1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 11 Universitas Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

Kategori

11 Universitas Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

11 Universitas Terbaik di Jakarta, Mana Pilihanmu?

Rating: 1 - out of 5stars
08 Februari 2017 0 Komentar
Penulis:

Jakarta merupakan salah satu lokasi favorit yang sering dituju calon mahasiswa baru. Tak khayal jika di Jakarta sendiri memiliki banyak universitas bergengsi baik berstatus negeri maupun swasta. Dari sekian banyak universitas yang berdiri, mana universitas terbaik di Jakarta pilihanmu?

Simak infografis berikut ini:


11-universitas-terbaik-di-jakarta-mana-pilihanmu

Untuk memudahkan kamu memilih, Ayokuliah.id telah menampilkan infografis 11 universitas terbaik di Jakarta versi Webometrics University Rangking tahun 2015/2016. Siapa saja?

  1. Universitas Indonesia (UI)

Siapa tak kenal dengan nama universitas satu ini. Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus favorit yang berlokasi di Jakarta dan Depok. Kampus utamanya terletak di bagian utara Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba, Jakarta Pusat.

Kampus UI Salemba memiliki beberapa fakultas yakni Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa Program Pascasarjana Multidisplin, program Ekstensi dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, serta laboratorium Fakultas Teknik. Namun sejak tahun 2013, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi program S1/sarjana telah dipindahkan ke kampus utama UI Depok.

Untuk kampus UI Depok, terdapat fakultas seperti Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi.

Berkat kinerja dari seluruh civitas akademika UI, kampus ini berhasil menyandang gelar sebagai universitas terbaik di Jakarta. Sedangkan di Indonesia, UI menempati rangking ke 3, dan menempati urutan ke 909 dunia.

  1. Gunadarma University

Universitas Gunadarma (Gunadarma University) menjalankan aktivitas akademiknya di beberapa kampus yang tersebar di Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Total ada 14 kampus yang dioperasikan untuk kegiatan perkuliahan.

Meski berstatus sebagai universitas swasta namun tak lantas membuat UG tertinggal oleh universitas negeri lain. UG terus berbenah dari sisi akademik maupun sarana prasana yang ada. Hingga kampus ini mampu meraih peringkat kedua universitas terbaik di Jakarta setelah UI. Sedangkan untuk peringkat nasional, UG meraih peringkat ke 16 universitas terbaik di Indonesia dan rangking ke-2416 di dunia. Siapa mau masuk ke kampus ini? Yuk persiapkan dirimu semaksimal mungkin karena persaingan masuk ke kampus ini cukup ketat ya!.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Jawa Tengah Tahun 2017

  1. Universitas Terbuka – UT Jakarta

Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi negeri yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984. UT sendiri merupakan kampus yang menyelenggarakan program pembelajaran dengan sistim terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Berbekal pengalaman dan pembelajaran terbaik yang setiap hari dilaksanakan, UT berhasil menduduki peringkat ketiga universitas terbaik di Jakarta. Kemudian menempati rangking ke 21 di Indonesia dan ke-2841 di dunia.

  1. Universitas Mercu Buana

Kampus yang cukup ternama lainnya yakni Universitas Mercu Buana. UMB didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985 dan memiliki beberapa kampus yakni kampus utama (Kampus A) yang terletak di daerah Meruya, Jakarta Barat. Kampus B, terletak di Menteng, Jakarta Pusat, Kampus C di Depok, Jawa Barat, serta Kampus D di Bekasi, Jawa Barat.

UMB berhasil menduduki peringkat keempat universitas terbaik di Jakarta dan menjadi universitas terbaik ke-28 di Indonesia. Nah, jika dilihat versi dunia, UMB menduduki peringkat ke-3010.

  1. BINUS University

Siapa yang tak kenal dengan kampus satu ini? Banyak prestasi nasional dan internasional berhasil digapai para civitas akademinya, sehingga mampu menjadikan nama BINUS semakin harum. Sebagai informasi, BINUS University memiliki lima kampus di Jakarta untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar. Kampus tersebut tak pernah sepi dari hilir mudik para mahasiswa yang ingin menimba ilmu di BINUS. Hal tersebut membuktikan bahwa BINUS mampu menjadi universitas favorit yang digandrungi mahasiswa.

Melalui berbagai prestasi yang didapat oleh BINUS University maka penghargaan sebagai universitas terbaik di Jakarta juga jatuh kepada kampus ini. BINUS duduk di peringkat kelima universitas terbaik di Jakarta, lalu peringkat ke-33 universitas terbaik di Indonesia dan ke-3338 dunia.

  1. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Unika Atma Jaya merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Unika Atma Jaya memiliki kampus utama yang terletak di daerah Semanggi, Jakarta Selatan dan kampus lainnya terletak di daerah Pluit, Jakarta Utara.

Cukup lama berdiri di tanah air, Unika Atma Jaya berhasil menorehkan beragam prestasi internasional maupun nasional. Bahkan kampus ini juga berhasil meraih peringkat sebagai universitas terbaik keenam di Jakarta. Selain itu, poisinya berada di peringkat ke-35 universitas terbaik di Indonesia dan ke-3401 dunia. Tertarik daftar sebagai calon mahasiswa di Unika Atma Jaya?

  1. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan pada tahun 1993 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kemala. Berkat kerja keras yang dilakukan universitas selama ini, mengantarkan Universitas Esa Unggul menduduki peringkat ketujuh universitas terbaik di Jakarta. Jika dilihat dari sisi universitas terbaik di Indonesia, posisi Universitas Eka Unggul berada di peringkat ke-40 dan peringkat ke-3726 di dunia.

  1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti merupakan universitas swasta terbesar yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Universitas ini bertengger di peringkat kedelapan sebagai universitas terbaik di Jakarta. Kemudian posisinya di Indonesia yakni ke-42 dan ke-3871 dunia.

  1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sejarah panjang yang dijalani oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, nyatanya mampu mengantarkan kampus ini menjadi universitas terbaik di Jakarta kesembilan. Adapun posisinya di Indonesia yakni berada di peringkat ke-45 dan ke-4072 dunia.

Baca juga: 11 Perguruan Tinggi Terbaik di Yogyakarta Tahun 2016

  1. Universitas Bakrie

Universitas Bakrie menduduki peringkat kesepuluh universitas terbaik di Jakarta. Selain itu, di Indonesia menempati peringkat ke-48 dan ke-4167 dunia.

Saat ini Universitas Bakrie berada di Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR Rasuna Said Kav C–22, Kuningan, Jakarta Selatan. Kampus ini memiliki 10 Program Studi dan 1 Program Magister. Program studi yang diselenggarakan Universitas Bakrie telah terakreditasi BAN-PT.

  1. STMIK Komputer Teknik Informatika Jakarta

STMIK Komputer Teknik Informatika Jakarta memiliki berbagai macam program studi yang telah terakreditas BAN-PT. Banyak calon mahasiswa memilih menempuh jalur studi di sini, karena fasilitas memadai, juga kualitas dosen dan lulusan yang baik. Kampus ini pun berhasil meraih peringkat kesebelas terbaik di Jakarta, ke-60 di Indonesia dank e-5061 di dunia.

Nah, universitas di atas merupakan sebagian universitas terbaik di Jakarta. Masih ada beberapa kampus lain yang bisa kalian lihat di laman https://ayokuliah.id/universitas/.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Average rating:  
 0 reviews
Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait