul dan Islami merupakan pilihan bijaksana untuk memulai pembangunan karakter diri di perguruan tinggi, karena sistem perkuliahan maupun kehidupan bersosialisasi di kampus telah dirancang seimbang guna menghasilkan lulusan yang unggul dalam pengembangan teknologi namun tetap berlandaskan nilai-nilai keislaman”.

Pernyataan tersebut memberikan dampak positif bagi UMY juga para mahasiswa. Hal tersebut terbukti dengan beberapa pencapaian UMY beberapa tahun belakangan:

  • Terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional – Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam SK BAN PT No 061/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.
  • Penghargaan QS Star 2015 (bintang 5 untuk Fasilitas, bintang 5 untuk Tanggung Jawab Sosial, bintang 5 untuk Insklusivitas, bintang 4 untuk Pengajaran, bintang 3 untuk Daya Serap).
  • PTS terbaik Webometric 2011 – 2015 DIY & Jateng
  • Penghargaan “Green Campus” 2012 – 2016 Indonesia Green Awards berturut – turut
  1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016UNY tahun ini mengalami penurunan tiga tingkat, sebelumnya di rangking 2 kini berada di posisi kelima. UNY juga menduduki rangking ke-27 di Indonesia, berada tepat di bawah UMY. Namun kalian tak perlu khawatir, karena UNY masih menjadi kampus favorit bagi kalian yang menginginkan pendidikan keguruan. Adapula non keguruan kok!

UNY sendiri memiliki visi untuk menjadi universitas kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan pada tahun 2025.

Hingga kini UNY masih berusaha ekstra keras untuk mewujudkan cita-cita bersama. Jadi buat kalian mahasiswa UNY, sama-sama bekerja sama untuk mencapai cita-cita tersebut ya!

  1. Informatics and Computer College STMIK AMIKOM

Kampus ini dinilai menjadi kampus yang memiliki perkembangan cukup pesat, jika dibandingkan kampus swasta lain. STIMIK AMIKOM bertengger di rangking 6 terfavorit di Yogyakarta, sedangkan duduk di rangking 47 kelas nasional.11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016Kampus terus berbenah untuk menjadi kampus bertaraf dunia. STMIK AMIKOM semakin dilirik calon mahasiswa seiring dengan penghargaan yang diterima AMIKOM.  Selain itu, AMIKOM pun memiliki peluang kerja yang cukup besar dan memiliki kualitas lulusan berdaya saing di dunia kerja.

Saat ini, STMIK AMIKOM memiliki 4 program studi, diantaranya:

  • Teknik Informatika untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  • Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  • Manajemen Informatika untuk jenjang Program Diploma – III (D-3)
  • Teknik Informatika untuk jenjang Program Diploma-III (D-3)
  1. Universitas Sanata Dharma 

11-perguruan-tinggi-terbaik-di-yogyakarta-tahun-2016Universitas ini menduduki rangking 49 secara nasional, sedangkan di Yogyakarta, Sanata Dharma menempati posisi ke 7. Universitas Sanata Dharma memiliki 8 fakultas, yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Psikologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Sastra, Fakultas Teologi, Program Pasca Sarjana.

Dalam menjalankan proses belajar mengajar, Universitas Sanata Dharma menggunaka visi:

“Menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat.”

Sedangkan misinya:

  • Mengembangkan sistem pendidikan holistik yang merupakan perpaduan keunggulan akademik dan nilai-nilai kemanusiaan melalui pendekatan yang berciri cura personalis, dialogis, pluralistik, dan transformatif.
  • Menciptakan masyarakat akademik Universitas yang mampu menghargai kebebasan akademik serta otonomi keilmuan, mampu bekerjasama lintas ilmu, dan mampu mengedepankan kedalaman dari pada keluasan wawasan keilmuan dalam usaha menggali kebenaran lewat kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  • Menghadirkan pencerahan yang mencerdaskan bagi masyarakat melalui publikasi hasil kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, pengembangan kerjasama dengan berbagai mitra yang memiliki visi serta kepedulian sama, dan pemberdayaan para alumni dalam pengembangan keterlibatan nyata di tengah masyarakat.

Baca halaman selanjutnya. 1 2 3 View All

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait