1. Beranda
  2. Artikel
  3. Tips Kuliah
  4. 12 Besar Repositori Kampus Terbaik di Indonesia

Kategori

12 Besar Repositori Kampus Terbaik di Indonesia

12 Besar Repositori Kampus Terbaik di Indonesia

Rating: 1 - out of 5stars
31 Agustus 2016 0 Komentar
Penulis:

Baru-baru ini Webometrics kembali melansir peringkat repositori kampus terbaik di dunia, Asia termasuk Indonesia. Terdapat 12 kampus terbaik asal Indonesia dari 500 repositori kampus di dunia. Webometrics ini dilansir di laman repositories per Juli 2016.

Pada pemeringkatan tahun 2016, Universitas Diponegoro kembali bertengger di peringkat pertama di tanah air. Jika dilihat, repositori Undip berada di peringkat keempat se-Asia, sedangkan di dunia berada di posisi ke 102.


Sebelumnya, pada bulan Juli tahun 2015 repositori Undip juga menjadi yang terbaik di tanah air, dan menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara. Sementara itu, di dunia Undip berada di peringkat ke 79.

12 Kampus Terbaik Se-Indonesia Versi Dikti, Ada Kampusmu?

 

Disusul oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) Scientific Repository duduk di peringkat kedua. Sedangkan di Asia, repositori ini menduduki peringkat keenam, dan 132 di dunia. Tahun lalu, IPB berada di posisi ke 108 dunia.

Setelah itu, Gunadarma University Repository meraih peringkat ketiga di Indonesia. Lalu, menduduki peringkat ke 19 Asia dan 235 dunia.

Tak mau kalah dengan Gunadarma, Universitas Muhammadiyah Surakarta Digital Library berada tepat di bawahnya, yakni berada di peringkat keempat di Indonesia, 20 Asia dan peringkat 265 di dunia.

Posisi kelima diraih oleh Yogyakarta State University Repository (UNY), dengan perolehan peringkat ke 32 Asia dan 322 dunia.

Adapun posisi keenam diduduki oleh University of Muhammadiyah Malang Institutional Repository. Repositori milik UMM berhasil meraih peringkat ke 36 Asia dan 332 dunia.

Repositori Universitas Pendidikan Indonesia memperoleh peringkat ketujuh di tanah air, 42 Asia dan 375 di dunia.

Kedelapan diisi oleh repositori Universitas Gadjah Mada, dengan peringkat ke 50 Asia, dan 434 dunia.

Lanjut, peringkat kesembilan di tanah air diduduki oleh Digital Library Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 54 Asia dan 448 dunia.

Posisi kesepuluh diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Institutional Repository. Kemudian peringkat ke 55 se Asia dan 452 di dunia.

Repositori milik Universitas Hasanuddin berhasil meraih peringkat kesebelas, dengan perolehan peingkat 56 Asia dan 460 dunia.

Terakhir, repositori milik Universitas Andalas duduk di peringkat kedua belas, 57 Asia dan 461 dunia.

Ini Dia 11 Universitas Terbaik Indonesia se-Asia Tahun 2016!

 

12 besar kampus terbaik di tanah air, ada kampusmu? Jika belum semoga tahun-tahun berikutnya akan lebih banyak kampus Indonesia yang masuk di jajaran dunia.

Submit your review
1
2
3
4
5
Submit
     
Cancel

Create your own review

Loading...
linecolor

    






Artikel Terkait